48 Tempat Wisata Kulon Progo Terbaru Paling Hits

admin

Tempat Wisata Kulon Progo

Lokasinya berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 43 km dari pusat kota Jogja. Dan yang menarik, harga tiket masuk ke Pantai Glagah sangat terjangkau, hanya Rp5.000 saja.

Pantai Trisik

Pantai Trisik

Pantai Trisik Kulon Progo menawarkan pesona eksotis yang tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lain di sekitarnya. Pasir hitam dan rindangnya pohon cemara di tepi pantai menciptakan pemandangan yang indah.

Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti mengunjungi penangkaran penyu dan menyaksikan upacara sedekah laut yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Jangan lupa untuk menikmati keindahan matahari terbenam yang tak kalah cantiknya dengan Pantai Indrayanti.

Pantai Trisik adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati pantai yang sepi namun eksotis. Harga tiket masuk ke wisata pantai Trisik sangat terjangkau Rp5.000, sangat terjangkau bagi para wisatawan.

Pantai Trisik berlokasi di Desa Banaran, Galur, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran menjadi salah satu tempat wisata Kulon Progo yang populer. Sesuai namanya, di sini pengunjung bisa merasakan sensasi berayun-ayun di atas ketinggian. Tidak perlu khawatir akan keamanan, karena setiap pengunjung akan dilengkapi dengan alat pengaman serta tim SAR yang selalu siap siaga. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen berayun yang tidak akan terlupakan.

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

Curug Sidoharjo atau yang dikenal dengan sebutan Air Terjun Perawan merupakan salah satu destinasi wisata Kulon Progo yang tersembunyi dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di DIY. Wisatawan yang ingin mengunjungi Curug Sidoharjo harus berjalan kurang lebih selama 10 menit dari tempat parkir untuk dapat melihat langsung keindahan air terjun ini.

Pesona keindahan Air Terjun Sidoharjo menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung. Namun, keadaan air terjun sangat dipengaruhi oleh musim. Pada musim kemarau, air terjun akan surut dan hampir tidak ada. Namun, saat musim penghujan tiba, air terjun akan mengalir deras dari tebing yang tinggi dan langsung menuju kolam utama dengan pemandangan yang sangat indah.

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Sidoharjo, wisatawan cukup membayar harga tiket sebesar Rp. 3.000. Air Terjun Perawan ini beralamat di Sumoroto, Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673.

Ekowisata Taman Sungai Mudal

Ekowisata Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal menjadi tempat wisata Kulon Progo yang terletak di balik hutan asri kawasan Bukit Menoreh yang terkenal. Diberi nama taman sungai karena keindahan kolam alami berwarna biru jernih yang ada di tempat ini.

Untuk mencapai lokasi Taman Sungai Mudal, pengunjung harus berjalan kaki menelusuri hutan yang membuat pengalaman wisata semakin menyenangkan. Di sana, pengunjung dapat menikmati bermain air dan berfoto-foto dengan tenang karena fasilitas yang lengkap seperti tempat penyewaan ban, warung makan, dan spot foto cantik semua tersedia.

Tiket masuk ke Taman Sungai Mudal terbilang cukup terjangkau, yakni hanya sebesar Rp. 10.000 per orang. Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona, tetapi juga menawarkan ketenangan dan kenyamanan bagi pengunjungnya.

Taman Sungai Mudal beralamat di Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona alam yang memukau, Taman Sungai Mudal adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Bendung Kayangan

Bendung Kayangan

Bendung Kayangan memiliki makna yang indah dan menakjubkan, sejalan dengan arti dari kata “kayangan” atau “kahyangan”. Destinasi wisata ini terdiri dari area sungai dan tebing yang dinamakan Tebing Kayangan.

Masyarakat setempat meyakini bahwa Tebing Kayangan memiliki pasokan air yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup sawah dan perkebunan di sekitarnya. Dengan latar belakang tebing yang tinggi dan sungai yang dangkal, Bendung Kayangan juga menjadi tempat yang sangat menarik untuk berfoto, sehingga menjadi spot yang anti-mainstream.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Pesona puncak perbukitan bisa dinikmati di Puncak Suroloyo dengan ketinggian mencapai 1000 mdpl. Dari sini, Anda bisa memandang indahnya gunung-gunung seperti Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.

Tidak hanya itu, tempat ini juga sering dijadikan tempat pertapaan atau ziarah oleh sebagian orang. Beberapa orang bahkan percaya bahwa puncak bukit ini adalah petilasan dari Raden Mas Rangsang.

Sambil menikmati keindahan alam, Anda juga bisa menikmati kuliner khas Jogja seperti Geblek yang tersedia di sana. Rasakan sensasi yang berbeda saat menikmati secangkir kopi atau teh hangat dengan panorama indah dari bukit pada saat matahari terbit atau terbenam.

Puncak Widosari

Puncak Widosari

Puncak yang tak kalah menakjubkan dengan Puncak Suroloyo adalah Bukit Paralayang Kulon Progo. Meski tidak seberapa tinggi, hanya sekitar 900 mdpl, pemandangan indah perbukitan Kulon Progo bisa Anda nikmati dari sini.

Daya tarik khas dari Bukit Paralayang adalah batu besar yang menjulang tinggi di bagian puncak seperti tombak. Selain itu, gardu pandang yang tersedia juga memberikan panorama 360 derajat dari ketinggian.

Bagikan: