50 Wisata Kuliner Jogja Legendaris & Terhits Buka Malam Hari

admin

Wisata Kuliner Jogja

Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu

Ketika kamu berkunjung ke Jogja, rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi gudeg legendaris yang terkenal di sana. Sebab, Jogja memang terkenal dengan hidangan gudegnya yang tak bisa dipisahkan seperti halnya nasi padang dengan kota Padang.

Makanan khas Jogja ini memiliki sejarah yang lebih tua dari kota Jogja itu sendiri. Pada abad ke-16, prajurit Kerajaan Mataram sedang membuka lahan untuk membangun peradaban dan menemukan hutan yang dipenuhi dengan pohon nangka dan kelapa. Saat itu mereka berusaha memasaknya dalam kuali-kuali besar untuk ratusan pasukan.

Dari pengolahan bahan makanan tersebut, proses pengadukannya menjadi hal yang paling khas dan menjadikan makanan tersebut dikenal dengan nama “gudeg” yang berasal dari kata “hangudek” yang berarti mengaduk.

Gudeg Mbah Lindu menjadi salah satu warung kuliner legendaris di Jogja karena penemunya, Mbah Lindu, telah berjualan sejak zaman penjajahan Belanda. Mbah Lindu dengan tekun membuat gudeg untuk warga Jogja sejak usia 13 tahun hingga akhir hayatnya pada Juli 2020.

Resep gudeg buatan Mbah Lindu mampu meng-capture rasa gudeg yang asli dengan sempurna. Gudeg Mbah Lindu disajikan dengan nasi dan gudeg basah (atau dikenal sebagai “nyemek”), dilengkapi dengan krecek dan opor.

Rasa manis dan gurih dari gudeg bersantan yang harmonis dengan rasa pedas dari krecek dan cabe rawit benar-benar dapat memanjakan lidahmu. Dengan rasa yang lezat ini, kamu pasti tidak akan menyesal mencicipi gudeg di Jogja.

Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu merupakan salah satu wisata kuliner Jogja murah recommended yang menawarkan suasana yang unik dengan konsep tradisional Jawa. Restoran ini memiliki bangunan bergaya joglo yang cukup besar dan luas sehingga dapat menampung banyak pengunjung. Selain itu, dekorasi interior juga dipenuhi dengan ornamen-ornamen tradisional yang memperkaya nuansa tradisionalnya.

Menu andalan di Joglo Pari Sewu adalah berbagai jenis makanan tradisional Jawa seperti nasi gudeg, sate klathak, dan soto triwindu. Semua makanan disajikan dengan porsi yang cukup besar dan harga yang terjangkau.

Selain itu, restoran ini juga menyediakan tempat duduk yang nyaman di area taman, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana alam yang hijau sambil menikmati hidangan yang lezat.

Jika Anda ingin mencari pengalaman kuliner yang berbeda dan merasakan budaya lokal, maka tempat ini sangat cocok untuk Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Joglo Pari Sewu ketika berkunjung ke Jogja dan menikmati hidangan tradisional Jawa yang otentik dengan suasana yang unik dan menarik.

Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum adalah salah satu kuliner murah dan lezat yang bisa kamu temukan di Jogja. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menikmati ayam geprek dengan pedasnya yang khas. Ayam Geprek Bu Rum terkenal dengan tekstur ayamnya yang empuk dan renyah, serta saus pedas yang menggoda selera. Lokasinya pun mudah dijangkau, berada di Jalan Kusumanegara No.9, Gondokusuman, Yogyakarta.

Tidak hanya lezat, Ayam Geprek Bu Rum juga menyajikan variasi menu yang menarik seperti ayam geprek cheese dan ayam geprek mantep. Selain itu, pelayanan yang ramah dan harga yang terjangkau membuat Ayam Geprek Bu Rum menjadi salah satu pilihan wisata kuliner Jogja yang wajib kamu kunjungi. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Jogja yang terkenal dengan cita rasanya yang lezat dan murah meriah seperti Ayam Geprek Bu Rum.

Wedang Ronde Mbah Payem

Wedang Ronde Mbah Payem

Nikmati sensasi wedang ronde khas Jogja dengan harga terjangkau di Wedang Ronde Mbah Payem. Dikenal sebagai salah satu warung legendaris di Jogja, Wedang Ronde Mbah Payem menawarkan cita rasa wedang ronde yang begitu istimewa dan cocok dinikmati di waktu santai bersama keluarga dan teman-teman.

Berlokasi di Jalan Wates km 6, warung ini mudah dijangkau dan menjadi favorit warga lokal maupun wisatawan. Di sini, Anda bisa menikmati wedang ronde yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau, ketela pohon, dan bola-bola kenyal yang lezat.

Dengan harga yang terjangkau, di bawah Rp 10.000,- saja, Anda sudah bisa menikmati segelas wedang ronde dan merasakan kelezatannya. Jangan lupa mencoba menu lain yang tak kalah lezat di Wedang Ronde Mbah Payem.

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu kuliner legendaris Jogja yang sangat terkenal dengan cita rasa lezat dan khasnya. Dengan harga yang terjangkau, Sate Klathak Pak Pong menjadi destinasi wisata kuliner yang sangat direkomendasikan untuk dicoba di Jogja.

Terbuat dari daging ayam yang dicampur dengan rempah-rempah khas, sate klathak ini diolah dengan cara yang unik dan spesial dengan menggunakan batang bambu sebagai tusukannya.

Sajian sate klathak yang dimakan dengan nasi dan lalapan segar akan memuaskan selera Anda yang sedang mencari kuliner khas Jogja.

Selain rasanya yang lezat, lokasi Sate Klathak Pak Pong yang mudah dijangkau membuat kuliner ini menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati makanan enak saat berwisata di Jogja.

Rentang harga setiap menu di sini cukup terjangkau, mulai dari Rp20.000,00 hingga Rp35.000,00 saja. Lokasinya mudah diakses di Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Pleret, Bantul, dekat dengan Jl. Imogiri Timur. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan lezat di tempat ini!

Bagikan: