48 Tempat Wisata Kulon Progo Terbaru Paling Hits

admin

Tempat Wisata Kulon Progo

Ini dia tempat wisata Kulon Progo terbaru yang paling hits yang bisa sobat nikmati! Temukan keindahan alam dan pengalaman yang tak terlupakan.

Kulonprogo adalah kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta dan ibukotanya berada di Wates. Kabupaten ini memiliki letak geografis yang strategis dan menjadi salah satu wilayah penting di DIY.

Dengan luas wilayah mencapai 586,3 kilometer persegi, Kulonprogo memiliki julukan The Jewel of Java karena keindahan perbukitan Menoreh yang menjadi ciri khasnya, dengan puncak tertingginya bernama puncak Suroloyo. Selain, terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang menakjubkan.

Bagi sobat yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan di Kulonprogo, berikut ini adalah beberapa daftar tempat wisata Kulon progo terbaru dan paling hits yang dapat menjadi referensi liburan sobat wisata.

Rekomendasi Tempat Wisata Kulon Progo Paling Populer

Jika sobat ingin liburan ke Yogyakarta, coba deh pilih tempat wisata Kulon Progo sebagai alternatifnya. Selain sensasi alam yang khas, Kulon Progo juga punya berbagai atraksi menarik dan indah.

Meski belum terkenal, jangan ragu untuk menjelajahinya. Kamu bisa mendaki gunung, masuk goa, bermain air, atau wisata rohani. Dan berikut 48 daftar rekomendasi tempat wisata Kulon Progo terbaru paling hits yang wajib dikunjungi:

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut adalah tempat wisata di Kulon Progo paling hits, yang merupakan bagian dari kawasan Gunung Kelir yang memiliki banyak destinasi wisata.

Meskipun tergolong tempat wisata yang masih muda, Kedung Pedut telah menjadi salah satu destinasi yang sangat populer sejak resmi dibuka pada tahun 2015. Keindahan alamnya yang tak tertandingi menjadi alasan utama mengapa Kedung Pedut memiliki banyak penggemar.

Selain berfoto dan bermain air, pengunjung juga dapat bersantai di area air terjun yang memiliki beberapa tingkatan. Kedung Pedut sangat cocok untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Yogyakarta yang masih asli dan alami.

Tiket masuk ke Air Terjun Kedung Pedut dibanderol seharga Rp 5.000. Objek wisata ini terletak di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kode pos 55674.

Kalibiru

Kalibiru

Kawasan Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata Kulon Progo paling hits. Dari sini, sobat bisa menikmati panorama bukit hijau yang menghampar serta waduk Sermo yang memukau.

Ada banyak spot foto menarik di Kalibiru, seperti panggung kayu yang memiliki pesona yang setara dengan Puncak Becici di Bantul. Selain itu, sobat juga dapat mencoba permainan ekstrem seperti flying fox atau high rope yang tersedia di sana. Jadi, kunjungan sobat ke sini pasti akan sangat menyenangkan.

Kalibiru terletak di Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk ke tempat ini sangat terjangkau, yakni hanya berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000 saja.

Pule Payung

Pule Payung

Tak jauh dari Kalibiru, terdapat kawasan Pule Payung yang juga menawarkan panorama yang indah dengan latar belakang perbukitan dan danau. Namun, pengalaman yang ditawarkan di sini berbeda dengan Kalibiru.

Pule Payung dikenal sebagai cafe angkasa yang menawarkan berbagai macam spot foto menarik, seperti kursi langit, spot ayunan, dan masih banyak lagi. Tempat wisata Kulon Progo terbaru ini sangat populer di media sosial dan wajib masuk dalam list destinasi Anda ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Pule Payung berlokasi di Soropati RT.007/RW.003, Clapar 2, Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653. Untuk menikmati pesona alam dan spot-spot foto menarik di sana, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp10.000,00 saja.

Goa Kebon Krembangan

Goa Kebon Krembangan

Kulon Progo tidak kalah dengan Gunung Kidul dalam hal destinasi wisata goa. Salah satunya adalah Goa Kebon Krembangan yang memiliki keunikan pancaran air tak pernah kering di mulut goa.

Maka tak heran jika banyak yang menyebut destinasi wisata di Kulon Progo ini sebagai Air Terjun Goa Kebon. Saat musim hujan, jalanan agak licin sehingga perlu berhati-hati saat berkunjung. Lokasinya berada di Dukuh VII, Krembangan, Kec. Panjatan, KulonProgo, Yogyakarta. Harga tiket masuk ke tempat ini cukup terjangkau, yaitu Rp6.000 saja

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo merupakan tempat wisata Kulon Progo yang jarang diketahui wisatawan. Padahal, keindahan kebun teh ini tidak kalah dengan Kebun Teh Tambi yang berada di Wonosobo.

Kebun teh hijau yang terhampar di lereng bukit menawarkan pemandangan yang menawan. Anda bisa bersantai sembari menikmati panorama 8 gunung di Jawa yang menakjubkan.

Selain itu, tersedia juga fasilitas off-road dan trekking untuk Anda yang gemar dengan aktivitas petualangan. Lokasinya yang strategis serta dekat dengan tempat-tempat wisata instagramable di Kulon Progo menjadikannya sebagai destinasi yang tepat bagi Anda yang ingin menjelajahi Yogyakarta.

Alamat Kebun Teh Nglinggo berada di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta 55673. Untuk harga tiket masuk, cukup terjangkau yaitu Rp5.000 saja.

Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah

Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah

Glagah memang selalu berhasil menarik perhatian wisatawan dengan pesonanya yang menakjubkan. Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi adalah kebun bunga matahari yang indah. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, kamu bisa menikmati keindahan panorama bunga matahari dan menambah koleksi foto yang Instagramable.

Lokasinya sangat mudah dijangkau dan cocok untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Jadi, jangan lupa kunjungi kebun bunga matahari di Pantai Glagah saat kamu berada di Kulon Progo.

Alamat: Glagah, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta Harga Tiket: Rp5.000

Goa Kiskendo Kulon Progo

Goa Kiskendo Kulon Progo

Goa Kiskendo Kulon Progo merupakan gua yang memiliki nilai sejarah dan spiritual yang sangat tinggi. Gua ini memiliki sembilan tempat pertapaan yang dahulu sering digunakan oleh para leluhur.

Salah satu ciri khas dari gua ini adalah terlihat dari batuan di sekitarnya yang dihiasi dengan pahatan relief cerita wayang. Selain itu, suasana di sekitar gua sangat asri karena tumbuh berbagai jenis pepohonan yang rindang.

Untuk dapat menikmati keindahan gua ini, Anda bisa melakukan aktivitas susur gua bersama pemandu atau juru kunci yang tersedia. Pengalaman menelusuri gua ini sama menariknya dengan Goa Jomblang.

Lokasi Goa Kiskendo berada di Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674. Harga tiket masuk ke gua ini adalah Rp5.000.

Waduk Sermo

Waduk Sermo

Rekomendasi destinasi wisata Kulon Progo selanjutnya adalah Waduk Sermo yang menawarkan keindahan yang tak kalah dengan Ranu Kumbolo. Waduk buatan seluas 7000 hektar ini menawarkan pemandangan hutan yang mengelilingi danau yang tenang sebagai daya tarik utama.

Banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Waduk Sermo, mulai dari berkeliling, naik perahu, berkemah, hingga berolahraga. Selain itu, waduk ini juga menjadi lokasi yang sempurna untuk mengambil foto indah. Panorama matahari terbenam yang memantul di cerminan air waduk akan menjadi latar belakang yang menarik untuk foto di media sosial Anda.

Waduk Sermo terletak di Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta Tiket masuk ke Waduk Sermo dapat dibeli dengan harga Rp6.000-Rp15.000. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata yang indah dan menarik ini di Kulon Progo!

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Salah satu tempat wisata Kulon Progo terbaru yang menarik untuk dikunjungiadalah Mangrove Jembatan Api-Api. Konsep alam yang dipadukan dengan nuansa kekinian membuat tempat ini cocok untuk berfoto dengan hasil yang instagramable.

Jembatan gantung menjadi salah satu spot paling ikonik di tempat wisata Kulon Progo ini. Dengan desain yang unik, jembatan ini seringkali dipenuhi pengunjung karena pemandangan yang disajikan sangat menawan.

Mangrove Jembatan Api-Api dinamakan demikian karena tempat ini memiliki tanaman mangrove dengan jenis api-api atau yang juga dikenal dengan nama Avicennia. Udara yang segar di tempat ini sangat cocok untuk menenangkan hati dan pikiran.

Tiket masuk ke Mangrove Jembatan Api-Api dibanderol seharga Rp 5.000. Alamat tempat ini berada di Pasir Mendit, Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata yang menarik ini di Kulon Progo!

Hutan Pinus Girimulyo Kulon Progo

Hutan Pinus Girimulyo Kulon Progo

Mengambil foto di hutan pinus memang memberikan kesan yang istimewa. Namun, terkadang banyaknya wisatawan yang datang ke hutan pinus bisa membuatmu kesulitan untuk mendapatkan foto yang bagus.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Di Kulon Progo, terdapat sebuah hutan pinus yang masih belum banyak diketahui wisatawan. Kamu bisa menikmati suasana hutan pinus yang asri dan khas serta berfoto tanpa ada yang mengganggu.

Berada di Desa Girimulyo, harga tiket masuk ke Hutan Pinus Girimulyo belum dikenakan biaya karena masih belum sepenuhnya dikelola. Namun, beberapa masyarakat sekitar telah membersihkan beberapa tempat dan membangun beberapa fasilitas penunjang. Jadi, kamu bisa berkunjung dan menikmati keindahan hutan pinus ini secara gratis.

Pantai Glagah

Pantai Glagah

Sobat bisa menikmati keindahan sunset di Pantai Glagah, salah satu destinasi wisata yang tak kalah menarik di Jogja. Di pinggir pantainya, tumpukan tetrapod memberikan sentuhan dramatis saat ombak beradu. Selain itu, pantai ini juga menawarkan berbagai fasilitas seperti memancing, bermain ATV, dan tentunya berfoto di tempat yang instagramable.

Tak hanya itu, Pantai Glagah juga menyimpan sejarah yang menarik. Sobat bisa menjelajahi situs bersejarah yang ada di pantai ini. Dengan segala daya tariknya, pantai ini layak masuk ke dalam daftar tempat yang ingin sobat kunjungi ketika berada di Kulon Progo.

Lokasinya berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 43 km dari pusat kota Jogja. Dan yang menarik, harga tiket masuk ke Pantai Glagah sangat terjangkau, hanya Rp5.000 saja.

Pantai Trisik

Pantai Trisik

Pantai Trisik Kulon Progo menawarkan pesona eksotis yang tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lain di sekitarnya. Pasir hitam dan rindangnya pohon cemara di tepi pantai menciptakan pemandangan yang indah.

Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti mengunjungi penangkaran penyu dan menyaksikan upacara sedekah laut yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Jangan lupa untuk menikmati keindahan matahari terbenam yang tak kalah cantiknya dengan Pantai Indrayanti.

Pantai Trisik adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati pantai yang sepi namun eksotis. Harga tiket masuk ke wisata pantai Trisik sangat terjangkau Rp5.000, sangat terjangkau bagi para wisatawan.

Pantai Trisik berlokasi di Desa Banaran, Galur, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran menjadi salah satu tempat wisata Kulon Progo yang populer. Sesuai namanya, di sini pengunjung bisa merasakan sensasi berayun-ayun di atas ketinggian. Tidak perlu khawatir akan keamanan, karena setiap pengunjung akan dilengkapi dengan alat pengaman serta tim SAR yang selalu siap siaga. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen berayun yang tidak akan terlupakan.

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

Curug Sidoharjo atau yang dikenal dengan sebutan Air Terjun Perawan merupakan salah satu destinasi wisata Kulon Progo yang tersembunyi dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di DIY. Wisatawan yang ingin mengunjungi Curug Sidoharjo harus berjalan kurang lebih selama 10 menit dari tempat parkir untuk dapat melihat langsung keindahan air terjun ini.

Pesona keindahan Air Terjun Sidoharjo menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung. Namun, keadaan air terjun sangat dipengaruhi oleh musim. Pada musim kemarau, air terjun akan surut dan hampir tidak ada. Namun, saat musim penghujan tiba, air terjun akan mengalir deras dari tebing yang tinggi dan langsung menuju kolam utama dengan pemandangan yang sangat indah.

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Sidoharjo, wisatawan cukup membayar harga tiket sebesar Rp. 3.000. Air Terjun Perawan ini beralamat di Sumoroto, Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673.

Ekowisata Taman Sungai Mudal

Ekowisata Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal menjadi tempat wisata Kulon Progo yang terletak di balik hutan asri kawasan Bukit Menoreh yang terkenal. Diberi nama taman sungai karena keindahan kolam alami berwarna biru jernih yang ada di tempat ini.

Untuk mencapai lokasi Taman Sungai Mudal, pengunjung harus berjalan kaki menelusuri hutan yang membuat pengalaman wisata semakin menyenangkan. Di sana, pengunjung dapat menikmati bermain air dan berfoto-foto dengan tenang karena fasilitas yang lengkap seperti tempat penyewaan ban, warung makan, dan spot foto cantik semua tersedia.

Tiket masuk ke Taman Sungai Mudal terbilang cukup terjangkau, yakni hanya sebesar Rp. 10.000 per orang. Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona, tetapi juga menawarkan ketenangan dan kenyamanan bagi pengunjungnya.

Taman Sungai Mudal beralamat di Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona alam yang memukau, Taman Sungai Mudal adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Bendung Kayangan

Bendung Kayangan

Bendung Kayangan memiliki makna yang indah dan menakjubkan, sejalan dengan arti dari kata “kayangan” atau “kahyangan”. Destinasi wisata ini terdiri dari area sungai dan tebing yang dinamakan Tebing Kayangan.

Masyarakat setempat meyakini bahwa Tebing Kayangan memiliki pasokan air yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup sawah dan perkebunan di sekitarnya. Dengan latar belakang tebing yang tinggi dan sungai yang dangkal, Bendung Kayangan juga menjadi tempat yang sangat menarik untuk berfoto, sehingga menjadi spot yang anti-mainstream.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Pesona puncak perbukitan bisa dinikmati di Puncak Suroloyo dengan ketinggian mencapai 1000 mdpl. Dari sini, Anda bisa memandang indahnya gunung-gunung seperti Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.

Tidak hanya itu, tempat ini juga sering dijadikan tempat pertapaan atau ziarah oleh sebagian orang. Beberapa orang bahkan percaya bahwa puncak bukit ini adalah petilasan dari Raden Mas Rangsang.

Sambil menikmati keindahan alam, Anda juga bisa menikmati kuliner khas Jogja seperti Geblek yang tersedia di sana. Rasakan sensasi yang berbeda saat menikmati secangkir kopi atau teh hangat dengan panorama indah dari bukit pada saat matahari terbit atau terbenam.

Puncak Widosari

Puncak Widosari

Puncak yang tak kalah menakjubkan dengan Puncak Suroloyo adalah Bukit Paralayang Kulon Progo. Meski tidak seberapa tinggi, hanya sekitar 900 mdpl, pemandangan indah perbukitan Kulon Progo bisa Anda nikmati dari sini.

Daya tarik khas dari Bukit Paralayang adalah batu besar yang menjulang tinggi di bagian puncak seperti tombak. Selain itu, gardu pandang yang tersedia juga memberikan panorama 360 derajat dari ketinggian.

Akses menuju tempat ini pun mudah karena sudah berbentuk tangga yang sering dipakai pesepeda. Jangan lewatkan momen indah saat matahari terbit atau terbenam, sama seperti saat Anda mengunjungi Tebing Keraton di Bandung.

Tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tiket masuk ke Bukit Paralayang Kulon Progo juga cukup terjangkau, hanya seharga Rp 2.000 saja. Jadi tunggu apalagi, kunjungi Bukit Paralayang dan nikmati keindahan alam Kulon Progo.

Alamat: Tritis, Ngargosari, Tegalsari, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Air Terjun Curug Setawing

Air Terjun Curug Setawing

Dengan keberadaan perbukitan yang mendominasi, tak heran jika banyak ditemukan air terjun menarik di daerah Kulon Progo. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah Curug Setawing. Air terjun setinggi 45 meter ini memiliki aliran air yang semakin melebar di bagian bawahnya.

Pada musim hujan, air terjun ini menjadi semakin indah dan menawan karena kucuran air yang deras yang memunculkan aliran air yang semakin kuat. Lokasinya terletak di Jl. Jonggrangan, Gendu, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rafting Kalibawang

Rafting Kalibawang

Jika Anda menyukai olahraga ekstrem yang memacu adrenalin, cobalah untuk merasakan sensasi rafting di Sungai Progo Bawah. Lokasinya terletak di area Kalibawang. Keunikan dari rafting di sini adalah arus deras dan penampang sungai yang lebar, pasti akan membuat pengalaman rafting Anda semakin seru!.

Selain itu, Sungai Progo Bawah merupakan sungai dengan level tertinggi di Jawa Bali. Jangan ragu untuk mencoba rafting di sini, Anda pasti tidak akan menyesal.

Agrowisata Krisan Gerbosari

Agrowisata Krisan Gerbosari

Bunga selalu menjadi cara yang baik untuk menghibur hati, dan di Kulon Progo, terdapat sebuah perkebunan bunga krisan yang sedang hits. Kebun Bunga Krisan Gerbosari, yang terletak di dalam sebuah rumah kaca, menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk berkunjung.

Warna-warni yang cantik dan beragam dari bunga krisan menjadi pemandangan yang sangat menarik. Lokasi kebun bunga ini berada di Karang, Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673.

Gunung Ijo

Gunung Ijo Kulon Progo

Tak kalah dengan Gunung Prau, Gunung Ijo juga menawarkan keindahan panorama yang menawan. Meskipun tingginya hanya 675 mdpl, pemandangan yang dapat dinikmati dari puncaknya sungguh memukau. Di puncak Gunung Ijo, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam tanpa ada halangan apapun.

Bagi para pendaki yang ingin mencoba tantangan, Gunung Ijo bisa menjadi pilihan tempat wisata Kulon Progo yang menarik. Pendakian pun tidak memerlukan waktu yang lama untuk sampai ke puncak.

Puncak Gunung Lanang

Puncak Gunung Lanang

Kawasan pegunungan Menoreh selalu menawarkan destinasi wisata yang menarik, termasuk di dalamnya adalah Gunung Lanang. Puncak Gunung Lanang selalu menjadi tujuan para pengunjung yang ingin menikmati keindahan matahari terbit atau terbenam.

Namun, selain itu, banyak juga yang datang karena penasaran dengan mitos yang berkembang di tempat ini. Salah satu misteri yang dikenal adalah mengenai tempat ini yang menjadi lokasi pertapaan seorang sakti bernama Kyai Lanang dan istrinya.

Bahkan, beberapa orang melakukan laku ritual di tempat ini pada malam-malam tertentu karena percaya pada cerita mistis yang berkembang, mirip dengan cerita mistis yang terkenal di kawasan Gunung Lawu. Dengan begitu, Gunung Lanang menjadi destinasi wisata Kulon Progo menarik bagi yang mencari pengalaman spiritual atau ingin merasakan sensasi petualangan yang berbeda.

Waduk Mini Kleco

Waduk Mini Kleco

Salah satu tempat wisata Kulon Progo yang memiliki akses mudah dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Embung Kleco. Waduk di Jogja ini memiliki keindahan alam yang tiada dua dengan lokasi yang berada di tepi bukit, sehingga menambah indah pemandangan di sekitarnya.

Air hijau tosca yang tenang, perbukitan hijau di sekitar, serta cerahnya langit Jogja membuat tempat ini cocok bagi kamu yang mencari tempat wisata menenangkan. Untuk masuk ke tempat ini, kamu hanya perlu membayar tiket mulai dari Rp3.000 per orang.

Embung Kleco buka setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 05.30-19.00 WIB. Jangan lewatkan untuk mengunjungi lokasi wisata yang berada di Ngesong, Giripurwo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674 ini ya!

Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo

Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo

Grojogan Sewu merupakan salah satu destinasi wisata di Kulon Progo yang masih tersembunyi dan belum banyak diketahui orang.

Meskipun memiliki nama yang sama dengan air terjun di Karang Anyar, keindahan yang terdapat di Grojogan Sewu Kulon Progo sangatlah berbeda dan menakjubkan. Airnya terlihat seperti tirai yang jatuh dari atas tebing dengan aliran yang jernih dan segar, serta terdapat kolam di bawah air terjun yang cocok untuk berenang, bermain air, dan berfoto di sekitar kawasan air terjun.

Tempat ini cocok untuk bersantai karena udaranya yang sejuk serta pemandangan alam yang asri dan mempesona. Bagi Anda yang membutuhkan penyembuhan di tengah suasana alam, Grojogan Sewu Kulon Progo adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Lokasi Grojogan Sewu Kulon Progo terletak di dusun Beteng, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Pantai Congot

Pantai Congot

Pantai Congot merupakan salah satu tempat wisata Kulon Progo yang wajib dikunjungi. Keindahan pantai ini memang tak terbantahkan, terutama saat matahari terbenam. Pemandangan yang ditawarkan begitu mempesona dan memanjakan mata para pengunjungnya.

Selain itu, pantai ini memiliki ciri khas berupa kompleks hutan bakau yang asri di sekitarnya. Kamu juga bisa berkeliling mengelilingi area hutan dengan jalan bambu sambil berfoto. Jangan lewatkan spot populer berupa jembatan apai-apai yang menghubungkan kedua sisi hutan. Di sini, kamu juga bisa memancing seperti di Pantai Sipelot yang ada di Malang.

Tak heran jika Pantai Congot menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kulon Progo. Lokasi pantai ini berada di Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan harga tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah.

Wildlife Rescue Center

Wildlife Rescue Center

Jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan sambil meningkatkan pengetahuan, Wildlife Rescue Center yang terletak di Kecamatan Pengasih adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi. Di sana, pengunjung dapat menikmati pemandangan berbagai jenis hewan liar yang unik dan langka. Tak hanya itu, tempat wisata Kulon Progo yang sudah lama populer ini juga sangat cocok bagi anak-anak yang ingin belajar sambil bermain.

Lokasi dari Wildlife Rescue Center dapat ditemukan di Jalan Pengasih – Nanggulan, Derwolo, Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55652. Harga tiket masuk ke tempat ini sangat terjangkau, hanya sebesar Rp10.000. Dengan begitu, Anda dapat menikmati pengalaman yang berharga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

Merasakan udara segar dan menyegarkan serta menyaksikan kejernihan air pegunungan dapat menjadi cara yang tepat untuk melepas penat. Semua itu dapat ditemukan di Air Terjun Kembang Soka yang terletak di Desa Jatimulyo. Pengunjung dapat merasakan keindahan alam yang masih alami di tempat wisata Kulon Progo yang satu ini, di mana pohon-pohon hijau liar dan air yang jernih akan memberikan sensasi berada di alam liar.

Alamat dari Air Terjun Kembang Soka adalah di Jalan Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674. Tiket masuk ke Air Terjun Kembang Soka sangat terjangkau, hanya Rp5.000. Dengan harga yang sangat terjangkau, pengunjung dapat menikmati pengalaman yang tak terlupakan di tempat wisata yang indah ini.

Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti Kulon Progo

Objek Wisata Kulon Progo selanjutnya yang bisa sobat kunjungi adalah wisata Goa Sriti. Di tempat ini, pengunjung dapat merasakan nuansa sejarah yang kuat sejak awal masuk ke dalam gua. Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, gua ini pernah digunakan sebagai tempat persembunyian oleh Pangeran Diponegoro.

Konon, Pangeran Diponegoro mengasingkan diri untuk bertapa di dalam goa ini. Oleh karena itu, banyak orang yang meyakini bahwa Goa Sriti adalah salah satu tempat yang dapat memberikan ketenangan dan kedamaian. Semua pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang dan nyaman ketika berada di dalam gua ini tanpa harus merasa khawatir.

Pantai Bugel

Pantai Bugel

Meskipun tidak sepopuler Pantai Baron, namun Pantai Bugel memiliki daya tariknya sendiri yang patut diacungi jempol.

Pantai ini cocok menjadi spot bagi Anda yang ingin menikmati ketenangan sambil menikmati keindahan pantai. Luasnya kawasan pesisir dan lembutnya pasir pantai sangat cocok untuk aktivitas seperti camping atau berolahraga.

Fasilitas di pantai ini cukup memadai. Pengunjung dapat menikmati berbagai kuliner lezat di warung makan dengan harga yang terjangkau.

Untuk masuk ke Kulon Progo wisata Pantai Bugel, sobat dikenakan tarif seharga RP 3.000. Alamat Pantai Bugel terletak di Gumuk Waru, Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55655.

Pantai Bidara

Pantai Bidara

Di Kulon Progo terdapat sebuah wisata pantai yang masih baru dan belum banyak diketahui orang, yaitu Pantai Bidara. Letaknya tidak jauh dari Pantai Bugel yang sudah lebih dulu terkenal.

Hamparan pasir hitam yang lembut sangat luas dan landai meskipun tidak selembut di area Gumuk Pasir. Selain itu, suasana di pantai ini sangat tenang dan sepi, hampir seperti memiliki pantai pribadi sendiri.

Banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai favorit untuk bermain layangan. Pantai Bidara sangat cocok sebagai alternatif bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang, terutama pada pagi hari.

Untuk masuk ke pantai ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp3.000. Alamat Pantai Bidara berada di Jalan Pantai Bugel, Gumuk Waru, Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55655.

Bukit Isis Kulon Progo

Bukit Isis Kulon Progo

Bukit Isis adalah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan indah Kulon Progo dari ketinggian. Bagi yang baru pertama kali datang, bisa terasa menakutkan karena Bukit Isis merupakan salah satu bukit tertinggi di Kulon Progo.

Namun, ketakutan itu akan sirna saat Anda sampai di puncak dan disuguhkan pemandangan hijau yang memanjakan mata. Keindahan alam yang luar biasa akan membuat Anda terkagum-kagum. Tidak hanya itu, dari puncak Bukit Isis, Anda juga bisa menikmati keindahan laut yang mempesona.

Untuk bisa menikmati pesona alam Bukit Isis, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 3.000. Alamat Bukit Isis terletak di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Puncak Dipowono

Puncak Dipowono

Jika sobat sedang mencari tempat wisata Kulon Progo yang sepi dan tidak sering dikunjungi oleh wisatawan, maka Puncak Dipowono adalah pilihan yang tepat. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan memukau, yang pastinya akan memanjakan mata Anda. Langit biru dan awan yang cantik akan membuat Anda terkagum-kagum saat berada di sana.

Jika Anda senang berfoto, maka tempat ini juga sangat cocok untuk dikunjungi. Anda bisa berfoto di atas jembatan ikonik yang terbuat dari kayu dengan latar belakang pegunungan dan bukit yang indah. Hasil fotonya pasti akan sangat bagus dan siap diunggah ke Instagram.

Harga tiket masuk ke tempat ini hanya Rp 12.000 dan alamatnya berada di Jalan Clereng Tamanan KM.6, Clapar 2, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Semua informasi ini dapat dijadikan sebagai referensi jika Anda ingin berkunjung ke Puncak Dipowono.

Bukit Cendana

Bukit Cendana

Bagi sobat yang mau menikmati keindahan sunrise di Jogja, Bukit Cendana di Kulon Progo adalah salah satu tempatnya. Dari puncak bukit ini, Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dari Waduk Sermo serta perbukitan di sekitarnya.

Momen epik saat matahari muncul di ufuk timur selalu dinantikan oleh wisatawan. Keindahan Bukit Cendana tidak kalah dengan panorama yang terlihat dari Kebun Buah Mangunan di Bantul.

Anda dapat bersantai dan berfoto dengan latar belakang pemandangan indah dari bukit, waduk, dan kabut di pagi hari. Pastinya, Anda akan mendapatkan foto-foto menarik dan indah saat mengunjungi bukit ini.

Harga tiket masuk ke tempat ini hanya Rp 5.000 dan alamatnya berada di 53FX+3XC, Tegiri 2, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653. Semua informasi ini dapat menjadi referensi jika Anda ingin mengunjungi Bukit Cendana di Kulon Progo.

Air Terjun Kedung Ingas

Air Terjun Kedung Ingas

Bagi sobat pencinta keindahan alam, terutama wisata air terjun, curuk, tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi objek wisata Air Terjun Kedung Ingas di Lendah, Kulon Progo. Selain masih alami, Kedung Ingas memiliki pesona lain, yaitu air yang jernih serta adanya kedung berupa kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air.

Meskipun termasuk objek wisata Kulon Progo terbaru, Kedung Ingas sudah dilengkapi dengan fasilitas sosial untuk kenyamanan para wisatawan, seperti mushola, warung makan, pemandu wisata, dan tempat parkir yang nyaman. Semua fasilitas tersebut akan memudahkan para wisatawan dalam menikmati keindahan alam Air Terjun Kedung Ingas yang menakjubkan.

Air Terjun Kedung Bendo

Air Terjun Kedung Bendo

Kedung Bendo adalah air terjun alami yang berada di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Di objek wisata Kulon Progo ini, kamu akan merasakan nuansa sejuk dan segar dengan suara gemericik air dari arah air terjun.

Keunikan dari air terjun ini adalah terdapat spot foto alami dengan batu karang kecil yang tertata rapi di latar belakang air terjun. Sangat cantik dan keren jika kamu bisa berfoto di sana. Jangan lupa untuk mengabadikan momenmu saat berada di Kedung Bendo dan membawa pulang kenangan yang tak terlupakan.

Bukit Jangkang

Bukit Jangkang

Bukit Jangkang adalah salah satu destinasi wisata populer di Kulon Progo yang selalu ramai dikunjungi baik pada hari biasa maupun akhir pekan. Dari puncak Bukit Jangkang, pengunjung dapat menikmati keindahan Waduk Sermo yang memukau.

Disarankan untuk datang pada pagi dan sore hari karena keindahan panorama alam terlihat sangat memukau pada waktu tersebut. Fasilitas yang tersedia di Bukit Jangkang juga cukup memadai, di antaranya tempat parkir, warung makan dan minum, gardu pandang, serta tempat duduk.

Lokasi Bukit Jangkang berada di Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tiket masuk ke Bukit Jangkang dihargai sebesar Rp5.000.

Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah adalah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman berwisata dengan udara segar dan asri. Objek wisata ini menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata Kulon Progo 2021 yang wajib dikunjungi. Keindahan alam sekitar yang masih alami dan sunyi, ditambah dengan udara yang sejuk, akan membuat Anda merasa lebih tenang selama berwisata di sini.

Tak hanya itu, pemandangan dari Tebing Gunung Gajah juga sangat indah dan cocok untuk dijadikan latar belakang foto selfie. Jika Anda memiliki waktu luang dan ingin merefresh pikiran, tak ada salahnya untuk mengunjungi Tebing Gunung Gajah yang terletak di daerah Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Puncak Moyeng

Puncak Moyeng

Puncak Moyeng merupakan destinasi wisata di Kulon Progo yang cocok bagi para pencinta camping. Saat berkemah di Puncak Moyeng, Anda dapat menikmati pemandangan gemerlap kota dari ketinggian. Destinasi wisata ini sedang hits di kalangan anak muda Kulon Progo.

Berkemah di Puncak Moyeng pastinya akan memberikan pengalaman yang berbeda untuk Anda, terutama jika Anda berkemah bersama orang-orang terdekat. Pemandangan yang indah dan estetik di sana juga cocok untuk berfoto bersama teman-teman atau keluarga.

Jika Anda tertarik, siapkan perlengkapan camping dan kunjungi Puncak Moyeng yang terletak di daerah Girimulyo, Kulon Progo.

Puncak Kuda Sembrani

Puncak Kuda Sembrani

Bagi Anda yang ingin merasakan dekat dengan alam, Puncak Kuda Sembrani adalah pilihan yang tepat. Destinasi wisata ini menawarkan panorama alam yang eksotis dan beragam spot yang cocok untuk berswafoto.

Puncak Kuda Sembrani juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta fotografi yang ingin menangkap keindahan panorama matahari terbenam. Fasilitas di Puncak Kuda Sembrani juga sudah sangat memadai, antara lain toilet, spot foto, tempat parkir, warung makan dan minum, serta papan informasi.

Puncak Kuda Sembrani terletak di Desa Banjarsari, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Harga tiket masuk ke Puncak Kuda Sembrani bersifat sukarela, sehingga Anda dapat memberikan sumbangan sesuai dengan kemampuan Anda.

Curug Siluwok

Curug Siluwok

Terdapat banyak destinasi wisata alam yang tersembunyi di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Salah satu contohnya adalah Curug Siluwok yang menawarkan pengalaman wisata yang unik.

Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dan meskipun terbilang tinggi, arus airnya tidak terlalu deras sehingga seringkali dijadikan tempat untuk mandi. Di bawah air terjun juga terdapat sebuah kolam atau sungai kecil yang bisa dimanfaatkan untuk berenang. Liburan ke Curug Siluwok pasti seru banget!

Curug Siluwok berlokasi di Desa Keweron, Samigaluh, Kulon Progo dan harga tiket masuk gratis. Jadi tunggu apa lagi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata Kulon Progo yang tersembunyi ini.

Gunung Kukusan

Gunung Kukusan

Gunung Kukusan adalah salah satu puncak di antara rangkaian perbukitan Menorah yang memiliki ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Lokasi gunung ini secara administratif terletak di tiga kabupaten, yaitu Kulon Progo, Magelang, dan Purworejo. Perbukitan ini bersebelahan dengan Kebun Teh Nglinggo yang terletak di Kulon Progo.

Gunung Kukusan sering dianggap sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Yogyakarta. Oleh karena itu, para pencinta sunrise pasti sudah mencantumkan gunung ini dalam daftar kunjungan mereka

Lokasi Gunung Kukusan berada di Depok, Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672. Semoga informasi ini dapat membantu para pencinta alam yang ingin berkunjung ke Gunung Kukusan.

Agro Techno Park

Agro Techno Park

Jogja Agro Techno Park Kulon Progo, atau yang disingkat JATP, merupakan kompleks wisata pendidikan terpadu yang dibangun untuk menjadi sarana edukasi pertanian bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya. Kawasan JATP memiliki fasilitas agribisnis dan agrowisata, yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2018. Lokasi JATP berada di Kalurahan Wijilan, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di dalam area taman JATP, terdapat beragam fasilitas wisata dengan luas area yang cukup besar, disertai dengan berbagai spot foto menarik. Selain itu, terdapat juga replika binatang yang dapat ditemukan di dalam taman, ditemani dengan becak dan sepeda onthel. Patung hewan seperti kambing dan sapi juga dapat ditemukan di dalam taman. Tempat wisata terbaru di Kulon Progo ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh keluarga, terutama anak-anak.

Terdapat ratusan pot tanaman yang ditata dengan desain unik dan menarik di dalam taman, serta patung prajurit Kraton Jogja atau Bregada yang berada di sudut pintu masuk. Semua fasilitas tersebut dapat menjadi sarana belajar dan mengajarkan tentang pertanian dan budaya lokal kepada masyarakat yang berkunjung ke JATP.

Pantai Mlarangan

Pantai Mlarangan

Liburan ke Kulon Progo akan terasa kurang lengkap bila belum mengunjungi pantainya. Meski Pantai Glagah dan Pantai Trisik terkenal, ternyata masih ada pantai lain yang tak kalah indah yaitu Pantai Mlarangan Asri yang berada di Desa Pleret. Pantai ini memiliki pasir hitam yang khas dan garis pantai yang panjang dengan kawasan yang masih sepi.

Pantai ini ditandai dengan banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitarnya, memberikan suasana yang tenang dan cocok untuk orang yang ingin bersantai. Selain itu, pantai ini juga masih alami dan belum banyak bangunan yang berdiri.

Harga tiket masuk ke Pantai Mlarangan Asri adalah gratis, sehingga sangat ramah di kantong bagi pengunjung. Alamat atau lokasi pantai ini berada di Jalan Pangeran Diponegoro, Dusun I, Pleret, Panjatan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, dengan kode pos 55655.

Mahaloka Paradise

Mahaloka Paradise

Mahaloka Paradise merupakan destinasi wisata Kulon Progo yang wajib sobat kunjungi. Kawasan wisata ini sedang menjadi tempat hits dikunjungi karena menawarkan pemandangan yang menakjubkan, yaitu sawah dan barisan perbukitan yang dikelilingi oleh cafe dan restoran dengan beragam menu yang lezat.

Meskipun memiliki nuansa seperti Ubud Bali, Mahaloka Paradise memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh tempat wisata di Bali. Barisan perbukitan Menoreh yang memesona membuat mata pengunjung dimanjakan. Kawasan ini sangat ideal untuk nongkrong dan bersantai di sore hari, terutama saat matahari terbenam. Tempat ini terbuka luas, sehingga cocok untuk menikmati momen sunset yang indah.

Tak perlu khawatir tentang harga tiket masuk, karena harga tiket masuk ke Mahaloka Paradise sangat terjangkau, hanya Rp20.000 saja. Untuk mencapai lokasi ini, kamu bisa mengunjungi Pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55671.

Gunung Kendil Kulon Progo

Gunung Kendil Kulon Progo

Daerah yang terletak di sebelah barat Yogyakarta memiliki pesona ketinggian yang menjadi daya tarik wisata utamanya. Salah satu wisata yang paling populer adalah Gunung Kendil yang terletak di perbatasan Kulon Progo-Magelang. Meskipun hanya memiliki ketinggian 1.019 Mdpl, Gunung Kendil menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Meskipun disebut sebagai gunung, Gunung Kendil lebih mirip sebuah bukit karena ketinggiannya yang tidak terlalu tinggi. Namun demikian, Gunung Kendil masih menjadi salah satu dari rangkaian perbukitan Menoreh yang tertinggi. Lokasinya sangat cocok untuk menikmati momen sunrise atau sunset. Dari puncaknya, pengunjung dapat melihat pemandangan gunung-gunung tinggi di sekitarnya.

Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan pemandangan yang indah, Gunung Kendil adalah destinasi wisata Kulon Progo yang sangat direkomendasikan.

Bendungan Kamijoro

Bendungan Kamijoro

Jika Anda sudah bosan dengan tempat wisata Kulon Progo yang itu-itu saja, maka Anda dapat mencoba mengunjungi Bendungan Kamijoro yang terletak di perbatasan Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul. Bendungan Kamijoro adalah sebuah bendungan yang menahan aliran sungai Progo dan sebagian airnya dialirkan untuk pengairan areal persawahan.

Namun, Bendungan Kamijoro bukanlah bendungan biasa. Di atasnya terdapat sebuah jembatan sepanjang 161 meter dengan lebar 3 meter yang menghubungkan Bantul dan Kulon Progo.

Selain jembatan yang cantik, Taman Bendungan Kamijoro juga bisa menjadi pilihan tempat untuk bersantai, duduk dan menikmati hembusan angin di sekitar bendungan. Taman ini terletak di sisi barat atau masuk wilayah Kulon Progo, dengan latar belakang jembatan dan bendungan yang megah sebagai objek foto yang indah.

Jadi, jika Anda mencari tempat wisata Kulon Progo terbaru dan menarik, Bendungan Kamijoro adalah pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi.

Alun-Alun Wates

Alun-Alun Wates

Kulon Progo dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak objek wisata pantai dan pegunungan yang menarik. Namun, tidak hanya itu, di pusat kota terdapat sebuah tempat yang juga memiliki daya tarik yang patut diperhatikan, yaitu Alun-Alun Wates. Tempat ini merupakan pusat hiburan masyarakat yang berlokasi tepat di pusat kota dan cocok untuk dikunjungi jika Anda ingin bersantai atau berkumpul bersama keluarga.

Alun-Alun Wates menawarkan berbagai daya tarik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Terdapat beragam wahana permainan yang akan memanjakan si kecil dan juga area taman yang asri dan bersih yang sangat cocok untuk bersantai. Di malam hari, area Alun-Alun dipenuhi dengan berbagai kuliner kaki lima yang sangat menggoda selera.

Lokasi Alun-Alun Wates berada di Jalan Bhayangkara, Terbah, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, dengan kode pos 55651. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menemukan tempat ini dan menikmati semua fasilitas yang tersedia tanpa khawatir kebingungan. Selamat berlibur di Kulon Progo!

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo yang sebaiknya dikunjungi. Namun, masih banyak lagi destinasi lain yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang banyak.

Bagikan: