30 Makanan Khas Jogja Yang Enak Selain Gudeg

admin

Makanan Khas Jogja

Cari pengalaman kuliner baru saat berkunjung ke Jogja dengan mencicipi rekomendasi makanan khas Jogja yang enak selain gudeg, ini ulasanya!

Menelusuri keindahan Jogja adalah pengalaman yang sangat memuaskan. Tak hanya sebagai surganya pariwisata, namun juga menyajikan kuliner-kuliner unik yang identik dengan cita rasa manis, gurih, dan pedas. Salah satu makanan khas Jogja yang enak dan terkenal adalah Gudeg, disajikan dengan sambel krecek.

Namun, tidak hanya Gudeg saja yang menjadi primadona kuliner khas Jogja. Terdapat beragam makanan lezat, baik berat maupun ringan, yang cocok dijadikan oleh-oleh dan pastinya akan memuaskan selera Anda. Jika sedang berlibur di Yogyakarta, berikut adalah 30 rekomendasi makanan khas Jogja yang enak selain Gudeg yang harus kamu coba!

Makanan Khas Jogja Selain Gudeg

Daerah Istimewa Yogyakarta senantiasa menawarkan ragam kuliner yang beraneka ragam, mulai dari yang bersifat tradisional hingga modern. Dalam deretan pilihan menu yang tersedia, berikut beberapa makanan khas Jogja selain gudeg yang bisa kami rekomendasikan untuk sobat nikmati!

Oseng Mercon

Oseng Mercon

Salah satu makanan khas Jogja selain gudeng yang sempat viral dan sangat digemari adalah oseng-oseng mercon!

Makanan yang unik ini wajib dicicipi bagi pecinta makanan pedas. Oseng-oseng mercon terbuat dari lemak, kulit sapi, dan tetelan daging yang dimasak dengan bumbu cabai dan rempah-rempah yang kaya.

Nama โ€œmerconโ€ sendiri merujuk pada cita rasa super pedas dari hidangan ini yang membuat sensasi seperti sedang menyantap mercon atau petasan. Untuk penyajiannya, biasanya oseng-oseng mercon disajikan dengan nasi putih hangat dan beberapa jenis lalapan segar.

Bagi yang ingin merasakan sensasi pedas dari oseng-oseng mercon, dapat mencoba ke oseng-oseng mercon Bu Narti yang legendaris sejak tahun 1977.

Nasi Kucing

Nasi Kucing

Jogja terkenal dengan angkringan yang menjual berbagai macam makanan dengan harga murah, salah satunya adalah Nasi Kucing. Nasi Kucing atau yang juga disebut sego kucing memiliki ciri khas porsi yang kecil, mirip dengan porsi makan seekor kucing.

Biasanya Nasi Kucing disajikan dengan sambal tempe, sambal teri, atau tumis jamur yang dibungkus dalam daun pisang. Selain itu, kamu juga dapat menikmati tambahan seperti sate usus, sate telur, sate brutu, dan gorengan yang lezat sebagai teman makan Nasi Kucing Jogja ini.

Untuk mencicipi makanan khas Jogja yang enak ini, kamu hanya perlu datang ke angkringan yang tersebar di sekitar Jogja. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp2.000,00 per porsi, meskipun satu porsi mungkin tidak akan cukup untuk membuat kamu kenyang.

Sate Klathak

Sate Klathak

Kami merekomendasikan sate klathak sebagai makanan khas Jogja yang wajib dicoba. Sate klathak memiliki tampilan dan rasa yang berbeda dengan sate-sate lain di Indonesia. Hal ini karena sate klathak dibuat dari daging kambing yang hanya dibumbui dengan garam dan merica.

Tusukan sate yang digunakan juga bukan bambu, melainkan jeruji sepeda. Penggunaan jeruji sepeda dikatakan dapat menjadi penghantar panas yang baik saat memanggang sehingga daging cepat matang secara merata hingga ke bagian dalam.

Setelah matang, sate klathak disajikan dengan nasi, kuah gulai yang cair atau kecap, serta potongan cabe rawit. Anda bisa menemukan sate klathak di sepanjang Jalan Imogiri Timur.

Sate Klathak Pak Pong dan Sate Klathak Pak Jede adalah tempat paling terkenal untuk menikmati kuliner khas Jogja ini. Harga satu porsi sate klathak berkisar Rp25.000,00, yang terdiri dari beberapa tusuk sate tanpa nasi.

Sate Petir

Sate Petir

Terdapat satu lagi makanan khas Jogja yang unik dengan rasa yang menyatu antara manis dan pedas yang luar biasa. Namanya adalah Sate Petir. Jika pada umumnya sate disajikan dengan bumbu kecap yang cenderung manis, Sate Petir malah dilumuri dengan taburan cabai yang menciptakan sensasi seperti terkena sambaran petir.

Anda bisa mencoba sensasi pedas dari Sate Petir di Sate Petir Pak Nano yang berlokasi di Ringroad Selatan. Tempat ini buka dari jam 12.00 hingga 19.00, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk membuktikan sendiri seberapa pedasnya Sate Petir ini!

Sate Kelinci

Sate Kelinci

Makanan khas Jogja yang satu ini sangat unik dan belum banyak dikenal di Indonesia, yaitu sate kelinci. Meskipun olahan daging kambing atau ayam sudah biasa, sate kelinci bisa menjadi alternatif yang menarik untuk dicoba. Di Jogja, ada sebuah warung bernama Warung Mbah Ganis yang menyediakan sate kelinci dan juga olahan tongseng serta rica-rica kelinci.

Sate kelinci ini memiliki cita rasa yang lezat dan empuk, diolah dengan bumbu yang khas dan berbeda dari sate-sate lainnya. Cocok untuk menjadi menu makan siang atau makan malam yang berbeda dari biasanya. Jadi, jika kamu penasaran dengan sate kelinci dan ingin mencoba, jangan lupa kunjungi Warung Mbah Ganis di Jogja!

Soto Lenthok

Jogja dikenal dengan soto-soto yang enak, dan salah satunya adalah Soto Lenthok atau soto perkedel singkong. Soto ini unik karena memiliki tambahan perkedel singkong atau lenthok yang memberikan cita rasa yang berbeda.

Rasa kuah Soto Lenthok tidak kalah dengan Soto Kudus yang terkenal, yaitu gurih dan segar. Di dalam soto ini terdapat lenthok, suwiran daging ayam, tauge, soun, dan daun kemangi yang memberikan aroma khasnya.

Bagikan:

Open chat
Hello ๐Ÿ‘‹
Ada yang bisa di bantu?