Kalibiru Kulon Progo: Harga Tiket & Daya Tarik Wisata

admin

Kalibiru

Wisata Kalibiru Kulon Progo merupakan salah satu tempat wisata yang berada di daerah Yogyakarta yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan menawan. Temukan harga tiket dan daya tariknya pada artikel ini.

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Harga Tiket Masuk : Rp10.000 – Rp20.000. Jam Buka : 08.00 – 16.00. Nomor Telepon : -.
Alamat / Lokasi : Jalan Waduk Sermo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55653.

Kawasan wisata Kulon Progo, terutama Kalibiru, merupakan destinasi yang sangat menawan dengan keindahan alam yang memukau. Tempat wisata ini berhasil menarik hati banyak orang karena keindahan alam yang disajikan.

Sebagai kawasan wisata alam yang dikelola oleh pemerintah dan masyarakat setempat, Kalibiru awalnya merupakan kawasan hutan negara yang subur. Sayangnya, praktik pembalakan hutan telah merusak kelestarian lingkungan di sana. Oleh karena itu, pemerintah turun tangan dalam memulihkan keadaan dan menjadikannya kawasan wisata yang ramah lingkungan.

Harga Tiket Masuk Kalibiru

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati pemandangan Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh dari atas bukit Kalibiru. Anda juga tak harus mengeluarkan budget besar untuk mencoba flying fox dan high rope di sini.

Baca: Bukit Bintang Jogja: Daya Tarik, Tiket Masuk & Lokasi

Hanya dengan membayar kurang dari Rp50.000,00, Anda bisa mendapatkan koleksi foto Instagramable di menara pandang. Sedangkan biaya menginap di cottage memang agak mahal, namun fasilitas yang lengkap dan sentra oleh-oleh khas Jogja seperti Baju Dagadu dan Bakpia Pathok sudah tersedia di sana. Berikut informasi terbaru tentang harga tiket masuk dan biaya-biaya lainnya:

Harga Tiket Masuk Kalibiru
Hari biasaRp10.000
International TouristRp20.000
Spot FotoRp10.000 – Rp35.000
Flying FoxRp5.000 (Anak-anak) – Rp10.000 (Dewasa)

Jam Buka Kalibiru Kulon Progo

Objek wisata Kalibiru Kulon Progo tersedia untuk pengunjung mulai dari pagi hingga sore hari. Pengunjung diperbolehkan menikmati keindahan pemandangan dengan waktu yang cukup lama. Saat menjelang sore, pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam yang memukau. Semua ini bisa dinikmati tanpa adanya batasan waktu yang ketat.

Jam Operasional
Setiap hari08.00 – 16.00 WIB

Sekilas Wisata Kalibiru Jogja

Kalibiru Kulon Progo

Kalibiru merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Kabupaten Kulon Progo. Dulunya, tempat ini merupakan kawasan hutan subur yang dimiliki oleh negara. Namun, akibat pembalakan liar yang terjadi, kawasan ini mengalami kerusakan yang cukup parah. Oleh karena itu, pemerintah setempat melakukan peremajaan dan upaya restorasi untuk memulihkan kawasan tersebut.

Kini, setelah melalui proses peremajaan, Kalibiru telah berubah menjadi sebuah objek wisata alam yang menarik. Berada pada ketinggian 450 mdpl, Kalibiru memiliki suhu yang sejuk, dan suasana yang tenang dapat memberikan kesegaran bagi pikiran yang lelah akibat rutinitas.

Selain itu, panorama alam yang memukau juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang. Terdapat ratusan pohon cemara, kayu putih, dan jati yang tumbuh di sekitar kawasan ini, memberikan suasana yang sangat sejuk dan alami.

Baca: Hutan Pinus Pengger: Harga Tiket, Daya Tarik & Lokasi

Sebelum mencapai bukit utama, wisatawan akan melewati beberapa rumah warga yang berarsitektur Jawa kuno yang sangat menarik secara visual. Sebagian besar rumah ini berfungsi sebagai kantor dan juga tempat penjualan tiket masuk.

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Kalibiru Kulon Progo, pasti ingin tahu daya tarik apa saja yang disajikan oleh objek wisata alam ini. Dalam ulasan singkat ini, kami dapat memberikan gambaran mengenai pesona Kalibiru sebagai destinasi wisata alam yang menarik di Jogja.

Daya Tarik Wisata Kalibiru Kulon Progo

Ternyata, destinasi wisata murah di Yogyakarta menawarkan banyak hal menarik, dari pemandangan alam hingga spot foto yang Instagramable.

Eksotisme Waduk Sermo

Eksotisme Waduk Sermo

Ketika tiba di lokasi wisata ini, pengunjung akan disambut dengan jalur trekking yang akan membawa ke spot utama. Jalur trekking ini terdiri dari anak tangga dan jalan setapak yang menanjak. Di sepanjang jalur trekking, terdapat berbagai fasilitas seperti mushola, warung makan, penjual makanan, dan tentu saja spot foto yang menarik.

Spot-spot foto di area ini didominasi oleh bangunan menara pandang. Menara pandang tersebut memiliki dua fungsi, yaitu sebagai tempat untuk menikmati keindahan Waduk Sermo dan perbukitan sekitarnya, serta sebagai spot foto yang menarik.

Baca: Wisata Bukit Pule Payung: Tiket Masuk & Spot Foto

Dari menara pandang tersebut, pengunjung dapat melihat pemandangan seluruh area perbukitan yang dikelilingi oleh hijaunya pepohonan. Menara pandang tersebut berbentuk seperti pohon pinus yang dilengkapi dengan papan kayu, tangga gantung, dan tali pengaman.

Ada banyak menara pandang yang berbeda bentuk dan menawarkan daya tarik yang berbeda-beda. Tarif untuk setiap menara pandang juga bervariasi, termasuk biaya fotografi yang selalu tersedia di setiap lokasi menara.

Kemolekan Pegunungan Menoreh

Kemolekan Pegunungan Menoreh

Setelah mengunjungi menara pandang, Anda akan terpesona dengan pemandangan Pegunungan Menoreh yang terlihat hijau dan memanjang di kejauhan. Kawasan pegunungan ini merupakan batas antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Magelang yang juga memiliki objek wisata alam yang terkenal.

Selain itu, di lokasi yang sama, terdapat sebuah cafe kekinian yang menawarkan pesona yang sama dengan pemandangan Pegunungan Menoreh. Mungkin Anda pernah mendengarnya? Cafe tersebut bernama Cafe Tumpang Menoreh Jogja.

Bagikan: