Alun-Alun Kidul Yogyakarta, Pesona Jogja Malam Hari

admin

Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Alun-Alun Kidul Yogyakarta adalah destinasi populer yang menawarkan Pesona Jogja di malam hari. Nikmati suasana kota yang indah dengan pemandangan yang memukau. Jangan lewatkan pengalaman menakjubkan ini di Yogyakarta.

Alun-alun Kidul Yogyakarta Harga Tiket Masuk : Gratis. Jam Buka : 24 Jam. Nomor Telepon : -.
Alamat / Lokasi : Jl. Alun-Alun Kidul, Patehan, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55133.

Alun-alun Kidul Yogyakarta menawarkan pesona Jogja di malam hari, dan menjadi destinasi yang semakin diminati oleh wisatawan dari berbagai kalangan. Dahulu dipercaya sebagai tempat untuk menenangkan hati dan beristirahatnya para dewa, kini tempat ini menjadi tujuan wisata yang menarik.

Baca: Titik Nol Kilometer Jogja: Sejarah, Daya Tarik & Lokasi

Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai hiburan seperti wisata kuliner Jogja, menyewa kereta hias, dan berburu foto. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Alkid saat berada di Jogja.

Sekilas Tentang Alun Alun Kidul

Sekilas Tentang Alun Alun Kidul

Alun-alun Kidul, atau yang populer disingkat sebagai Alkid, merupakan bagian dari kompleks Alun-alun Jogja yang terdiri dari Alun-alun Utara dan Alun-alun Kidul, dan terletak di sisi selatan Keraton. Meski pada pandangan awal, Alkid nampak tidak berbeda jauh dengan Alun-alun Utara, namun ukurannya lebih kecil dan dikelilingi oleh pagar keraton yang kokoh.

Dua pohon beringin yang tumbuh berdampingan menjadi ikon dan daya tarik utama Alkid bagi para wisatawan yang berkunjung. Pada masa lampau, Alkid digunakan sebagai tempat latihan bagi para prajurit Keraton, namun seiring berjalannya waktu, tempat ini berubah menjadi ruang publik yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum.

Ketika sore menjelang dan malam mulai tiba, area sekitar Alkid mulai dipadati oleh pedagang makanan dan jajanan dengan berbagai macam menu andalannya. Anda dapat bersantai dan menikmati keindahan kota Yogyakarta sembari menikmati hidangan lezat yang tersedia untuk mengisi perut.

Tak hanya itu, berbagai macam permainan menarik juga dapat Anda coba, mulai dari permainan tradisional hingga mainan modern, semuanya tersedia di Alkid. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama ketika malam hari tiba.

Alun-Alun Kidul Yogyakarta Tiket Masuk Gratis Buka 24 JAM

Untuk mencapai Alun-alun kidul Yogyakarta, cukup menyusuri jalan Wijilan ke arah selatan sejauh nol kilometer. Alun-alun ini awalnya difungsikan sebagai arena uji ketangkasan prajurit keraton, namun sekarang telah beralih fungsi menjadi ruang publik bagi masyarakat umum.

Tiket masuk dan jam operasional di sini tidak memiliki patokan yang pasti. Siapa saja dapat mengunjungi tempat ini secara gratis dan kapan saja. Waktu terbaik untuk mengunjungi Alkid adalah pada sore hari, karena suasana yang berbeda akan terlihat di sana menjelang senja. Para pedagang bermunculan untuk menata dagangan mereka.

Baca: Taman Pintar Yogyakarta: Tiket Masuk, Wahana & Lokasi

Tidak heran jika taman ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Yogyakarta. Meskipun gratis, pengunjung dapat menikmati beragam aktivitas wisata di sini.

Aktivitas Wisata Di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Banyaknya kunjungan ke Alkid telah mendorong para pedagang untuk semakin kreatif dalam menyajikan berbagai jenis dagangan yang menarik. Para pengunjung juga seringkali menghabiskan malam di Alkid karena terpukau oleh semarak lampu lampion yang menghiasi lingkungan dan beragam jenis hiburan yang tersedia. Di antara berbagai keseruan yang dapat dinikmati, berikut beberapa aktivitas yang sayang sekali jika dilewatkan:

Masangin

Masangin Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Masangin merupakan salah satu mitos yang terkenal di Alkid Yogyakarta. Ritual Masangin dilakukan di antara dua pohon beringin besar yang berada di tengah-tengah Alkid. Dalam ritual ini, seseorang harus berjalan melewati antara dua pohon beringin dengan mata tertutup. Konon, hanya mereka yang memiliki hati yang bersih dan suci yang dapat melewati beringin kembar di Alkid.

Mitos ini menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang ingin membuktikan kebenarannya. Namun, selain sebagai kegiatan ritual, aktivitas ini juga memberikan keuntungan bagi para pedagang di sekitar Alkid. Jika Anda tidak membawa penutup mata, Anda dapat menyewa penutup mata dengan harga Rp5.000.

Baca: Taman Sari Yogyakarta: Sejarah, Harga Tiket Masuk & Lokasi

Meski terdapat beberapa kontroversi seputar kebenaran mitos Masangin, namun hal tersebut tidak memengaruhi minat wisatawan yang ingin mencoba kegiatan ini. Selain itu, bagi mereka yang ingin mencoba pengalaman unik di Alkid, ritual Masangin menjadi salah satu kegiatan yang sangat menarik untuk dicoba.

Naik Kereta Hias

Naik Kereta Hias Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Untuk mengelilingi Alun-Alun Kidul Yogyakarta, para pengunjung tidak perlu bersusah payah berjalan kaki. Di sini tersedia berbagai pilihan kendaraan, mulai dari sepeda tandem, becak mini, hingga andong mini yang dapat disewa. Semua kendaraan dilengkapi dengan lampu hias beragam corak yang menambah semarak malam hari di Alkid Yogyakarta.

Banyak pengunjung yang mengabadikan momen ini sambil mengelilingi alun-alun dengan kendaraan hias. Terdapat juga jasa fotografer yang siap mengambil foto terbaik Anda. Bagi Anda yang ingin merasakan keseruan mengelilingi Alun-Alun Kidul Yogyakarta dengan kendaraan hias, cukup siapkan uang antara Rp20.000 hingga Rp60.000.

Selain menyenangkan, pengalaman mengelilingi Alun-Alun Kidul Yogyakarta dengan kendaraan hias juga memberikan kesempatan bagi para wisatawan untuk melihat pemandangan indah sekitar alun-alun. Dengan bantuan lampu hias yang beragam, suasana malam hari di Alkid semakin terasa akrab dan hangat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang paling diminati oleh para wisatawan di Alkid Yogyakarta.

Wisata Kuliner Malam Hari

Wisata Kuliner Malam Hari Alkid

Alun-Alun Kidul Yogyakarta menjadi destinasi favorit bagi para pengunjung yang ingin mencicipi makanan khas Jogja. Setelah lelah mengitari alun-alun, pengunjung dapat beristirahat sejenak di angkringan atau warung lesehan yang tersedia di sekitar area Alkid. Di sana, pengunjung dapat menikmati beragam makanan mulai dari camilan ringan hingga hidangan berat.

Bagikan: