Pantai Sundak: Harga Tiket Masuk, Daya Tarik & Lokasi

admin

Pantai Sundak

Temukan informasi terbaru tentang Pantai Sundak, termasuk harga tiket masuk, daya tarik, dan lokasinya di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Sundak Harga Tiket Masuk : Rp5.000. Jam Buka : 24 Jam. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Jl. Pantai Sundak, Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Kota Yogyakarta atau Jogja memang tak bisa dipungkiri menjadi salah satu kota yang memiliki banyak keistimewaan. Tak hanya budaya dan kuliner, tempat wisata di Jogja juga sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Sundak yang terletak di Kecamatan Tepus.

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang layak dipertimbangkan untuk dikunjungi. Selain keindahan pantainya yang memukau, Pantai Sundak juga menawarkan pesona alam yang eksotis. Bagi wisatawan yang mencari ketenangan, pantai ini adalah pilihan yang tepat untuk menikmati suasana alam yang tenang dan menenangkan.

Meski belum sepopuler pantai Gunung Kidul, Pantai Sundak tetap berhasil menarik perhatian wisatawan. Terbukti dari semakin ramainya kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar kota Jogja. Selain itu, fasilitas di sekitar pantai juga semakin berkembang sehingga semakin memudahkan para wisatawan dalam menikmati keindahan Pantai Sundak.

Tak hanya Pantai Sundak, Pantai Krakal juga merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang populer di Jogja. Meski sama-sama terletak di wilayah Gunung Kidul, Pantai Krakal memiliki daya tarik yang berbeda dengan Pantai Sundak.

Tertarik untuk menjelajahi keindahan pantai di Jogja? Jangan lewatkan Pantai Sundak yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis dan suasana yang tenang. Nikmati keindahan pasir putihnya dan air laut yang jernih. Tak hanya itu, masih banyak daya tarik lainnya yang bisa kamu temukan di Pantai Sundak.

Harga Tiket Masuk Pantai Sundak

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Pantai Sundak, tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk yang mahal. Harga tiket masuk ke kawasan wisata pantai ini sangatlah terjangkau. Selain itu, pengunjung yang membawa kendaraan juga diwajibkan untuk membayar biaya parkir.

Untuk pengunjung yang ingin merasakan pengalaman snorkeling, tersedia juga sewa alat snorkeling dengan harga yang terjangkau. Selain itu, tersedia juga gazebo yang bisa disewa untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Berikut adalah detail informasi tentang harga tiket masuk dan biaya-biaya lainnya yang bisa menjadi rujukan untuk Anda:

Harga Tiket Masuk
Retribusi MasukRp5.000
Tarif Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000
Sewa GazeboRp10.000,00 – Rp20.000,00

Dengan harga yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati keindahan alam Pantai Sundak tanpa perlu khawatir mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Selain itu, dengan adanya fasilitas sewa alat snorkeling dan gazebo, pengunjung dapat menikmati liburan mereka dengan lebih nyaman dan menyenangkan.

Jam Buka Pantai

Pantai Sundak merupakan objek wisata yang buka sepanjang hari untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam pantai ini. Namun, untuk mendapatkan pengalaman yang lebih optimal, disarankan bagi pengunjung untuk datang antara pagi hingga sore hari.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, tersedia opsi untuk mendirikan tenda di tepi pantai. Namun, sebelum mendirikan tenda, pengunjung diwajibkan untuk memperoleh izin dari pengelola objek wisata terlebih dahulu.

Dengan adanya opsi untuk menginap di tepi pantai, pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Sundak lebih lama dan lebih dekat dengan alam. Namun, pengunjung juga diharapkan untuk mematuhi aturan yang berlaku serta menjaga kebersihan dan kelestarian alam Pantai Sundak.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Asal Usul Pantai Sundak

Asal Usul Pantai Sundak

Pantai Sundak merupakan salah satu tempat wisata pantai yang paling indah di Indonesia. Terletak di wilayah Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, pantai ini menawarkan panorama alam pantai yang eksotis dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

Selain keindahan alamnya, Pantai Sundak juga memiliki asal usul yang sangat menarik. Konon, nama Sundak berasal dari kisah perkelahian antara seekor anjing dan seekor landak.

Cerita ini bermula dari kejadian ketika seorang anjing bertemu dengan landak di sebuah goa yang terletak dekat dengan pantai. Anjing tersebut merasa sangat lapar dan berniat untuk memakan landak tersebut. Namun, landak tidak gentar dan mencoba mempertahankan diri dengan cara melawan.

Sayangnya, usaha landak untuk melawan anjing tersebut tidak berhasil dan anjing berhasil memakan sebagian tubuh landak. Dari kisah tersebut, masyarakat sekitar memberi nama pantai tersebut dengan nama Sundak, yang merupakan perpaduan dari kata “asu” yang artinya anjing dan “landak”.

Meskipun memiliki asal usul yang unik dan menarik, Pantai Sundak juga terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis. Selain itu, pantai ini juga menyediakan berbagai macam aktivitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, seperti snorkeling, berjemur di atas pasir putih yang lembut, bermain air di laut yang jernih, dan masih banyak lagi.

Daya Tarik Pantai Sundak

Setibanya di Pantai Sundak, pengunjung akan disambut dengan berbagai daya tarik dan aktivitas yang dapat dinikmati. Berikut ini adalah beberapa daya tarik dan aktivitas yang dapat Anda temukan di Pantai Sundak:

Menikmati Eksotisme Pantai

Menikmati Eksotisme Pantai

Pantai Sundak menawarkan banyak cara untuk menikmati suasana pantai yang asri dan bersih. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan duduk di gazebo yang sudah tersedia sambil menikmati deburan ombak dan angin pantai yang lembut.

Alternatif lainnya adalah menikmati panorama pantai ala anak indie, dengan hanya duduk di bawah pohon di tepi pantai dan merasakan kehangatan dan kehalusan pasir pantai. Anda dapat merasakan guncangan lembut dari deburan ombak di kaki Anda yang telanjang.

Namun, terdapat himbauan untuk tidak berenang di area pantai karena perairan yang penuh dengan batu karang yang tajam. Sebagai gantinya, pengunjung dapat bermain pasir sepuas hati dan mengajak anak-anak untuk bermain bersama dan merasakan keseruan bersama-sama.

Dengan menikmati keindahan Pantai Sundak, pengunjung akan mendapatkan momen liburan akhir pekan yang indah dan tak terlupakan di tempat wisata Jogja yang terjangkau.

Berburu Spot Foto

Berburu Spot Foto

Ada banyak spot foto yang dapat Anda temukan di sini. Anda dapat mengambil foto selfie atau berpose dengan teman, keluarga, atau pasangan Anda di spot foto yang menarik dan indah.

Berbeda dengan Pantai Wediombo yang ramai, suasana di Pantai Sundak cukup sepi dan tenang. Anda dapat dengan leluasa untuk berpose atau berekspresi sesuka hati tanpa terganggu oleh pengunjung lain.

Dengan suasana yang tenang dan sepi, hasil jepretan Anda pun akan terlihat lebih bagus dan optimal. Anda akan merasakan sensasi seperti sedang berkunjung ke pantai pribadi yang eksklusif dan hanya untuk Anda sendiri. Pastinya momen ini akan menjadi kenangan yang indah dan tak terlupakan.

Menikmati Kuliner

Apakah Anda pencinta kuliner? Nikmati pengalaman kuliner terbaik dengan mencoba berbagai hidangan seafood yang segar dan lezat di sini.

Menu hidangan seafood yang tersedia di sini sangat beragam. Anda dapat mencicipi hidangan bakar atau hidangan bumbu Nusantara. Selain itu, tersedia pula aneka jenis sayuran segar seperti kangkung dan tauge.

Sambal yang tersedia juga sangat beragam, mulai dari sambal kecap, sambal bawang, sambal ijo, sambal matah, dan lain sebagainya.

Anda tidak akan menemukan banyak warung makan khas Jogja seperti Gudeg atau hidangan Jogja terkenal lainnya di sini. Namun, hidangan seafood yang segar dan lezat yang tersedia pasti akan memanjakan lidah Anda.

Goa Air Tawar

Goa Air Tawar di pantai ini menjadi daya tarik utama dan simbol dari objek wisata ini. Goa ini menyimpan sejarah dan legenda asal-usul pantai yang menarik untuk dijelajahi.

Goa ini berada di tepi pantai dengan ketinggian hanya dua meter saja. Di dalam goa, terdapat sumur air tawar yang menjadi keunikan tersendiri, mengingat lokasinya yang berdekatan dengan laut.

Sumur air tawar di goa ini sangat berharga bagi penduduk sekitar, karena menjadi salah satu sumber penghidupan mereka. Tak heran jika terlihat banyak instalasi pipa air yang mengalirkan air tawar dari sumur ke rumah-rumah penduduk di sekitar pantai.

Snorkeling

Snorkeling

Pantai-pantai di Gunung Kidul kebanyakan masih mempertahankan keasliannya dan menjaga kelestarian biota lautnya dengan baik. Tak terkecuali kebersihan perairannya yang terjaga dengan baik. Air di pantai-pantainya terlihat jernih dan sangat cocok untuk snorkeling.

Pantai ini dan juga Pantai Sadranan, yang merupakan tempat wisata terdekat, sangat ideal untuk kegiatan snorkeling karena ombaknya yang tenang. Anda tidak perlu membawa perlengkapan snorkeling sendiri karena di sini tersedia fasilitas penyewaan perlengkapan snorkeling.

Staycation

Staycation

Sehari saja tidak cukup untuk menikmati seluruh keindahan yang ada di sini. Sebaiknya, bermalamlah di dekat pantai agar dapat melanjutkan liburan pada hari berikutnya. Terdapat beberapa rekomendasi penginapan di sekitar pantai yang dapat Anda pilih.

Penginapan-penginapan di sini biasanya berupa hotel-hotel kecil yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Beberapa di antaranya bahkan menyediakan toko merchandise yang menjual berbagai souvenir atau merchandise khas Jogja yang dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Selain menginap di hotel, alternatif lainnya adalah bermalam dengan berkemah di bawah langit terbuka. Walaupun tidak se nyaman menginap di kamar hotel, Anda dapat menikmati keindahan langit malam yang dihiasi bintang-bintang.

Fasilitas

Liburan di pantai ini semakin nyaman karena tersedia fasilitas yang lengkap dan memadai. Salah satunya adalah area parkir yang luas yang bisa menampung banyak kendaraan seperti sepeda motor, mobil, minibus, dan bus pariwisata.

Area parkir ini biasanya ramai pada hari Sabtu karena banyak bus pariwisata yang parkir di sana untuk mengantar rombongan wisatawan. Mereka seringkali menyewa bus dari paket sewa medium bus Yogyakarta terbaik.

Selain area parkir, pantai ini juga menyediakan fasilitas gratis seperti mushola dan toilet umum. Ada juga gazebo yang bisa disewa dan pusat penyewaan alat snorkeling untuk para pengunjung yang ingin mencoba snorkeling.

Jangan lewatkan juga pusat kuliner seafood yang ramai di pantai ini. Tempat ini menjadi pusat kuliner terdekat ketika berkunjung ke Gunung Kidul dan pantainya.

Untuk menginap, tersedia beberapa penginapan kecil yang nyaman dan lengkap dengan fasilitas. Beberapa penginapan bahkan memiliki toko merchandise yang menjual souvenir khas Jogja yang terkenal. Selain itu, Anda juga bisa mencoba bermalam dengan beratapkan langit alias camping dan menikmati keindahan langit malam yang bertabur bintang.

Rute dan Lokasi Pantai Sundak

Lokasi Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

Anda dapat mengikuti rute ke Kota Wonosari atau Imogiri untuk menuju pantai ini. Contohnya, lewat Jalan Wonosari dan melalui pusat kota Wonosari. Di kota ini, Anda dapat menemukan banyak petunjuk arah ke tempat-tempat wisata Gunung Kidul yang terkenal.

Untuk sampai di pantai ini, pilih jalur yang menuju Pantai Baron dan Krakal. Ikuti jalan tersebut ke arah Timur hingga akhirnya tiba di Pantai Sundak.

Bagikan:

Open chat
Hello 👋
Ada yang bisa di bantu?