Trip Keliling Jogja 1 Hari Pertama Kali Ala Pariwisataid

admin

Trip Keliling Jogja

Kota Jogja menjadi salah satu kota yang sangat mempesona keindahan wisatanya. Nah apalagi kalau Anda ingin berwisata ke jogja untuk pertama kalinya. Kali ini pariwisataid akan berbagi tips bagi para wisatawan yang ingin trip keliling jogja dalam 1 hari untuk pertama kalinya.

Lihat juga tempat wisata gunung kidul

Sudah tahu belum apa saja tempat wisata di jogja yang akan menjadi tujuan anda, apa saja aktivitas yang dilakukan setiap berkunjung ke tempat wisata, nah berikut ini panduan lengkap untuk trip keliling jogja dalam 1 hari.

Tips Trip Keliling Jogja 1 Hari Dari Jam 07.00-22.00 WIB

Bagi Anda yang ingin memaksimalkan waktu berlibur kota Jogja adalah pilihan tepat. Dengan beragam destinasi wisata yang berdekatan, Anda dapat menjelajahi berbagai tempat dalam satu hari.

Trip Keliling Jogja ke Candi Prambanan 07.00 – 11.00 WIB:

Candi Prambanan
Trip Keliling Jogja 1 Hari Pertama Kali Ala Pariwisataid

Trip keliling jogja singkat ini akan mengajak Anda untuk merasakan perpaduan sejarah, budaya, dan keindahan alam Yogyakarta. Persiapkan dirimu untuk berpetualang dan ciptakan kenangan tak terlupakan di kota istimewa ini!

  • Awali hari dengan sarapan lezat di salah satu warung makan khas Jogja. Rekomendasi kami adalah nasi kucing atau gudeg yang terkenal dengan kelezatannya.
  • Perjalanan menuju Candi Prambanan memakan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, menyewa mobil, atau mengikuti tur wisata.
  • Setibanya di Candi Prambanan, nikmati kemegahan candi Hindu terbesar di Indonesia ini. Jelajahi kompleks candi, pelajari sejarahnya yang kaya, dan kagumi arsitektur yang menakjubkan.
  • Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah di Candi Prambanan dengan berfoto di berbagai sudutnya.

Jalan Jalan Mengelilingi Malioboro dan Mencicipi Kuliner Khas Jogja Pukul 11.00 – 13.00 WIB

Tempat Wisata Dekat Malioboro
Trip Keliling Jogja 1 Hari Pertama Kali Ala Pariwisataid

Setelah puas menjelajahi Candi Prambanan, kini saatnya Anda beralih ke jantung kota Yogyakarta, yaitu Malioboro. Jalan legendaris ini merupakan surga bagi para pecinta wisata belanja dan kuliner. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam souvenir, pakaian, dan tentunya makanan khas Jogja yang menggoda selera.

  • Berburu Souvenir: Malioboro menawarkan berbagai macam souvenir khas Jogja, seperti batik, kaos, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Jangan lupa lakukan tawar menawar agak dapat harga terbaik.
  • Mencicipi Kuliner: Di sepanjang Jalan Malioboro, Anda akan menemukan berbagai macam warung makan yang menyajikan kuliner khas Jogja. Beberapa yang wajib Anda coba adalah gudeg, nasi kucing, sate klathak, dan bakpia pathok.
  • Menikmati Suasana: Malioboro tidak hanya tentang berbelanja dan kuliner, tetapi juga tentang menikmati suasananya yang khas. Duduklah di bangku-bangku yang disediakan, nikmati jajanan kaki lima, dan amati hiruk pikuk para pengunjung.

Menjelajahi Keindahan Arsitektur Taman Sari Pukul 13.15 – 14.15 WIB

Umbul Binangun Taman Sari
Trip Keliling Jogja 1 Hari Pertama Kali Ala Pariwisataid

Setelah mengisi perut dengan kuliner khas Jogja, kini saatnya Anda kembali Trip Keliling Jogja menapaki jejak sejarah dengan mengunjungi Taman Sari. Kompleks taman air ini merupakan peninggalan Kesultanan Yogyakarta yang penuh pesona dan menyimpan banyak cerita menarik.

  • Sewa Pemandu Wisata: Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang Taman Sari, Anda dapat menyewa pemandu wisata.
  • Gunakan Pakaian yang Nyaman: Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang sesuai karena Anda akan banyak berjalan kaki di area taman.
  • Bawa Kamera: Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Taman Sari.

Mengelilingi Budaya Jawa di Keraton Yogyakarta Pukul 14.30 – 15.30 WIB

Keraton Yogyakarta
Trip Keliling Jogja 1 Hari Pertama Kali Ala Pariwisataid

Setelah puas menjelajahi Taman Sari, kini saatnya Anda melangkahkan kaki ke Keraton Yogyakarta. Kompleks istana ini merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Yogyakarta dan menjadi simbol budaya Jawa yang kaya dan penuh tradisi.

  • Berpakaian Sopan: Gunakan pakaian yang sopan dan rapi saat mengunjungi Keraton Yogyakarta. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu terbuka atau mencolok.
  • Patuhi Aturan: Patuhi aturan yang berlaku di area Keraton Yogyakarta, seperti tidak boleh berbicara keras, tidak boleh berlari, dan tidak boleh mengambil foto di sembarang tempat.
  • Sewa Pemandu Wisata: Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang Keraton Yogyakarta, Anda dapat menyewa pemandu wisata.

Wisata Religi di Masjid Gedhe Kauman Pukul 15.45 – 16.15 WIB

Masjid Gedhe Kauman
Trip Keliling Jogja 1 Hari Pertama Kali Ala Pariwisataid

Setelah puas berkeliling Keraton Yogyakarta, kini saatnya Anda mengunjungi Masjid Gedhe Kauman. Masjid bersejarah ini merupakan masjid raya Kesultanan Yogyakarta dan menjadi salah satu ikon wisata religi di kota istimewa ini.

  • Berpakaian Sopan: Gunakan pakaian yang sopan dan rapi saat mengunjungi Masjid Gedhe Kauman. Wanita diharuskan mengenakan jilbab.
  • Patuhi Aturan: Patuhi aturan yang berlaku di area Masjid Gedhe Kauman, seperti tidak boleh berbicara keras, tidak boleh berlari, dan tidak boleh mengambil foto di sembarang tempat.
  • Matikan Ponsel: Matikan ponselmu saat memasuki masjid.

Berburu Souvenir Khas Yogyakarta di Pasar Beringharjo Pukul 16.30 – 18.00 WIB

Sejarah Pasar Beringharjo
Trip Keliling Jogja 1 Hari Pertama Kali Ala Pariwisataid

Setelah puas berwisata religi di Masjid Gedhe Kauman, kini saatnya Anda memanjakan diri dengan berbelanja souvenir di Pasar Beringharjo. Pasar tradisional terbesar di Yogyakarta ini merupakan tempat yang tepat untuk menemukan berbagai macam souvenir khas Yogyakarta dengan harga yang terjangkau.

  • Tawar Menawar: Jangan lupa untuk menawar harga saat berbelanja di Pasar Beringharjo. Hal ini merupakan kebiasaan yang umum dilakukan di pasar tradisional Indonesia.
  • Siapkan Uang Tunai: Sebagian besar pedagang di Pasar Beringharjo hanya menerima pembayaran tunai.
  • Gunakan Pakaian yang Nyaman: Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang sesuai karena Anda akan banyak berjalan kaki di pasar.

Menikmati Suasana Malam Jogja di Alun-Alun Kidul Pukul 18.15 – 20.00 WIB

Naik Kereta Hias Alun-Alun Kidul Yogyakarta
Trip Keliling Jogja 1 Hari Pertama Kali Ala Pariwisataid

Setelah seharian menjelajahi berbagai tempat wisata menarik di Yogyakarta, kini saatnya Anda bersantai dan menikmati suasana malam di Alun-Alun Kidul. Alun-alun ini merupakan salah satu ikon wisata Yogyakarta yang menawarkan suasana tenang dan penuh pesona.

  • Sewa Kuda: Anda dapat menyewa kuda untuk berkeliling di Alun-Alun Kidul. Ini merupakan salah satu aktivitas yang paling populer di kalangan wisatawan.
  • Bermain Benang Layang: Benang layang merupakan salah satu permainan tradisional yang masih populer di Yogyakarta. Anda dapat membeli benang layang di sekitar Alun-Alun Kidul dan bermain bersama teman atau keluarga.
  • Menikmati Kuliner: Di sekitar Alun-Alun Kidul, Anda dapat menemukan berbagai macam jajanan kaki lima yang lezat. Anda dapat mencoba berbagai macam makanan khas Yogyakarta, seperti gudeg, nasi kucing, dan sate klathak.
  • Menyaksikan Pertunjukan Seni: Di Alun-Alun Kidul, Anda dapat menyaksikan berbagai macam pertunjukan seni tradisional Jawa, seperti wayang kulit dan ketoprak.

Bagiaman serukan Trip Keliling Jogja 1 hari ala pariwisataid. Mungkin anda ingin mengelilingi tempat wisata dekat malioboro yang lebih indah dan lebih seru. Anda bisa menghubungi pariwisataid untuk informasi lebih detailnya.

Bagikan:

Tags