Pantai Pandawa: Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket Masuk

admin

Pantai Pandawa

Nikmati keindahan Pantai Pandawa yang pupuler dengan Upacara Melasti. Temukan daya tarik, lokasi, aktivitas serta harga tiket masuk di sini.

Pantai Pandawa Harga Tiket Masuk : Rp4.000-Rp8.000. Jam Buka : 07.00 – 18.00 WITA. Nomor Telepon : 0811-3800-0402.
Alamat / Lokasi : Jl. Pantai Pandawa, Kutuh, Kuta Selatan, Badung, Bali, Indonesia, 80361.

Pantai Pandawa di Kabupaten Badung, Bali, merupakan destinasi wisata terkenal yang menawarkan pemandangan tebing-tebing yang menakjubkan, pasir putih, dan air kehijauan yang indah.

Meskipun pantai ini telah menjadi objek wisata baru sejak 27 Desember 2012, sebelumnya dikenal sebagai secret beach karena lokasinya yang tersembunyi di balik perbukitan. Jalur menuju pantai ini sangat unik dan menakjubkan karena terletak di antara tebing-tebing kapur yang megah.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Pandawa, akan dikenakan biaya tiket masuk sebagai syarat untuk masuk ke kawasan wisata pantai ini. Harga tiket masuk tersebut terbilang terjangkau dan berlaku untuk semua pengunjung baik dewasa maupun anak-anak.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa
Tiket Masuk Dewasa DomestikRp8.000
Tiket Masuk Anak DomestikRp4.000

Jam Buka Pantai Pandawa

Pantai Pandawa dapat dikunjungi setiap hari, mulai dari pagi hingga sore hari. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah saat pagi atau menjelang sore karena cuaca yang tidak terlalu panas dan lebih nyaman untuk menikmati keindahan pantai ini.

Jam Operasional
Senin – MingguPk. 07.00 – 18.00 WITA

Daya Tarik Pantai Pandawa

Pantai Pandawa telah menjadi salah satu destinasi wisata populer sejak 2011, ketika Desa Kutuh berhasil meraih peringkat kedua dalam Lomba Desa Nasional. Karena popularitasnya, pantai ini selalu ramai dengan kedatangan sekitar lima ribu wisatawan lokal dan 500-600 wisatawan mancanegara setiap harinya. Pada musim liburan, jumlah wisatawan yang mengunjungi pantai selama tiga kilometer ini bahkan bisa mencapai 20.000 orang.

Daya tarik utama Pantai Pandawa terletak pada tebing karst yang menjulang tinggi, Goa Pandawa, dan pasir putih yang menawan. Ketika memasuki kawasan pantai, para wisatawan akan melewati deretan patung Pandawa yang menjadi daya tarik tersendiri. Bagi pecinta surfing, para wisatawan dapat terus melanjutkan perjalanan ke ujung jalan.

Untuk mencapai lokasi utama wisata, para wisatawan dapat berbelok setengah lingkaran ke arah kanan. Di lokasi tersebut, wisatawan dapat menikmati berbagai kegiatan, seperti bermain kano, paragliding, mengunjungi pertanian rumput laut, dan melaksanakan wisata spiritual ke Pura.

Pesona Pantai Di Balik Tebing Karst

Pesona Pantai Di Balik Tebing Karst

Keunikan Pantai Pandawa terletak pada akses jalan yang membelah bukit kapur. Jalan beraspal yang memanjang di antara tebing kapur menjulang tinggi memberikan pemandangan yang spektakuler bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai ini. Semak belukar yang berada di sisi kiri dan kanan jalan menambah kesan alami pada tebing kapur yang menjulang tinggi.

Saat mengikuti jalan yang melewati tebing kapur, pengunjung akan disambut oleh pemandangan laut yang luas dan indah. Air laut yang jernih berpadu dengan pasir putih yang membentang di sepanjang garis pantai memberikan pemandangan yang menakjubkan dan memukau.

Sebelum sampai di pantai, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah pantai dari ketinggian. Di atas tebing kapur terdapat tulisan besar yang mengajak pengunjung untuk berfoto, yang pastinya menjadi spot foto yang menarik.

Terdapat juga area parkir yang luas bagi pengunjung yang ingin berfoto-foto dan menikmati keindahan alam yang ada di sekitar Pantai Pandawa.

Patung Pandawa

Patung Pandawa

Salah satu daya tarik utama Pantai Pandawa adalah adanya patung-patung Pandawa yang terletak di dalam gua di tebing yang terpapas. Patung-patung tersebut merupakan hasil pahatan dari pematung asli Bali dan menjadi bagian penting dari keindahan pantai ini. Setelah melewati dua tebing besar yang khas dan ikonik dari Pantai Pandawa, pengunjung akan langsung disambut oleh patung-patung tersebut.

Nama Pantai Pandawa diambil dari cerita pewayangan Mahabarata yang menceritakan kisah lima bersaudara Putra Pandu. Patung-patung raksasa dari para Pandawa dan Ibu Kunti terpahat di Bukit Kapur dengan jarak berjarak sekitar lima meter di tebing. Patung-patung tersebut terdiri dari para kesatria yaitu Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, Sahadewa dan ibu mereka, Dewi Kunti.

Di lokasi yang teratas, terdapat patung Dewi Kunti yang merupakan ibu dari kelima Pandawa. Kemudian secara berurutan, berdiri patung Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sahadewa. Masing-masing patung tersebut menghadap ke arah pantai dan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung yang berkunjung ke Pantai Pandawa.

Pesona Pantai Berpasir Putih

Pesona Pantai Berpasir Putih

Keindahan pasir putih Pantai Pandawa dapat dinikmati dari ujung barat hingga timur. Airnya yang jernih dan bersih, serta deburan ombak yang mengalun jauh ke tengah laut, memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung. Warna lautnya yang hijau kebiruan sempurna berpadu dengan pasir pantai yang halus, menciptakan pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Kutuh atau Pantai Melasti oleh warga lokal. Namun, pantai ini lebih terkenal dengan sebutan `Secret Beach’ karena diibaratkan sebagai surga tersembunyi di balik tebing-tebing. Berbagai keindahan alam seperti tebing kapur, pasir putih yang indah, dan air laut yang jernih, harmonis berpadu di pantai yang tidak terlalu ramai wisatawan ini.

Pengunjung yang berkunjung ke Pantai Pandawa akan merasa seperti menemukan surga tersembunyi karena keindahan dan ketenangan yang ditawarkan. Pemandangan yang spektakuler, suasana yang damai, dan kesunyian yang menenangkan akan memikat hati para pengunjung yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Matahari Terbit Dan Terbenam

Sunset Pantai Pandawa

Pantai Pandawa menawarkan keindahan yang alami dan terawat sepanjang hari, dan para wisatawan dapat menikmati keindahan pantainya pada berbagai waktu, baik pagi, siang maupun sore hari.

Terletak di sisi timur Bali, pantai ini memiliki posisi yang sangat strategis untuk menyaksikan matahari terbit. Banyak orang datang ke sini untuk menyaksikan keindahan sunrise yang spektakuler, dan Pantai Pandawa dikenal sebagai salah satu tempat terbaik di Bali untuk menikmati momen tersebut.

Sementara itu, bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana kesejukan pantai, dapat datang pada saat sore hari. Terutama saat matahari mulai terbenam, Pantai Pandawa akan menampilkan keindahan sunset yang memukau. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan indah ini sambil menikmati kesejukan pantai yang menenangkan, sehingga membuat pengalaman wisata mereka semakin tak terlupakan.

Bagikan: