Pantai Parangtritis: Harga Tiket Masuk, Lokasi & Aktivitas

admin

Pantai Parangtritis

Jelajahi keindahan Wisata Pantai Parangtritis Jogja! Temukan informasi harga tiket masuk, lokasi, dan aktivitas menarik yang bisa kamu nikmati!

Pantai Parangtritis Harga Tiket Masuk : Rp10.000. Jam Buka : 24 Jam. Nomor Telepon : –
Alamat / Lokasi : Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55772.

Tak hanya Kraton Yogyakarta dan Malioboro, Pantai Parangtritis pun menjadi destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Jogja.

Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang memukau dan matahari terbenam yang menakjubkan, tak lupa dengan legenda Nyi Roro Kidul yang menjadi penguasa pantai selatan Jawa.

Dalam cerita rakyat, terdapat larangan menggunakan pakaian berwarna hijau saat berkunjung ke pantai ini. Apakah hal tersebut hanya mitos atau memang benar adanya? Yuk, mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

Tak hanya itu, kita juga akan diajak untuk menikmati keindahan alam di Pantai Parangtritis serta mencoba berbagai aktivitas seru di sana. Jangan sampai ketinggalan momen liburan yang tak terlupakan di destinasi wisata yang satu ini!

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Untuk mengunjungi kawasan pantai yang populer di Yogyakarta, pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga tiket masuknya relatif terjangkau dan memberikan akses ke semua objek wisata, seperti Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Gumuk Pasir, dan sebagainya. Jadi, liburan di pantai tidak perlu membuat kantong bolong.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis
Tiket Masuk Senin – MingguRp10.000

Jam Buka

Sama seperti kebanyakan destinasi wisata alam lainnya, pantai ini buka selama 24 jam. Bahkan, para pengunjung bisa datang pada malam hari untuk menikmati keindahan pantai saat matahari telah terbenam. Ini menjadi pengalaman yang menarik bagi mereka yang ingin menikmati keindahan pantai dalam suasana yang berbeda.

Waktu Operasional
Senin – Minggu24 jam

Aktivitas Dan Wahana Di Pantai Parangtritis

Kawasan Pantai Parangtritis merupakan destinasi wisata yang paling diminati dibandingkan objek wisata lainnya di sekitarnya. Terutama pada musim liburan, jumlah pengunjung bisa mencapai sekitar 94 ribu orang per hari, dengan mayoritas dari luar daerah Yogyakarta.

Di sepanjang pantai, terdapat berbagai fasilitas wisata, olahraga pantai, dan spot menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Selain kolam renang dan pemandian air hangat, tersedia juga penyewaan payung. Selain itu, tersedia juga wahana seperti ATV, motor trail, jip wisata, paralayang, dan jasa sewa kuda yang menarik bagi para pengunjung yang ingin mencoba berbagai aktivitas di pantai tersebut.

Menikmati Pemandangan Pantai

Menikmati Pemandangan Pantai

Keunikan panorama Pantai Parangtritis terletak pada keberadaan gunung-gunung pasir di sekitarnya yang sering disebut sebagai ‘gumuk’. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar karena langsung menghadap Samudera Hindia.

Saat cuaca cerah di siang hari, wisatawan disarankan untuk memakai topi dan kacamata untuk mengatasi cahaya yang terlalu terang. Untuk tempat berteduh dan bersantai, tersedia payung-payung besar berwarna-warni yang tersusun rapi. Dari tempat ini, wisatawan bisa menikmati panorama laut Parangtritis yang berwarna biru.

Bermain Air

Bermain Air

Bibir pantai dipadati oleh para wisatawan baik dewasa maupun anak-anak yang bermain air. Mereka dapat bermain dengan pasir pantai maupun berkejaran dengan ombak yang datang menghampiri. Namun, wisatawan, khususnya anak-anak, harus tetap diawasi karena ombak yang cukup besar.

Ketika cuaca dingin dan angin bertiup kencang, wisatawan harus waspada terhadap keberadaan ubur-ubur. Ubur-ubur tersebut biasanya mendekati bibir pantai dan sengatannya dapat menyebabkan rasa panas dan nyeri. Jika terkena sengatan, wisatawan dapat menggunakan minyak atau salep untuk meredakan rasa panas serta beristirahat sejenak.

Berkuda

Berkuda

Bagi wisatawan yang ingin menikmati tepian laut yang berpasir tanpa lelah, dapat menggunakan jasa sewa kuda. Dengan menunggangi hewan perkasa ini, mereka dapat berkeliling pantai dan menikmati waktu yang menyenangkan di Pantai Parangtritis. Pemilik jasa sewa kuda juga turut mengiringi wisatawan dalam memacu kuda.

Pemandian

Parangwedang

Agar keselamatan wisatawan terjaga, disarankan untuk tidak berenang di sekitar pantai Parangtritis yang memiliki ombak besar. Namun, bagi wisatawan yang ingin berenang, tersedia fasilitas pemandian umum yang aman dan nyaman bernama Parangwedang. Air pemandian ini konon mengandung belerang dan dipercaya memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

ATV

ATV

Wisata di Pantai Parangtritis semakin beragam dengan tersedianya wahana ATV yang bisa digunakan untuk menjelajahi kawasan pantai. Kendaraan ATV ini bisa menampung dua orang penumpang sekaligus, dan sangat cocok untuk dikendarai melewati gundukan pasir di bibir pantai yang menawan.

Surfing

Surfing

Saat musim kemarau tiba, ombak di Pantai Parangtritis makin deras dan dapat mencapai ketinggian tiga meter. Karakter ombak di sini berbeda dengan pantai lain karena cocok bagi peselancar yang ingin berselancar sejak pagi hingga sore. Ombak besar memungkinkan peselancar melakukan manuver-manuver saat menaklukkan ombak.

Pantai Parangtritis sering menjadi lokasi kompetisi selancar tingkat nasional dengan tujuan mengenalkan pantai ini sebagai salah satu spot surfing di Indonesia. Sejak tahun 2012, pantai ini juga menjadi area latihan bagi para peselancar secara teratur.

Kompetisi ini telah membantu mengatur aktivitas selancar di pantai dan membuat wisatawan semakin tertarik untuk mengunjungi Pantai Parangtritis.

Paralayang

Paralayang

Wahana yang satu ini akan menghadirkan pengalaman tak terlupakan bagi para pecinta tantangan. Terbang bebas menggunakan paralayang dari atas bukit di tepi Pantai Parangtritis, wisatawan akan merasakan sensasi melayang di udara. Dari ketinggian di atas air laut, mereka dapat menikmati panorama birunya laut sambil merasakan hembusan angin di wajah.

Naik Kereta Kuda

Naik Kereta Kuda

Delman atau dokar merupakan kendaraan yang memiliki ciri khas khusus di daerah Yogyakarta. Di kawasan wisata Pantai Parangtritis, wisatawan dapat menikmati pengalaman unik dengan menggunakan kendaraan tradisional ini. Sambil menikmati keindahan panorama yang ada, semilir angin pun semakin terasa ketika berada di atas delman yang melaju di sepanjang pantai.

Bagikan: