Goa Pindul: Harga Tiket, Lokasi & Aktivitas Wisata

admin

Goa Pindul

Explore keindahan Goa Pindul dengan harga tiket terjangkau. Temukan lokasi dan aktivitas wisata yang menarik di sini. Dapatkan pengalaman tak terlupakan!

Goa Pindul Jogja Harga Tiket Masuk : Rp 30.000 – Rp 450.000. Jam Buka : 07.00 – 16.30 WIB. Nomor Telepon : 0822-2515-2172.
Alamat / Lokasi : Gelaran2, RT.03/RW.16, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55891.

Yogyakarta memang memiliki banyak daya tarik alam yang menawarkan pengalaman petualangan. Salah satunya adalah wisata Goa Pindul di Jogjakarta, sebuah gua purba yang memungkinkan para wisatawan untuk menjelajahi sungai yang mengalir di dalam gua.

Terdapat beragam aktivitas wisata yang dapat dilakukan di gua ini yang terletak di Gunung Kidul. Meskipun aktivitas utamanya adalah cave tubing, namun ada banyak kegiatan menarik lainnya di sekitar gua yang patut dicoba.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja

Harga tiket retribusi untuk masuk ke kawasan wisata ini cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar belasan ribu rupiah untuk memasuki kawasan gua. Harga tiket bisa berbeda tergantung pada aktivitas yang dipilih.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja
Tiket Masuk Goa PindulRp40.000
Tiket Masuk River Tubing OyoRp50.000
Tiket Masuk Goa CristalRp30.000
Tiket Masuk Goa TandingRp150.000
Tiket Masuk Wisata Off RoadRp450.000

Jam Buka Goa Pindul Jogjakarta

Para wisatawan dapat datang dan menikmati berbagai aktivitas di gua ini mulai dari pagi hingga sore hari. Kawasan gua ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 – 16.30 WIB

Sekilas Tentang Goa Pindul Gunung Kidul

Sekilas Tentang Goa Pindul Gunung Kidul

Goa Pindul pertama kali dikenal sebagai destinasi wisata pada sekitar tahun 2010, tepatnya pada tanggal cantik 10 Oktober 2010. Lokasinya berada di perbukitan karst Desa Bejiharjo, Gunung Kidul yang dikelilingi oleh batuan kapur dan pepohonan hijau.

Menurut legenda dan cerita rakyat yang beredar, penamaan Goa ini berkaitan dengan cerita pengelanaan Joko Singlulung mencari ayahnya. Saat masuk ke salah satu goa yang gelap, pipi Joko Singlulung terantuk batu sehingga goa tersebut dinamakan Goa Pindul.

Pindul sendiri merupakan singkatan dari “pipi gebendul” atau pipi yang terantuk seperti dalam cerita Joko Singlulung yang terantuk saat masuk ke dalam goa. Meskipun begitu, Goa ini memiliki keindahan yang patut diacungi jempol.

Keunikan dari Goa Pindul terletak pada keberadaan sungai bawah tanah yang mengalir di dalam area gua dari ujung ke ujung. Sungai ini memiliki panjang sekitar 350 meter dengan kedalaman berkisar antara 5 hingga 12 meter dan lebar gua mencapai 5 meter.

Meskipun atap goa dengan permukaan air sungai hanya berjarak 4 meter, jarak ini sudah cukup aman untuk Anda bergerak leluasa. Aliran sungai yang ada di Goa ini dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai wahana permainan baru yang disebut cave tubing.

Aktivitas Wisata Goa Pindul

Para wisatawan yang berkunjung ke Goa Pindul dapat menikmati berbagai aktivitas wisata. Mulai dari menjelajahi gua, cave tubing, melihat stalaktit dan stalagmit, hingga menikmati keindahan gua. Berikut adalah beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan di sini.

Cave Tubing Di Goa Pindul

Cave Tubing Di Goa Pindul

Goa Pindul terdiri dari 3 zona, yaitu zona terang, remang, dan gelap. Di zona terang, para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang dan bahkan lompat indah. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat ikan yang berukuran besar di zona ini.

Salah satu aktivitas yang paling populer di Goa Pindul adalah cave tubing, yang melibatkan penelusuran ketiga zona tersebut. Waktu tempuh untuk melakukan cave tubing ini sekitar 45 menit. Aktivitas ini mirip dengan arung jeram atau rafting, karena keduanya melibatkan penelusuran sungai.

Namun, dalam cave tubing, para pengunjung menggunakan ban dalam sebagai pengganti perahu. Karena air yang tenang di dalam gua, cave tubing dapat dinikmati oleh siapa saja, termasuk pemula.

River Tubing Di Kali Oyo

River Tubing Di Kali Oyo

Setelah menikmati aktivitas cave tubing, para pengunjung dapat melanjutkan petualangan dengan menelusuri Kali Oyo yang mengalir di sekitar area gua. Sungai yang memiliki panjang sekitar 1.500 meter ini juga dapat ditempuh dengan menggunakan ban dalam seperti pada cave tubing sebelumnya.

Keindahan Kali Oyo terletak pada tebing-tebing yang menjulang di sepanjang aliran sungai. Walaupun kedalaman sungai mencapai antara 7-11 meter, pengunjung tidak perlu khawatir karena akan dilengkapi dengan peralatan rompi pelampung dan didampingi oleh seorang pemandu yang berpengalaman.

Aktivitas menelusuri Kali Oyo ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dan memukau bagi para pengunjung yang menyukai petualangan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan sungai ini dan mengisi liburan Anda dengan aktivitas yang seru dan menantang.

Stalaktit Dan Stalagmit Yang Unik

Stalaktit Dan Stalagmit Yang Unik

Stalagtit dan stalagmit selalu menjadi daya tarik di tempat-tempat wisata alam, terutama di gua. Batuan-batuan ini terbentuk secara alami dan memiliki keunikan yang tak tertandingi. Namun, di gua ini, stalagtit dan stalagmit tidak terpisah, melainkan menyatu membentuk sebuah pilar besar yang selebar lima rentangan tangan orang dewasa.

Ukuran yang tak lazim tersebut menjadikan stalagtit dan stalagmit ini menjadi yang terbesar di dunia. Terletak di tengah-tengah gua, stalagmit dan stalagtit ini juga dikenal sebagai tiang gua. Hanya ada cukup ruang untuk satu orang untuk melewati celah di antara stalagtit dan stalagmit ini.

Keindahan area wisata ini semakin terlihat dengan adanya ornamen di dinding gua yang menyerupai mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai. Hiasan tersebut semakin terlihat menawan dengan adanya kelompok kelelawar yang bergelantungan di lorong dengan mata kristal yang memukau.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi gua yang menakjubkan ini dan menyaksikan keindahan stalagtit dan stalagmit yang menyatu membentuk tiang gua terbesar di dunia.

Bagikan:

Leave a Comment