32 Makanan Khas Bali yang Terkenal Paling Enak

admin

Makanan Khas Bali

Temukan makanan khas Bali yang terkenal dan nikmati kelezatannya. Lihat daftar menu dan ulasan restoran untuk pengalaman kuliner terbaik di Bali.

Membahas Bali, tak selalu seputar pantai, villa di sekitar sawah, atau tempat makan yang instagramable. Makanan khas Bali pun sangat ikonik dan selalu menggugah rasa kangen pada siapa pun.

Terlebih, menginap di Bali tak selalu mahal, karena hampir semua makanan khas Bali dapat dicicipi dengan harga terjangkau! Lokasi terbaik untuk menikmati hidangan ini mungkin tak sesuai tren masa kini, namun pasti membuat lidah dan perut Anda senang.

Makanan Khas Bali yang Terkenal

Bali, sebuah pulau kecil yang terkenal akan wisata kuliner dan menjadi surga bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Terdapat banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di Bali, mulai dari bersantai, bermain di pantai, hingga menikmati makanan khas Bali yang terkenal dan lezat.

Dengan berbagai pilihan tempat makan yang tersedia, Bali menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Jika Anda ingin mengetahui jenis-jenis makanan tersebut, berikut adalah 28 rekomendasi makanan khas Bali yang bisa Anda coba:

Ayam Betutu

balanjaindonesia.com

Salah satu makanan khas Bali yang terkenal di kalangan wisatawan adalah Ayam Betutu. Betutu sendiri berasal dari kata Bali, “tutu” yang berarti “bakar” dan “be” yang berarti “daging”. Artinya, Ayam Betutu adalah daging ayam yang dibakar dengan proses khusus yang membuatnya begitu nikmat.

Untuk membuat Ayam Betutu, Anda dapat mengikuti resep yang mudah ditemukan di internet. Yang terpenting adalah bumbu genep atau Base Genep yang terdiri dari kemiri, lengkuas, dan bahan-bahan lainnya.

Jika ingin mencicipi Ayam Betutu yang halal, Anda bisa mengunjungi Warung Ayam Betutu Bu Adi di Jl. Mutiara Gilimanuk yang telah bersertifikat halal. Harga satu porsi Ayam Betutu utuh biasanya sekitar Rp70.000,00 dengan nasi dan lauk sebagai pelengkap.

Sate Lilit

Sate Lilit

Selain Ayam Betutu, hidangan khas Bali yang tidak kalah populer adalah Sate Lilit yang sangat nikmat. Hidangan ini memiliki bentuk yang berbeda dengan sate kebanyakan, yaitu daging yang dicincang dan dililitkan pada batang serai. Bumbu khas Bali yang digunakan juga memberikan rasa yang begitu lezat dan disukai oleh banyak orang.

Sate Lilit tersedia di banyak tempat di Bali, namun perlu diingat bahwa beberapa warung mungkin menggunakan daging babi, sehingga Anda perlu berhati-hati saat mencoba. Salah satu warung Sate Lilit yang nikmat dan halal berlokasi di Denpasar, yaitu Warung Be Paseh.

Harga sate lilit ini bervariasi tergantung tempatnya, mulai dari sekitar Rp4.000,00 per tusuk hingga Rp50.000,00 per porsi.

Babi Guling

Meskipun tidak halal bagi umat Muslim, makanan khas Bali ini menjadi incaran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Dagingnya yang lembut dan disajikan dengan bumbu khas Bali, menjadikan hidangan ini wajib dicicipi bagi para pecinta kuliner.

Nasi Tepeng

Nasi Tepeng

Anda harus mencoba Nasi Tepeng, menu sarapan khas Bali yang wajib dicicipi saat Anda berkunjung ke Bali, terutama di wilayah Gianyar. Ciri khas dari Nasi Tepeng ini adalah teksturnya yang lembut dan rasa gurih pedas yang mirip dengan nasi uduk.

Anda dapat menemukan Nasi Tepeng dengan mudah di pasar tradisional di daerah Gianyar dan sekitarnya, seperti di Pasar Senggol Gianyar. Harganya mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung pada lauk yang dipilih.

Sate Plecing

Sate Plecing

Bumbu plecing memiliki rasa yang khas, terdiri dari campuran tomat, cabai rawit, terasi, garam, dan air jeruk limau. Rasa pedas dan gurih dengan sedikit sentuhan rasa asin menjadi ciri khas dari bumbu plecing.

Tidak hanya disajikan dengan daging ayam, makanan khas Bali ini tetapi juga dapat disajikan dengan daging ikan atau babi. Bagi para penggemar makanan pedas, bumbu plecing ini merupakan sajian yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Bali.

Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur Ayam Bali

Jika Anda merasa kurang kenyang dengan porsi kecil Nasi Jinggo, Nasi Campur Ayam Bali bisa menjadi alternatif yang lebih memuaskan. Nasi Campur Ayam Bali menggunakan ayam sebagai bahan utama lauknya, yang dipadukan dengan berbagai lauk lainnya.

Anda bisa mencoba mencicipi Nasi Campur Ayam di warung Wardani, yang berlokasi di Jalan Yudistira Nomor 2, Denpasar. Warung nasi ini menyajikan makanan khas Bali halal yang lezat dengan harga sekitar Rp12.000,00 hingga Rp35.000,00 tergantung jenis lauk yang dipilih.

Bulung Boni Kuah Pindang

Bulung Boni Kuah Pindang

Bali yang memiliki garis pantai yang panjang menyajikan banyak hidangan lezat yang terbuat dari hasil laut, salah satunya adalah Bulung Buni Kuah Pindang. Makanan khas Bali ini juga dikenal sebagai Rujak Bulung yang terbuat dari rumput laut hijau sebagai bahan utama.

Anda dapat menemukan hidangan Bulung Kuah Pindang ini di sejumlah restoran khas Bali yang tersebar di seluruh daerah, terutama di daerah pesisir. Biasanya, harga Bulung Buni Kuah Pindang ini dijual dengan kisaran harga antara Rp8.500,00 hingga Rp15.000,00 per porsinya.

Tum Ayam Bali

Tum Ayam Bali

Salah satu hidangan ayam yang tak kalah lezat dari Bali adalah Tum Ayam, sebuah masakan pepes ayam khas Bali yang sangat nikmat.

Bagikan: