48 Tempat Wisata Kulon Progo Terbaru Paling Hits

admin

Tempat Wisata Kulon Progo

Puncak Kuda Sembrani

Puncak Kuda Sembrani

Bagi Anda yang ingin merasakan dekat dengan alam, Puncak Kuda Sembrani adalah pilihan yang tepat. Destinasi wisata ini menawarkan panorama alam yang eksotis dan beragam spot yang cocok untuk berswafoto.

Puncak Kuda Sembrani juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta fotografi yang ingin menangkap keindahan panorama matahari terbenam. Fasilitas di Puncak Kuda Sembrani juga sudah sangat memadai, antara lain toilet, spot foto, tempat parkir, warung makan dan minum, serta papan informasi.

Puncak Kuda Sembrani terletak di Desa Banjarsari, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Harga tiket masuk ke Puncak Kuda Sembrani bersifat sukarela, sehingga Anda dapat memberikan sumbangan sesuai dengan kemampuan Anda.

Curug Siluwok

Curug Siluwok

Terdapat banyak destinasi wisata alam yang tersembunyi di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Salah satu contohnya adalah Curug Siluwok yang menawarkan pengalaman wisata yang unik.

Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dan meskipun terbilang tinggi, arus airnya tidak terlalu deras sehingga seringkali dijadikan tempat untuk mandi. Di bawah air terjun juga terdapat sebuah kolam atau sungai kecil yang bisa dimanfaatkan untuk berenang. Liburan ke Curug Siluwok pasti seru banget!

Curug Siluwok berlokasi di Desa Keweron, Samigaluh, Kulon Progo dan harga tiket masuk gratis. Jadi tunggu apa lagi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata Kulon Progo yang tersembunyi ini.

Gunung Kukusan

Gunung Kukusan

Gunung Kukusan adalah salah satu puncak di antara rangkaian perbukitan Menorah yang memiliki ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Lokasi gunung ini secara administratif terletak di tiga kabupaten, yaitu Kulon Progo, Magelang, dan Purworejo. Perbukitan ini bersebelahan dengan Kebun Teh Nglinggo yang terletak di Kulon Progo.

Gunung Kukusan sering dianggap sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Yogyakarta. Oleh karena itu, para pencinta sunrise pasti sudah mencantumkan gunung ini dalam daftar kunjungan mereka

Lokasi Gunung Kukusan berada di Depok, Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672. Semoga informasi ini dapat membantu para pencinta alam yang ingin berkunjung ke Gunung Kukusan.

Agro Techno Park

Agro Techno Park

Jogja Agro Techno Park Kulon Progo, atau yang disingkat JATP, merupakan kompleks wisata pendidikan terpadu yang dibangun untuk menjadi sarana edukasi pertanian bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya. Kawasan JATP memiliki fasilitas agribisnis dan agrowisata, yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2018. Lokasi JATP berada di Kalurahan Wijilan, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di dalam area taman JATP, terdapat beragam fasilitas wisata dengan luas area yang cukup besar, disertai dengan berbagai spot foto menarik. Selain itu, terdapat juga replika binatang yang dapat ditemukan di dalam taman, ditemani dengan becak dan sepeda onthel. Patung hewan seperti kambing dan sapi juga dapat ditemukan di dalam taman. Tempat wisata terbaru di Kulon Progo ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh keluarga, terutama anak-anak.

Terdapat ratusan pot tanaman yang ditata dengan desain unik dan menarik di dalam taman, serta patung prajurit Kraton Jogja atau Bregada yang berada di sudut pintu masuk. Semua fasilitas tersebut dapat menjadi sarana belajar dan mengajarkan tentang pertanian dan budaya lokal kepada masyarakat yang berkunjung ke JATP.

Pantai Mlarangan

Pantai Mlarangan

Liburan ke Kulon Progo akan terasa kurang lengkap bila belum mengunjungi pantainya. Meski Pantai Glagah dan Pantai Trisik terkenal, ternyata masih ada pantai lain yang tak kalah indah yaitu Pantai Mlarangan Asri yang berada di Desa Pleret. Pantai ini memiliki pasir hitam yang khas dan garis pantai yang panjang dengan kawasan yang masih sepi.

Pantai ini ditandai dengan banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitarnya, memberikan suasana yang tenang dan cocok untuk orang yang ingin bersantai. Selain itu, pantai ini juga masih alami dan belum banyak bangunan yang berdiri.

Harga tiket masuk ke Pantai Mlarangan Asri adalah gratis, sehingga sangat ramah di kantong bagi pengunjung. Alamat atau lokasi pantai ini berada di Jalan Pangeran Diponegoro, Dusun I, Pleret, Panjatan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, dengan kode pos 55655.

Mahaloka Paradise

Mahaloka Paradise

Mahaloka Paradise merupakan destinasi wisata Kulon Progo yang wajib sobat kunjungi. Kawasan wisata ini sedang menjadi tempat hits dikunjungi karena menawarkan pemandangan yang menakjubkan, yaitu sawah dan barisan perbukitan yang dikelilingi oleh cafe dan restoran dengan beragam menu yang lezat.

Meskipun memiliki nuansa seperti Ubud Bali, Mahaloka Paradise memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh tempat wisata di Bali. Barisan perbukitan Menoreh yang memesona membuat mata pengunjung dimanjakan. Kawasan ini sangat ideal untuk nongkrong dan bersantai di sore hari, terutama saat matahari terbenam. Tempat ini terbuka luas, sehingga cocok untuk menikmati momen sunset yang indah.

Tak perlu khawatir tentang harga tiket masuk, karena harga tiket masuk ke Mahaloka Paradise sangat terjangkau, hanya Rp20.000 saja. Untuk mencapai lokasi ini, kamu bisa mengunjungi Pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55671.

Gunung Kendil Kulon Progo

Gunung Kendil Kulon Progo

Daerah yang terletak di sebelah barat Yogyakarta memiliki pesona ketinggian yang menjadi daya tarik wisata utamanya. Salah satu wisata yang paling populer adalah Gunung Kendil yang terletak di perbatasan Kulon Progo-Magelang. Meskipun hanya memiliki ketinggian 1.019 Mdpl, Gunung Kendil menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Meskipun disebut sebagai gunung, Gunung Kendil lebih mirip sebuah bukit karena ketinggiannya yang tidak terlalu tinggi. Namun demikian, Gunung Kendil masih menjadi salah satu dari rangkaian perbukitan Menoreh yang tertinggi. Lokasinya sangat cocok untuk menikmati momen sunrise atau sunset. Dari puncaknya, pengunjung dapat melihat pemandangan gunung-gunung tinggi di sekitarnya.

Bagikan: