18 Tempat Wisata Dekat Malioboro Jogja Paling Hits

admin

Tempat Wisata Dekat Malioboro

Tempat wisata dekat Malioboro Jogja menjadi daya tarik utama Yogyakarta sebagai jantungnya kota yang selalu diidamkan untuk dikunjungi. Malioboro selalu dipadati oleh para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Malioboro selalu menjadi simbol Yogyakarta yang terpatri dalam benak kita ketika mendengar namanya. Sebagai ikon pariwisata, Malioboro memang menarik perhatian para wisatawan. Namun, sebenarnya masih ada banyak tempat wisata di Jogja dekat dengan Malioboro yang tidak kalah menarik dan wajib dikunjungi.

Bagi kamu yang pertama kali berkunjung ke Jogja, artikel ini akan sangat bermanfaat untuk memperoleh informasi dan memaksimalkan waktu liburan kamu. Tempat wisata dekat Malioboro meliputi berbagai sektor, mulai dari kuliner, fashion, hingga sejarah.

Tempat Wisata Dekat Malioboro Paling Hits

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Yogyakarta dalam waktu dekat, pasti kamu membutuhkan informasi mengenai tempat-tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Jogja, atau Yogyakarta, tidak hanya terkenal dengan Malioboro sebagai ikon pariwisatanya.

Di sekitar Malioboro, terdapat berbagai tempat wisata lain yang tak kalah menarik, termasuk tempat-tempat wisata baru yang pasti menyenangkan. Kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengetahui daftar tempat wisata dekat Malioboro Jogja paling hits. Semoga beberapa di antaranya dapat menjadi referensi baru bagi kamu.

Malioboro

Jalan Malioboro Jogja

Malioboro merupakan objek wisata di Jogja yang tak kalah terkenalnya dengan objek wisata lainnya. Tidak heran jika Malioboro sering dijadikan sebagai lokasi syuting film maupun FTV. Suasana di sana begitu kental dengan nuansa Jogja.

Pengunjung dapat berjalan kaki menyusuri jalan Malioboro yang ramai dengan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan berbagai jajanan yang lezat. Objek wisata populer di Jogja seperti Malioboro dapat diakses dengan berjalan kaki hanya dalam beberapa menit dari stasiun. Sekarang area tersebut telah diperindah dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang menarik.

Nikmati pengalaman wisata di tempat populer Jogja, Malioboro, tanpa biaya masuk. Saat ini suasana di sana menjadi lebih tenang karena sejak awal tahun 2022 pedagang telah dipindahkan ke lokasi khusus di dekat Malioboro, bukan lagi di jalan Malioboro. Tertarik untuk mengunjungi?

Titik Nol KM Yogyakarta

Titik Nol Kilometer Jogja

Tempat wisata dekat Malioboro yang populer adalah Titik Nol Kilometer Jogja yang terletak di ujung Jalan Malioboro. Di sekitarnya terdapat bangunan kuno bergaya Eropa yang masih aktif beroperasi seperti Gedung BNI Pusat dan Kantor Pos Indonesia.

Selain berfoto-foto di sini, pengunjung juga dapat menikmati kuliner jalanan di sekitar Titik Nol KM. Banyak penjual jajanan yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman. Selain itu, ada juga tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang populer lainnya, yakni perempatan jalan di dekat Titik Nol KM.

Di sini, pengunjung dapat menyaksikan aksi damai, pertunjukan seni, dan bahkan memajang karya seni. Tempat wisata dekat Malioboro Jogja yang satu ini dapat dikunjungi secara gratis baik siang maupun malam hari, dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Ingin mengajak si kecil berlibur di sekitar Malioboro? Taman Pintar Yogyakarta bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Alasannya yang pertama adalah lokasinya yang sangat dekat dengan Malioboro, cukup dengan berjalan kaki saja.

Selain itu, Taman Pintar Yogyakarta merupakan wahana edukasi yang lengkap dan dinamis. Di sini, Anda dan si kecil dapat menemukan berbagai macam permainan, wahana simulasi, dan instrumen pendidikan anak lainnya.

Bagi para pencinta buku, terdapat koleksi buku yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Referensi buku di sini juga sangat lengkap, mulai dari buku akademik, motivasi, resep, anak-anak, dan lain sebagainya.

Pastikan untuk menjelajahi seluruh area Taman Pintar Yogyakarta karena terdapat banyak sekali kategori wahana permainan edukatif yang tersebar di beberapa gedung seperti Gedung Planetarium, Gedung Kotak, Gedung Oval, Theater 3D, Gedung Paud, dan juga Kampung Kerajinan.

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg adalah tempat wisata populer di Jogja yang terletak dekat Malioboro dan bersebelahan dengan Pasar Beringharjo. Dahulu bangunan ini merupakan penjara bagi para pejuang kemerdekaan dan di sekitarnya terdapat parit sebagai bentuk pertahanan.

Bentuk bangunan benteng ini persegi dengan sebuah menara pantau (bastion) di setiap sudutnya. Selain arsitektur yang autentik, museum di dalamnya juga menarik untuk dikunjungi.

Di dalam Museum Benteng Vredeburg, terdapat rangkaian diorama yang menggambarkan peristiwa sejarah Indonesia. Bagi pecinta sejarah, museum ini menawarkan pengalaman yang menarik karena semua peristiwa perjuangan para pahlawan tergambar dengan jelas di sini.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata dekat Malioboro Jogja yang indah, maka pilihan yang paling tepat adalah Keraton Yogyakarta. Alasannya, selain sejarahnya yang panjang yaitu lebih dari 250 tahun, juga warisannya masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

Keraton Yogyakarta masih menjadi tempat tinggal bagi keluarga kerajaan, namun sebagian dari lokasi tersebut dapat Anda kunjungi sebagai objek wisata. Meskipun Anda bukan berasal dari keluarga kerajaan, tetapi keberadaan di sini akan membuat Anda merasakan aura bangsawan.

Kraton Yogyakarta dibangun pada tahun yang sama dengan Tugu Pal Putih (1755) dan hingga saat ini masih berdiri kokoh dan megah.

Bagikan: