Candi Prambanan: Sejarah, Harga Tiket & Daya Tarik

admin

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Pelajari sejarahnya, harga tiket, dan daya tariknya di sini.

Candi Prambanan Harga Tiket Masuk : Rp25.000 – Rp85.000. Jam Buka : 06.30 – 17.00 WIB. Nomor Telepon : +62274496405/08112688000.
Alamat: Alamat / Lokasi : Prambanan Temple Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55571.

Candi Prambanan adalah salah satu peninggalan sejarah yang luar biasa di Indonesia. Dikenal juga sebagai Candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan memiliki sejarah yang kaya dan menarik.

Dibangun pada abad ke-9 oleh Kerajaan Mataram Kuno, candi ini menampilkan arsitektur yang megah dan relief yang indah. Candi ini merupakan pusat pemujaan bagi dewa-dewi Hindu, dengan patung-patung yang menggambarkan keindahan seni dan keagungan kepercayaan Hindu.

Seiring berjalannya waktu, Candi Prambanan mengalami kerusakan akibat bencana alam dan perang. Namun, upaya restorasi telah dilakukan untuk menjaga keaslian dan keindahan kompleks candi ini.

Saat ini, Candi Prambanan menjadi salah satu daya tarik wisata utama di Indonesia. Setiap tahun, ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke sini untuk mengagumi keindahan arsitektur, melihat relief yang menggambarkan kisah-kisah epik, dan merasakan aura spiritual yang kuat.

Saat berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan kunjungan ke situs bersejarah Candi Prambanan yang merupakan salah satu situs warisan dunia dan destinasi wisata yang cocok bagi pengunjung yang tertarik dengan sejarah.

Terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, candi Hindu terbesar di Indonesia ini dapat dengan mudah diakses melalui jalan raya Solo-Yogya dengan berbagai pilihan transportasi umum.

Baca: Candi Ratu Boko: Sejarah, Harga Tiket Masuk & Lokasi

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta

Berlibur di Candi Prambanan Yogyakarta tidak akan merogoh kocek terlalu dalam. Bagi para pengunjung, harga tiket masuk ke Candi Prambanan terjangkau.

Dengan harga tiket yang wajar, Anda dapat menjelajahi keindahan candi ini, mengagumi patung-patung yang mengesankan, dan mengenal lebih jauh tentang sejarah dan budaya Hindu di Indonesia.

Selain itu, kompleks candi ini juga menjadi tempat penting untuk upacara keagamaan dan persembahan bagi umat Hindu. Makam-makam yang terdapat di sekitar candi juga menambah nilai historis dan religius Candi Prambanan.

Berikut ini adalah tarif yang diberlakukan oleh TWC (Taman Wisata Candi) sebagai pengelola situs candi Yogyakarta:

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan
Tiket Masuk Dewasa (10 tahun ke atas)Rp50.000
Tiket Masuk Anak (Usia 3-10 tahun)Rp25.000
Tiket Masuk Terusan Prambanan-Borobudur DewasaRp75.000
Tiket Masuk Terusan Prambanan-Borobudur Anak (3-10 Tahun)Rp35.000
Tiket Masuk Terusan Prambanan-Ratu Boko DewasaRp85.000
Tiket Masuk Terusan Prambanan-Ratu Boko Anak (3-10 Tahun)Rp40.000

Informasi syarat dan ketentuan masuk:

  • Wajib mematuhi protokol kesehatan.
  • Setiap hari Senin, kunjungan hanya dapat dilakukan di area halaman II dan area taman wisata.

Jam Buka Candi Prambanan

Setiap hari, taman wisata candi Prambanan dibuka dari pagi hari pukul 06.30 hingga sore hari.

Jam Buka Candi Prambanan
Loket Tiket06.30 – 17.00 WIB
Kunjungan Pelataran Candi07.00 – 17.30 WIB

Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan, sebuah situs warisan dunia yang memukau, merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Menurut prasasti Siwagrha, bangunan Candi Prambanan mulai dibangun pada masa kepemimpinan Rakai Pikatan sekitar abad ke-9 pada Kerajaan Mataram Kuno.

Namun, pada abad ke-10, kerajaan tersebut pindah ke Jawa Timur sehingga candi ini terbengkalai dan tertimbun material letusan Gunung Merapi serta tertutup hutan selama ratusan tahun.

Baru pada tahun 1733, seorang surveyor Belanda bernama C.A. Lons menemukan kembali Candi Prambanan yang telah terbengkalai. Penggalian dilakukan pada tahun 1880-an, tetapi malah memicu penjarahan di situs ini.

Baca: Museum Gunung Merapi: Sejarah, Harga Tiket & Lokasi

Untungnya, UNESCO sebagai badan yang peduli terhadap warisan dunia mulai melakukan pemugaran pada tahun 1902-1903 dan selesai pada tahun 1953. Renovasi candi kemudian diserahkan ke pemerintah Indonesia pada tahun 1993. Pada tahun 1999, Candi Prambanan resmi ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Kompleks Candi Prambanan terdiri dari 240 candi besar dan kecil. Sayangnya, hanya 18 candi yang berhasil dipugar dan sisanya masih berupa tumpukan batu. Di antara ketiga candi utama yang disebut Trimurti, candi Siwa merupakan yang terbesar dengan 5 ruangan di dalamnya.

Di sana, terdapat arca Siwa Mahadewa dengan ketinggian 3 meter serta arca Durga Mahisasuramardini, istri Siwa yang dikenal sebagai Roro Jonggrang dalam legenda Roro Jonggrang.

Bagikan:

Open chat
Hello 👋
Ada yang bisa di bantu?