70 Tempat Wisata Gunung Kidul Terbaru Paling Hits

admin

Tempat Wisata Gunung Kidul

Nikmatilah keindahan alam tersembunyi di daftar tempat wisata Gunung Kidul terbaru paling hits, mulai dari pantai hingga goa-goa yang eksotis berikut ini.

Gunung Kidul merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Wonosari menjadi ibu kotanya. Wilayahnya mencakup luas sekitar 1.490 kilometer persegi, yang merupakan sekitar 46,63% dari total luas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunung kidul didominasi oleh pegunungan yang termasuk dalam bagian barat dari Pegunungan Sewu atau Pegunungan Kapur Selatan. Keindahan alam Gunung kidul terkenal dengan julukan "Bumi Handayani" dan "Lantai Duanya Yogyakarta".

Wilayah ini memiliki banyak potensi wisata alam yang menakjubkan. Salah satu daya tarik utamanya adalah pantai-pantai yang memukau dan goa-goa eksotis yang tersebar di seluruh wilayahnya.

Daftar Tempat Wisata Gunung Kidul Terbaru

Tak hanya pantai, Kabupaten Gunung Kidul juga menyimpan sejuta pesona lain yang sudah menjadi destinasi wisata populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagi sobat yang ingin mencari pengalaman liburan yang seru dan menyegarkan, daftar tempat wisata Gunung Kidul berikut ini bisa jadi pilihan.

Penasaran apa saja rekomendasi tempat wisata Gunung Kidul terbaru paling hits yang bisa sobat explore, yuk simak ulasanya!

Heha Ocean View

Heha Ocean View

Heha Ocean View merupakan destinasi wisata Gunung Kidul terbaru yang resmi berdiri pada bulan Februari 2021.

Dibangun di atas lahan seluas 4.5 hektar dan terletak di tepi tebing pantai selatan, yang membuat pemandangan laut akan terlihat sangat jelas.

Memiliki tema “top photogenic” dengan banyak spot foto keren dan kekinian. Seperti Hexagon, Rainbow, Chromatic Car, Santorini, Terra Curve hingga Air Balloon.

Untuk urusan perut jangan khawatir, banyak tersedia food stall dengan berbagai kuliner khas Nusantara, ada juga HeHa Cliff Lounge dan Heha Escape.

Dan buat sobat pecinta staycation, tersedia juga lho paket wisata glamping mewah sekelas hotel. Selain dapat menikmati cantiknya senja, juga dimanjakan dengan keindahan malam yang berhias lampu-lampu terang nan romantis.

Heha Sky View

Heha Sky View

Heha Sky View merupakan salah satu kafe dan restoran yang dikemas menjadi tempat wisata Gunung Kidul yang menawarkan pemandangan Jogja dari ketinggian.

Terbagi menjadi beberapa area dan terletak di kawasan dataran tinggi, bangunannya berbentuk teras bertingkat memanjang menyerupai jalan layang, arsitekturnya dibuat serba terbuka, kalian bisa leluasa menikmati pemandangan yang menawan dari berbagai spot.

Ditunjang dengan sejumlah wahana foto yang bertebaran di berbagai sudut, akan semakin menarik di pandang mata.  Salah satu spot yang paling populer adalah Sky Glass, wahana berupa teras dengan lantai kaca tebal. Ada juga Sky Balloon, Sky Swing, Reflecting Pool hingga Selfie Garden.

Pada saat sore menjelang malam, Heha menjadi salah satu lokasi terbaik untuk memandangi sunset. Dan ketika malam hari, waktunya untuk melihat kemilau cahaya kota yang cantik.

Bernaung langit berbintang, pemandangan citylights akan menghangatkan malam nan romantis. Duduk manis, nikmatilah pesona alam jogja sambil menyantap kelezatan makanan khas Gunung Kidul.

Puncak Segoro

Puncak Segoro

Puncak Segoro merupakan cara lain untuk menikmati keindahan pantai di Gunung Kidul dari ketinggian, sekaligus menjadi tempat wisata Gunung Kidul terbaru yang sedang naik daun.

Sajian keindahan dan keunikan berbalut nuansa romantis menjadi daya tarik utama yang bisa sobat nikmati.

Dilengkapi dengan beragam wahana foto menarik, mulai dari ayunan kayu, kereta kencana hingga kursi santai yang terlihat sangat eksotis.

Ada juga Cliff Bar atau cafe estetik terbuat dari kayu yang langsung menghadap ke lautan lepas. Duduk bersantai di kursi panjang sembari menikmati keindahan alam sekitar, sungguh terasa nikmat bukan.

Selain cafe juga tersedia fasilitas penginapan maupun villa yang unik dengan beragam fasilitas yang ada di dalamnya.

Dan karena berada di bibir tebing yang tinggi dan terbuka, Puncak Segoro menjadi view point terbaik untuk menikmati sunset yang mempesona. Pesona laut berhias langit kekuningan menjadi hal yang sangat memanjakan mata.

Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja

Destinasi wisata Gunung Kidul yang satu ini sudah terkenal akan suasana malamnya. Panorama indah gemerlap lampu kota Yogyakarta akan sangat jelas terlihat dari sini.

Dan karena terdapat banyak spot untuk makan dan nongkrong, membuat wisata Bukit Bintang Jogja menjadi salah satu tempat romantis di Gunung Kidul. Cocok banget deh, buat kalian kaum milenial.

Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Watugupit

Menjadi salah satu tempat wisata Gunung Kidul paling hits yang digandrungi anak muda karena pesona keindahannya. Bukit Paralayang Watugupit juga terkenal akan olahraga ekstrimnya.

Sobat dapat duduk santai di atas landasan paralayang ditemani pemandangan view pantai yang akan sangat indah ketika dinikmati saat senja tiba.

Berada pada perbukitan yang tak jauh dari Pantai Parangtritis, tepatnya di Dusun Watugupit, Desa Giricahyo. Puncak Bukit Paralayang berjarak sekitar 31 Kilometer dari kota Yogyakarta, dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan akses yang cukup mudah dijangkau.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Buat sobat yang membutuhkan vitamin sea atau merindukan pemandangan laut, maka destinasi wisata Gunung Kidul ini adalah salah satu pilihan tepat untuk sobat kunjungi.

Berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal memiliki hamparan pasir putih luas, air laut biru dan ombak yang tak begitu besar. Membuat aktivitas bermain pasir dan berenang adalah hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Apalagi saat air laut pasang, sobat dapat menguji adrenalin dengan meluncur menggunakan jetski.

Jangan lewatkan pemandangan cantik lembayung senja yang muncul menghiasi langit sore Pantai Ini. Dan sempurnakanlah dengan menyantap kuliner lezat yang tersedia.

Pantai Baron

Pantai Baron

Berlibur ke Gunung Kidul akan terasa kurang lengkap tanpa mengunjungi Pantai Baron. Salah satu pantai yang menjadi tujuan favorit wisata di Gunung Kidul.

Pantai Baron memiliki kontur membentuk huruf U yang unik dan mempunyai dua jenis air, yaitu air tawar dan air asin.

Selain bermain air di pantai, aktivitas lain yang bisa sobat lakukan adalah mengunjungi mercusuar di atas bukit Pantai Baron. Dari sini, sobat dapat menikmati pemandangan laut yang sangat indah.

Pantai Drini

Pantai Drini

Tempat wisata Gunung Kidul yang bisa sobat kunjungi selanjutnya adalah pantai Drini, salah satu pantai indah di Gunung Kidul.

Memiliki pasir putih lembut dengan keunikan pemandangan dua sisi yang di lengkapi dengan pulau karang besar yang bisa sobat daki saat air surut.

Meski tak terlalu luas, namun banyak terdapat aktivitas seru yang bisa sobat lakukan, mulai dari berenang, bermain kano, snorkeling hingga surfing.

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan merupakan tempat wisata Gunung Kidul yang sudah lama populer dan menjadi lokasi asik untuk melakukan snorkeling.

Jernihnya air laut, ombak yang tenang serta keindahan bawah lautnya akan sangat sayang jika terlewatkan. Dan akan semakin seru jika aktivitas seperti bermain kano hingga outbound bisa sobat coba.

Jangan lupa untuk menyaksikan upacara sedekah laut yang biasa dilakukan pada bulan November atau Desember.

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran adalah pantai yang tidak hanya menyajikan kecantikan alam saja, tapi juga dapat menyaksikan ritual keagamaan umat Hindu.

Selain pesona alamnya yang indah, pantai Ngobaran memiliki bangunan yang menjadi wisata budaya dan sejarah.

Terletak di bawah tebing dengan panjang garis pantai yang tidak lebih dari 1 kilometer, tempat wisata Gunung Kidul ini dilengkapi dengan spot foto berbagai bentuk.

Jangan lupa untuk mengabadikan beberapa foto kenang-kenangan saat berkunjung kesini ya!

Pantai Nglambor

Pantai NglamborTerdapat banyak pantai di Gunungkidul dengan keunikan dan pesonanya masing-masing, termasuk Pantai Nglambor yang menjadi salah satu tempat wisata Gunung Kidul yang lagi hits.Memiliki pasir pantai putih, air laut jernih dan ombak yang relatif tenang. Aktivitas snorkeling adalah salah satu yang favorit disini.Dan jika sobat ingin uji nyali? cobain deh trakking ke bukit dan tebing melalui jembatan gantung yang tersedia.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal adalah tempat wisata Gunung Kidul yang tersembunyi dan menjadi salah satu pantai terpopuler di Gunung Kidul.

Berada balik tebing yang tak jauh dari pantai Indrayanti maupun Watuwalang, bentuknya sempit dan memanjang, hamparan pasir pantai putih lembut serta dikelilingi bukit kapur karang, membuat Pantai Pok Tunggal tampak lebih eksotis.

Pantai Krakal

Pantai Krakal

Sederet nama tempat wisata alam Gunung Kidul memang keindahannya sudah tak diragukan lagi. Seperti Pantai Krakal dengan hamparan pasir putih nan lembut yang akan membuat sobat kian terpesona.

Menjadi salah satu pantai paling lama dikenal oleh masyarakat, Pantai krakal yang berjarak sekitar 65 Kilometer dari kota Yogyakarta ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri.

Aktivitas seru mulai dari trakking ke bukit karang, snorkeling hingga surfing pun bisa sobat nikmati. Jangan sampai kelewatan indahnya pemandangan senja disini ya!

Goa Pindul

Cave Tubing Di Goa Pindul

Goa Pindul adalah salah satu destinasi wisata Gunung Kidul selain pantai yang menawarkan aktivitas seru berbalut nuansa indah yang tidak biasa.

Dengan panjang sekitar 350 meter dan lebar 5 meter terdapat sungai di dalam gua yang menjadi daya tarik wisatawan untuk melakukan rafting.

Selain itu, atraksi seperti cave tubing maupun river tubing juga bisa sobat lakukan. Apalagi indahnya stalagmit dan stalagtit berbagai ukuran juga bisa sobat jumpai.

Dan yang tak kalah menarik adalah adanya sumur terbalik yang menjadi spot foto paling favorit. Pokoknya gak rugi deh datang kesini!

Goa Jomblang

Goa Jomblang

Bagi sobat yang suka dengan tantangan, Goa Jomblang yang merupakan tempat wisata di Gunung Kidul ini sangat cocok untuk sobat jelajahi.

Bukan goa horizontal, melainkan goa vertikal yang bentuknya mirip seperti lubang bawah tanah dengan kedalaman 60 meter.

Untuk memasuki wisata alam Gunung Kidul ini terdapat pilihan yang bisa sobat coba. Yaitu dengan teknik single rope maupun langsung masuk ke dalam mulut goa.

Selain berpetualang menjelajah goa yang sangat mempesona, aktivitas menarik lainya adalah berfoto di bawah Cahaya Surga.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Nglanggeran adalah sebuah gunung api purba yang dahulu pernah aktif jutaan tahun yang lalu.

Terletak di wilayah karst Baturagung, gunung ini terdiri dari fragmen material vulkanik tua dan memiliki dua puncak, yaitu puncak barat dan puncak timur, serta sebuah kaldera di tengahnya.

Meskipun memiliki ketinggian hanya 700 mdpl, gunung ini telah menjadi tempat wisata Gunung Kidul yang lagi hits.

Selain bisa menikmati indahnya matahari terbit, di Gunung Api Purba Nglanggeran juga menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan danau buatan di atas bukit sekaligus menjadi puncak tertinggi di Kabupaten Gunung Kidul.

Berada pada ketinggian 859 mdpl yang berfungsi sebagai sumber pengairan pertanian dan perkebunan sekitar.

Namun kini Embung Batara Sriten juga telah menjadi tempat wisata Gunung Kidul terbaru yang sudah terkenal akan wisata panorama alamnya yang menawan.

Bagi sobat penikmat sunset dan sunrise, danau buatan ini menjadi tempat yang cocok untuk menyaksikannya.

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran Gunung Api Purba adalah destinasi wisata alam di Gunung Kidul yang memikat. Danau yang terdapat di embung ini merupakan danau alami yang masih mempertahankan kebersihan dan keasrian alaminya.

Yang membuat embung ini unik adalah letak danau yang berada di atas bukit, berbeda dengan kebanyakan danau yang terletak di kawasan rendah. Sumber air yang mengalir ke embung berasal dari mata air di lereng Gunung Api Purba. Danau ini juga berfungsi sebagai penampungan air hujan yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mengairi kebun saat musim kemarau tiba.

Daya tarik dan fasilitas yang memadai membuat Kawasan wisata embung ini semakin menarik minat para wisatawan. Selain itu, lokasi wisata ini juga dikenal karena berbagai warung makan yang menyajikan menu makanan khas Jogja yang terkenal. Khususnya, kuliner khas Gunung Kidul yang sulit ditemukan di pusat kota.

Oleh karena itu, saat berkunjung ke Embung Nglanggeran Gunung Api Purba, jangan lewatkan kesempatan untuk memuaskan rasa lapar dengan menikmati makanan khas Jogja favorit Anda.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk adalah bagian dari tempat wisata Gunung Kidul yang memberikan pesona alam dan petualangan yang unik, tidak ada yang sama dengan air terjun lainnya.

Memiliki ketinggian sekitar 25 meter yang selalu mempertahankan debit airnya dan memiliki tiga aliran air yang mengalir dari atas ke bawah. Pada saat airnya melimpah, bahkan terdapat lima aliran air terjun yang memukau.

Air yang jatuh tidak membentuk kolam secara langsung, melainkan mengalir melewati bebatuan dan kemudian menuju Sungai Oyo. Di sebelahnya, terdapat kolam dangkal di atas sebuah batu besar sebelum aliran air tersebut bergabung dengan sungai.

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang merupakan salah satu tujuan wisata air terjun yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Keunikan Air Terjun Luweng Sampang terletak pada sifat musimannya. Intensitas dan deras aliran air sangat dipengaruhi oleh musim yang sedang berlangsung.

Pada musim kemarau, debit air cenderung rendah. Namun, saat musim penghujan, debit air meningkat dengan aliran air utama yang mengalir deras.

Dengan ketinggian sekitar 5 meter, Air Terjun Luweng Sampang terletak di antara dua tebing, menciptakan panorama yang menakjubkan bagi pengunjung.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang dan menikmati keindahan alam yang menawan di Kabupaten Gunung Kidul.

Gua Langse

Gua Langse

Gua Langse merupakan salah satu destinasi wisata alam di Gunungkidul yang terkenal dengan nuansa mistis. Meskipun belum banyak dikenal dan jarang dikunjungi oleh wisatawan, gua ini memiliki daya tarik yang unik.

Menurut cerita dari masyarakat setempat, Gua Langse diyakini sebagai tempat pertemuan antara raja-raja Jawa dengan Ratu Pantai Selatan. Namun, di balik kisah menarik ini, Gua Langse menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan sangat layak dikunjungi.

Terletak di dataran tinggi perbukitan kapur, Gua Langse menantang pengunjung dengan tantangan ekstra untuk mencapainya. Menaiki puluhan anak tangga yang curam dan melintasi bebatuan kapur merupakan bagian dari perjalanan yang memacu adrenalin dan memberikan pengalaman yang menarik bagi pengunjung.

Namun, setelah melewati rintangan tersebut, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang memukau. Keindahan alam di sekitar gua, seperti formasi batu kapur yang unik dan pepohonan hijau yang melingkupi, menciptakan suasana yang memikat dan menenangkan.

Gua Maria Tritis

Gua Maria Tritis

Gua Maria Tritis merupakan tempat ibadah dan ziarah yang menjadi daya tarik bagi umat Katolik. Terletak di Jalan Sapto Sari, Dusun Bulu, tempat wisata religi ini telah menjadi destinasi populer di Gunungkidul.

Keunikan Gua Maria Tritis terletak pada keberadaan sumber air di dalam gua. Diyakini bahwa air tersebut memiliki berkah dan keajaiban. Banyak peziarah yang datang untuk memohon berkah, kesembuhan, dan berdoa di dekat sumber air yang sakral itu.

Perjalanan menuju lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 - 2 jam dengan jarak sekitar 55 km dari pusat Kota Yogyakarta. Meskipun perjalanan bisa cukup melelahkan, segala usaha dan waktu yang dihabiskan akan terbayar dengan keindahan dan keunikan tempat ini.

Geopark Gunung Sewu

Geopark Gunung Sewu

Kawasan Geopark Gunung Sewu adalah sebuah destinasi wisata alam yang menakjubkan. Terdiri dari sekitar 45.000 bentangan pegunungan dan perbukitan yang melintasi tiga kawasan, yaitu Gunungkidul Yogya, Wonogiri Jawa Tengah, hingga Pacitan di Jawa Timur.

Keindahan alam yang dimiliki oleh kawasan ini belum banyak terjamah oleh manusia, sehingga memberikan pengalaman liburan yang unik dan menarik. Terutama bagi para pencinta wisata alam, Kawasan Geopark Gunung Sewu menyimpan beragam destinasi yang memikat hati.

Terdapat pula berbagai aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari hiking menyusuri jalur-jalur trekking yang menantang, berkeliling danau-danau indah, hingga menjelajahi gua-gua yang misterius.

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat, atau dikenal juga sebagai Wisata Tanjung Kesirat, adalah tempat wisata di Gunung Kidul yang benar-benar berbeda dari pantai-pantai lainnya.

Saat mengunjungi Pantai Kesirat, jangan berharap menemukan hamparan pasir yang biasa menghiasi pantai-pantai. Meskipun tidak dapat bermain pasir atau berenang, Pantai Kesirat menjadi pilihan sempurna untuk menikmati keindahan senja dengan menyaksikan matahari terbenam.

Selain itu, Pantai Kesirat juga menyediakan area camping dan tempat mendirikan tenda. Kamu dapat menikmati keindahan pantai sepanjang hari, mulai dari pagi hingga malam.

Bagi para pecinta camping dan pengagum pemandangan alam yang eksklusif, Pantai Kesirat adalah tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu liburan. Rasakan keindahan alam yang unik dan nikmati kedamaian yang tersirat di pantai ini.

Pantai Kukup

Pantai Kukup

Pantai Kukup adalah salah satu destinasi wisata Gunung Kidul yang sangat recommended untuk dikunjungi. Jika Pantai Baron terkenal dengan pesonanya yang pasir hitam yang indah, maka Pantai Kukup, yang terletak di sebelah timur pantai tersebut, memiliki daya tarik tersendiri dengan hamparan pasir putihnya yang memukau.

Salah satu keunggulan yang membuat Pantai Kukup begitu menarik adalah keberadaan akuarium dan kolam renang alami yang terbentuk secara alami. Akuarium laut ini terbentuk di antara karang-karang yang berada di tepi pantai.

Kamu dapat melihat berbagai kehidupan laut yang ada di dalam akuarium ini, mulai dari berbagai jenis ikan hingga terumbu karang yang indah. Hal ini akan memberikan pengalaman yang dan memperkaya pengetahuan tentang keanekaragaman laut.

Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung adalah salah satu destinasi wisata Gunung Kidul Jogja yang sedang hits. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang indah dan tak boleh dilewatkan ketika berada di Yogyakarta.

Ciri khas Pantai Siung adalah keberadaan banyak batu karang raksasa yang tersebar di sebelah barat dan timur pantai. Batu karang raksasa ini tidak hanya memberikan pemandangan yang unik, tetapi juga berfungsi sebagai spot panjat tebing bagi pencinta Alam.

Pemandangan yang disuguhkan oleh deretan batu karang raksasa tersebut memukau mata dan menciptakan suasana yang istimewa.

Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai Timang merupakan destinasi wisata Gunung Kidul paling hits yang menawarkan pemandangan pantai dan pulau di tengah laut. Ikon dari pantai ini adalah Gondola dan jembatan gantung yang sangat menantang bagi para wisatawan.

Gondola di Pulau Timang memiliki panjang sekitar 100 meter dan berada di ketinggian antara 9 hingga 11 meter. Terbuat dari besi yang kokoh, gondola hanya dapat menampung satu orang saja.

Ketika naik gondola, sobat akan berjalan di antara tali temali yang telah disusun. Jika ombak sedang ganas, sobat mungkin akan terkena semprotan air laut.

Selain gondola, terdapat jembatan gantung yang terbuat dari tali tambang dengan alas kayu. Sensasi yang berbeda akan sobat rasakan saat melewati jembatan gantung ini.

Tentu saja, jika angin laut sedang kencang, jembatan akan berayun-ayun. Sungguh pengalaman yang ekstrem bukan!

Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok, yang terletak di Gunung Kidul, menawarkan pemandangan indah dan merupakan tempat yang cocok untuk berkemah.

Pasir putih yang bersih dan halus menjadi ciri khas Pantai Watu Kodok, dan ombaknya yang tidak terlalu besar ditambah dengan air laut yang jernih dan berwarna biru.

Nikmati keseruan di Pantai Watu Kodok dengan bermain di air laut, asalkan kamu berhati-hati dan tetap waspada untuk menjaga keselamatan.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Pantai Sepanjang merupakan salah satu destinasi wisata Kabupaten Gunung Kidul yang sudah lama populer. Memiliki keunikan dengan hamparan pasir putih panjang dan air laut yang biru.

Dengan panorama yang mempesona, tidak heran jika Pantai Sepanjang sering disebut sebagai "Bali-nya Yogyakarta". Luasnya area pantai ini pun, bisa kamu nikmati untuk bermain dan berjemur.

Terdapat gazebo dan pohon kelapa di sepanjang pantai yang dapat memberikan tempat teduh dan relaksasi.

Bagi para pecinta selancar, Pantai Sepanjang adalah pilihan terbaik. Selain itu kamu juga dapat mendirikan tenda di tepi pantai.

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo merupakan salah satu destinasi wisata Gunung Kidul Jogja yang memiliki keunikan dan keindahan berbentuk teluk yang dikelilingi oleh dinding perbukitan hijau dan subur.

Salah satu daya tariknya adalah kolam alami yang terbuat dari batu karang dengan kedalaman sekitar 1,5 meter, sehingga sangat aman untuk berenang di dalam air laut.

Ombak di Pantai Wediombo cukup stabil, menjadikannya tempat yang menyenangkan untuk berselancar. Tinggi ombaknya dapat mencapai 3-4 meter, namun tetap perlu berhati-hati karena terdapat banyak karang di sekitarnya.

Keindahan Pantai Wediombo juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Letaknya yang menghadap ke barat membuat pemandangan matahari terbenam di pantai ini sangat menawan.

Pantai Sedahan

Pantai Sedahan

Pantai Sedahan adalah salah satu tempat wisata Gunung Kidul terbaru. Dikarenakan itu, pantai ini masih dianggap sebagai pantai yang belum banyak dijamah dan memiliki keaslian yang masih terjaga.

Lanskap di sekitar pantai masih sangat alami dan memukau. Air lautnya berwarna biru, pasirnya putih, dan terdapat batu karang yang melintasi pantai, menciptakan pemandangan yang sangat indah.

Jika dilihat dari ketinggian, Pantai Sedahan memiliki lekukan dengan batu karang yang dikenal sebagai Tebing Sinden dan Tebing Sudan. Keberadaan batu karang ini menenangkan ombak yang sampai ke pantai, membuatnya tidak terlalu ganas.

Selain menikmati keindahan alam pantai, di Pantai Sedahan terdapat berbagai kegiatan yang dapat dinikmati. Kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai, bermain dengan pasir, atau bahkan berfoto dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan. Pantai ini juga menjadi lokasi yang sempurna untuk menikmati matahari terbenam yang spektakuler.

Meskipun Pantai Sedahan masih tergolong baru, namun sudah mulai menarik perhatian sebagai tujuan wisata yang menarik di Gunung Kidul. Keindahan alamnya dan keberadaan batu karang yang mempercantik pantai menjadikan kunjungan ke Pantai Sedahan sebagai pengalaman yang sangat menyenangkan.

Pantai Ngrenehan

Pantai NgrenehanPantai Ngrenehan merupakan salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul yang dikelilingi oleh bukit karang besar dan ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang lebat.Pantai Ngrenehan begitu istimewa, karena bentuknya yang melingkar dengan sempurna.Meskipun garis pantainya tidak terlalu panjang, hanya sekitar 100 meter, keindahan alam yang ada di Pantai Ngrenehan sungguh mempesona.Terdapat deretan perahu nelayan yang bersandar di sekitar pantai, sehingga pantai ini sering disebut sebagai pantai nelayan.Selain menikmati keindahan panorama pantai, di Pantai Ngrenehan juga terdapat berbagai kegiatan menarik lainnya.Sobat dapat menjelajahi area sekitar pantai, berjalan-jalan di atas bukit karang, atau bahkan berfoto dengan latar belakang yang memukau.

Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca Nguluran

Pantai Nguluran adalah destinasi yang unik untuk menikmati keindahan pantai dengan cara yang berbeda. Terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, pantai ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Di Pantai Nguluran, Anda tidak bisa bermain pasir atau berenang seperti di pantai biasa. Namun, Anda dapat menikmati pesonanya dengan berfoto selfie di beberapa spot foto yang tersedia.

Salah satu spot yang menjadi favorit para wisatawan adalah teras kaca, di mana Anda bisa berfoto dengan lantai yang terbuat dari kaca dan langsung menghadap ke laut. Itulah mengapa pantai ini sering disebut juga sebagai Teras Kaca.

Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis adalah salah satu tempat wisata populer di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Keindahan bunga-bunga di taman ini telah terkenal dan mereka juga dikenal dengan nama lokal Puspa Patuk. Sekarang, Gunung Kidul tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah, tetapi juga dengan kebun bunganya.

Melihatnya secara sekilas, hamparan bunga-bunga ini mirip dengan hamparan bunga tulip yang terdapat di negara Belanda. Namun, keunikan Taman Bunga Amarilis terletak pada variasi bunga-bunga yang tumbuh di sana. Anda akan menemukan beragam jenis bunga yang menakjubkan dan mengagumkan.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Bunga Amarilis di Kabupaten Gunung Kidul dan rasakan pesonanya yang memukau. Anda akan terpesona oleh keindahan dan keragaman bunga-bunga yang ada di sana.

Taman Bunga Nawari

Taman Bunga Nawari

Banyaknya destinasi wisata buatan di Jogja semakin bertambah. Setelah beberapa tahun belakangan muncul Puncak Becici yang menjadi favorit para pengguna Instagram, kini muncul sejumlah taman bunga yang dirancang menyerupai ladang perkebunan di Italia.

Salah satu taman yang sedang populer dalam dua bulan terakhir adalah Taman Bunga Nawari. Taman ini terletak di Grogol, Gunungkidul, dan memiliki daya tarik utama berupa tumbuhan bunga matahari.

Taman Bunga Nawari memiliki luas lahan setengah hektar atau sekitar 5.000 meter persegi. Seluruhnya ditanami dengan bunga matahari yang kini telah mekar. Di antara hamparan tanaman tersebut terdapat lorong-lorong yang berfungsi sebagai koridor untuk tempat berfoto.

Puncak Bukit Kosakora

Puncak Bukit Kosakora

Puncak Kosakora adalah sebuah tempat wisata di Gunung Kidul, Jogja, yang menawarkan panorama alam pantai yang bisa dinikmati dari puncaknya. Selain itu, tempat ini juga merupakan spot favorit bagi para penggemar selfie, terutama kalangan muda.

Sebagai salah satu destinasi wisata alam terbaik di Gunung Kidul, Puncak Kosakora memungkinkan pengunjung untuk menikmati suasana malam yang tenang dan menantikan matahari terbit di pagi hari dengan berkemah di lokasi ini.

Sobat tidak perlu khawatir jika tidak membawa peralatan berkemah, karena tersedia persewaan tenda dengan harga sewa yang terjangkau.

Waduk Beton Indah

Waduk Beton Indah

Waduk Beton Indah merupakan salah satu obyek wisata alam di Gunung Kidul yang menawarkan keindahan bendungan yang dikelilingi oleh perbukitan yang asri. Dan secara resmi digunakan untuk mengairi sawah-sawah warga setempat.

Pemandangan di sekitar bendungan masih terlihat rimbun dengan pepohonan dan bukit-bukit yang memberikan suasana yang sejuk dan udara yang segar.

Sobat dapat menikmati kegiatan yang beragam, seperti bermain flying fox, naik becak air, menyewa perahu, memancing, berfoto, dan masih banyak lagi.

Puncak Gunung Gentong

Gunung Gentong

Selain mempesona dengan pantai-pantainya yang indah, Kabupaten Gunungkidul juga menawarkan wisata alam lain yang patut kamu jelajahi, yaitu Gunung Gentong Gedangsari.

Gunung Gentong Gedangsari, yang juga dikenal sebagai 4G, merupakan salah satu destinasi wisata alam di Gunung Kidul yang terletak di Kalurahan Ngalang, Kapanewon Gedangsari. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan puncak 4G dengan pemandangan lanskap perbukitan hijau Gunungkidul dari ketinggian.

Tidak hanya batuan dan perbukitan, kamu juga dapat menikmati panorama menakjubkan lainnya di Gunung Gentong Gedangsari. Mulai dari matahari terbit (sunrise), wisata kabut atau "negeri di atas awan," pemandangan lanskap yang memukau untuk fotografi, matahari terbenam (sunset), hingga area berkemah (camping ground).

Lembah Karst Mulo

Lembah Karst Mulo

Lembah Karst Mulo, atau yang juga dikenal sebagai Lembah Ngingrong, merupakan pintu gerbang ke beberapa tempat wisata di Gunung Kidul yang menawarkan pemandangan lembah karst yang indah.

Terlebih lagi, Lembah Karst Mulo kini secara resmi menjadi salah satu dari 13 situs Geopark Gunungsewu yang diakui oleh Global Geopark Network.

Dengan keindahan dan keunikan alamnya, Lembah Karst Mulo menjadi tempat favorit bagi para pemuda dan pemudi di kota Wonosari dan sekitarnya untuk melepas penat.

Selain dapat mencoba wahana menantang seperti Flying fox yang melintasi lembah dengan ketinggian 90 meter, kamu juga dapat menikmati petualangan melintasi gua horizontal, rappeling di tebing Ningrong dengan ketinggian 80 meter, serta menjelajahi gua vertikal menuju telaga bawah tanah dengan tiga tingkat telaga.

Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe

Kabupaten Gunungkidul telah menjadi salah satu wilayah di Yogyakarta yang memiliki koleksi pantai terbanyak. Jumlah pantai yang terdapat di sepanjang pesisir selatan tak terhitung. Ada yang masih alami, sementara ada juga yang telah disentuh untuk menjadi lebih menarik. Dan salah satunya adalah Pantai Ngrawe.

Sebagai pantai wisata, Pantai Ngrawe, yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Mesra, menjadi populer berkat kekuatan media sosial. Sementara pantai-pantai lainnya menawarkan keindahan alam yang alami, Pantai Ngrawe malah memberikan konsep yang tidak biasa dengan adanya "taman" di tepi pantai.

Wilayah pantai di Ngrawe ditandai oleh pasir putih dan batu karang yang mendominasi. Di sepanjang garis pantai, terdapat sebuah batu karang yang besar. Batu ini seakan menjadi maskot khas pantai ini.

Dengan pengaturan yang rapi dan indah, Ngrawe telah menjadi salah satu pantai yang sangat "Instagrammable". Banyak wisatawan, terutama kalangan anak muda, yang memadati area ini. Tujuan mereka tak jauh dari berburu foto-foto untuk media sosial.

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok

Salah satu pilihan wisata pantai yang menarik di Gunung Kidul yang dapat Anda kunjungi adalah Pantai Jungwok. Pantai ini terletak dekat dengan Pantai Wediombo, tepatnya di sisi timur. Area pantainya yang melengkung memberikan kesan eksotis yang memukau.

Pantai Jungwok memiliki landscape yang luas, dengan pasir putih yang lebar dan batu karang yang tersebar di sekitar pantai. Terdapat pula area dengan banyak tempat duduk yang panjang, yang dapat Anda gunakan untuk duduk santai sambil menikmati keindahan laut.

Ombak di Pantai Jungwok cenderung tidak terlalu besar, mungkin karena adanya batu karang yang memecah gelombang. Meskipun memiliki nuansa mistis yang kental, banyak pengunjung yang memilih untuk melakukan kegiatan berkemah di sekitar Pantai Jungwok.

Salah satu daya tarik lain dari Pantai Jungwok adalah Anda dapat mendaki dan melakukan trekking sederhana menuju puncak bukit. Ini memberikan kesempatan untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian.

Pantai Slili

Pantai Slili

Pantai Slili adalah salah satu destinasi wisata di Gunungkidul, Yogyakarta, yang memiliki garis pantai yang pendek dan sempit. Meskipun begitu, di tepi pantai ini, kamu akan menemukan keindahan batu karang dengan kehidupan laut yang menakjubkan, tak kalah dengan pantai-pantai lainnya.

Tempat ini juga menyediakan area bersantai yang sangat nyaman. Kamu dapat menikmati keindahan pasir putih yang terhampar luas yang dipadukan dengan air laut yang biru. Dua tebing yang seolah-olah memeluk pantai menambah pesona yang menarik.

Jika kamu ingin melakukan aktivitas yang lebih seru, snorkeling di Pantai Slili adalah wajib. Kamu tidak perlu membawa perlengkapan sendiri karena kamu bisa menyewanya dengan harga Rp50 ribu. Selama snorkeling, kamu akan didampingi oleh pemandu yang juga akan mengambil foto di bawah laut sebagai kenang-kenangan. Dijamin seru banget!

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu memang merupakan salah satu keajaiban di Kabupaten Gunungkidul. Meskipun memiliki luas yang terbatas, pantai ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Pantai Wohkudu memiliki lebar sekitar 20 hingga 25 meter saja, dengan batu karang besar yang berada di sebelah kiri dan kanan pantai. Pantai ini memiliki bentuk teluk dengan sejumlah bebatuan karang yang tersebar di sekitarnya. Hal ini membuat ombak yang datang tidak terlalu deras di pesisir pantai.

Salah satu daya tarik utama Pantai Wohkudu adalah keasrian dan kealamian alamnya. Tempat wisata Gunung Kidul ini masih sangat alami dan mempesona.

Selain itu, juga memiliki area lapang yang cukup luas. Tidak sedikit pengunjung yang memilih untuk mendirikan tenda di bawah batu karang yang melengkung.

Menikmati panorama alam yang indah sepanjang malam merupakan hal yang disenangi para petualang yang mencintai keindahan alam. Alam selalu memiliki cara untuk membuat kita merasa nyaman dan enggan untuk pergi.

Pantai Gesing Gunung Kidul

Pantai Gesing Gunung Kidul

Pantai Gesing merupakan salah satu destinasi wisata tersembunyi di Gunung Kidul yang memiliki pesona romantis. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dengan ombak yang relatif kecil.

Keunikan pantai ini terletak pada bentuknya yang berada di sebuah teluk, dengan gradasi permukaan air yang memperlihatkan perubahan warna dari hijau terang ke biru. Pantai Gesing juga diapit oleh tebing yang menambah keindahan alamnya.

Ketika kamu mengunjungi Pantai Gesing, kamu akan merasakan suasana yang begitu tenang dan damai. Keindahan pantai yang alami dan suasana romantis membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati momen bersama pasangan.

Pantai Greweng

Pantai Greweng

Pantai Greweng adalah destinasi wisata yang unik dan indah di Gunung Kidul. Pantai ini tersembunyi di balik hutan dan ladang, menambah kesan eksotis dan alami. Meskipun area pantainya tidak begitu luas, keindahan alamnya tak dapat diabaikan.

Pantai Greweng memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan batuan karang hijau yang besar, memberikan nuansa yang menarik. Pantai ini menawarkan pemandangan yang memesona dan cocok untuk berjalan-jalan santai atau menikmati suasana alam yang tenang.

Salah satu daya tarik Pantai Greweng adalah kemungkinan untuk berkemah bersama teman atau keluarga. Kamu dapat mengatur tenda di sekitar pantai dan menikmati suasana malam yang menakjubkan. Aktivitas berkemah di pantai ini memberikan pengalaman yang berbeda dan membuat hubungan yang lebih dekat dengan alam.

Jika kamu mencari destinasi wisata yang unik dan ingin merasakan keindahan alam yang tersembunyi, Pantai Greweng adalah tempat yang tepat. Nikmati keindahan pantai ini dan buat kenangan yang tak terlupakan bersama orang terkasih.

Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin

Telaga Biru merupakan sebuah danau kecil yang terbentuk akibat aktivitas pertambangan batu putih di daerah Semin, Gunungkidul.

Daya tariknya semakin meningkat setelah foto-foto indah Telaga Biru diunggah di media sosial. Lokasinya terletak sekitar 25 km dari pusat kota Wonosari, tepatnya di Dusun Ngentak, Candirejo, Semin, Gunungkidul, Yogyakarta.

Pemandangan dari atas Telaga Biru memiliki kemiripan dengan pemandangan dari atas Telaga Warna dan Telaga Pengilon di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Perlu diperhatikan bahwa Telaga Biru adalah bekas tambang batu, dan walaupun masih terdapat aktivitas pertambangan yang berlangsung, hal ini tidak mengurangi pesonanya sebagai tempat wisata yang menarik bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan dan suasana tenang di sekitar telaga.

De Mangol View

De Mangol View

Ingin menikmati pemandangan indah sambil piknik kekinian, foto-foto di spot Instagramable, atau menyantap hidangan lezat, kalian bisa berkunjung ke De Mangol View Jogja.

Dibangun pada kawasan dataran tinggi dan areanya memiliki kawasan indoor dan outdoor yang cukup luas dan nyaman. Di bagian outdoor-nya, terdapat spot piknik yang asik untuk nongkrong. Sedangkan untuk area restoran menawarkan menu makanan dan minuman yang bervariasi.

Di samping itu, De Mangol juga terkenal dengan wahana fotonya yang sangat menarik. Dan salah satu wahana foto favorit adalah teras kaca. Ada juga spot sepeda, bean bag area hingga triangle spot. Kesemuanya dapat dinimati tanpa harus membayar biaya tambahan.

Waktu terbaik berkunjung ke sini adalah saat sore hari, dimana jika cuaca cerah kalian bisa mengabadikan momen romantis berlatar senja yang menawan.

Tegalarum Adventure Park

Tegalarum Adventure Park

Tegalarum Adventure Park merupakan tempat wisata Gunung Kidul yang sangat cocok bagi sobat yang ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

Di tempat ini, Anda dapat menikmati berbagai macam wahana permainan seru seperti River Tubing, Body Rafting, Fun Trail and ATV, Super Flying Fox, Kolam Sepeda Bebek untuk anak-anak, Jembatan Sasak, High rope, Rumah Pohon, dan masih banyak lagi.

Gunung Ireng Jogja

Gunung Ireng Jogja

Jika kita membahas tempat wisata di Gunung Kidul, akan terus terdapat berbagai pilihan yang menakjubkan. Kabupaten Gunung Kidul memang dikenal memiliki banyak tempat wisata alam yang mempesona di Jogja.

Salah satu spot yang tepat untuk menyaksikan momen sunrise dan sunset adalah Gunung Ireng Pengkok. Banyak orang yang sengaja datang ke tempat wisata ini untuk menikmati momen istimewa tersebut. Keindahan panorama alam yang memukau membuat kegiatan selfie di sini menjadi sangat spesial.

Terkadang, kabut asap yang tebal menyelimuti puncak Gunung Ireng Pengkok, menciptakan momen yang sangat istimewa seperti berada di negeri di atas awan.

Curug Tegalrejo

Curug Tegalrejo

Curug Tegalrejo, juga dikenal sebagai Curug Bayat, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang baru ditemukan di Gunung Kidul. Salah satu hal menarik tentang Curug Tegalrejo adalah strukturnya yang berlapis. Setiap lapisan memiliki tinggi yang berbeda. Di bawahnya terdapat kolam yang biasanya digunakan untuk bermain air.

Debit air terjun ini bervariasi tergantung pada musimnya. Pada musim kemarau, debit airnya relatif kecil, tetapi pada musim hujan, debit airnya cukup besar. Pengunjung dapat bermain air dengan melompat di antara batu-batu tebing yang ada di sekitar air terjun. Tempat ini masih alami dan tenang, sehingga liburan Anda akan semakin menyenangkan.

Taman Hutan Raya Bunder

Taman Hutan Raya Bunder

Gunung Kidul menawarkan berbagai tempat wisata alam yang menarik. Selain pantai-pantai yang indah, terdapat juga gunung dan hutan yang menakjubkan. Salah satu destinasi yang sangat layak untuk dikunjungi adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder.

Tahura Bunder memiliki luas sekitar 634 hektar yang meliputi Kecamatan Playen dan Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menikmati keindahan pepohonan yang ada di tahura ini, pengunjung perlu membayar retribusi dengan tarif yang terjangkau.

Suasana yang teduh, hening, dan nyaman di Tahura Bunder menjadikannya destinasi wisata yang sempurna untuk dikunjungi oleh keluarga.

Goa Selarong

Goa Selarong

Goa Selarong adalah sebuah tempat wisata alam yang juga memiliki nilai religi, spiritual, dan sejarah di Gunung Kidul.

Di kawasan ini terdapat dua gua utama, yaitu Goa Kakung dan Goa Puteri, yang menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keunikan tempat ini.

Goa Selarong memiliki sejarah yang penting, karena dulunya menjadi markas Pangeran Diponegoro dan pasukannya saat melancarkan aksi gerilya melawan penjajah Belanda antara tahun 1825 hingga 1830.

Keberadaan goa-goa tersebut menjadi saksi bisu dari perjuangan heroik yang dilakukan oleh Pangeran Diponegoro dan pasukannya dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Pantai Sundak

Pantai Sundak

Tidak ada yang tidak mengenal Gunungkidul, sebuah daerah di wilayah Yogyakarta yang saat ini menjadi primadona sebagai tujuan wisata. Deretan pantai-pantai begitu indah dan eksotis, membuat setiap orang yang mengunjunginya sulit melupakan pengalaman tersebut.

Di antara deretan pantai yang memukau tersebut, terdapat sebuah nama yang tak boleh terlewatkan, yaitu Pantai Sundak. Pantai ini tidak hanya menawarkan ketenangan, tetapi juga memiliki cerita dan keindahan yang luar biasa.

Pantai Sundak terkenal karena keindahan pasir putihnya yang memikat serta air laut yang jernih dan bersih. Di sisi kanan dan kiri pantai, terdapat batu karang besar yang memberikan karakteristik unik dan menjadi pemisah antara Pantai Sundak dengan pantai-pantai lainnya.

Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput

Menghabiskan waktu liburan dengan menikmati suasana pantai berpasir putih adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi banyak orang. Jika Anda ingin mewujudkan impian tersebut, berkunjung ke tempat wisata Gunung Kidul adalah pilihan yang tepat.

Salah satu pantai yang menarik dan seru untuk berkemah adalah Pantai Ngrumput. Pantai ini menawarkan pemandangan yang eksotis dan memberikan pengalaman camping yang tak terlupakan.

Keindahan Pantai Ngrumput masih sangat alami, dengan laut yang belum terkontaminasi oleh sampah, limbah, atau bahan kimia berbahaya yang dapat merusak ekosistem laut. Hal ini menjadikan pantai ini sebagai tempat yang ideal untuk menikmati keindahan alam yang masih terjaga dengan baik.

Pantai Jogan

Pantai Jogan

Pantai Jogan adalah salah satu pantai yang unik di Gunung Kidul. Pantai ini tidak memiliki hamparan pasir putih atau pasir cokelat seperti pantai-pantai lainnya. Yang ada hanyalah tebing indah dengan air terjun yang mempercantik pemandangannya.

Air terjun di Pantai Jogan dikenal sebagai Air Terjun Pengantin karena kepercayaan bahwa mandi di bawah air terjun ini dapat membantu seseorang mendapatkan jodoh dengan cepat.

Konon, air terjun ini memiliki kekuatan mistis yang dapat menghubungkan orang dengan pasangan hidup yang diimpikan.

Keunikan Pantai Jogan dan air terjunnya menjadikannya destinasi wisata Gunung Kidul ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai Sadeng

Pantai Sadeng

Pantai Sadeng adalah salah satu deretan pantai berpasir putih di Gunungkidul yang menawarkan pemandangan indah dan daya tarik yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, pantai ini juga dijuluki sebagai surga bagi para nelayan karena aktivitas nelayan yang dapat kita saksikan di sepanjang pantai.

Terletak di sebuah teluk kecil, Pantai Sadeng memiliki pesona yang tak terhingga meskipun garis pantainya tidak terlalu panjang. Para wisatawan dapat dengan bebas bermain air, berenang, atau hanya bersantai di atas pasir putih yang lembut, sembari menikmati hembusan angin laut yang sejuk.

Pantai Sadeng juga memiliki beberapa spot dan objek wisata menarik, seperti Telaga Suling yang mempesona, area kuliner yang menggugah selera, spot memancing yang menarik, serta spot-spot foto yang memukau. Setiap sudut pantai ini menawarkan pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan bagi para pengunjung.

Pantai Nampu Gunung Kidul

Pantai Nampu Gunung Kidul

Pantai Nampu terletak di Desa Jepitu, masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Wediombo. Kedua pantai ini hanya dipisahkan oleh tebing karang yang tidak terlalu tinggi.

Meskipun Pantai Wediombo sudah terkenal, Pantai Nampu masih terdengar cukup asing bagi banyak orang. Pantai ini memiliki suasana yang sepi dan alami, sehingga pantai ini pantas dijuluki sebagai surga tersembunyi.

Panorama utama Pantai Nampu adalah laut biru dengan pasir putih halus yang terhampar sejauh mata memandang. Barisan pohon pandan di tepi pantai menambah kesan teduh dan menambah keindahan pantai ini.

Bermain air di pantai merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Namun, perlu berhati-hati karena di tepi pantai terdapat batu karang yang besar. Sebagai tips, sebaiknya hindari bermain di area dekat batuan tersebut untuk menghindari risiko cedera.

Waktu terbaik untuk berenang di destinasi wisata Gunung Kidul ini adalah ketika sudah memasuki sore hari. Pada saat tersebut, air laut cenderung pasang dan mendekati bibir pantai. Selain itu, cuaca sekitar juga sudah tidak terlalu panas. Bermain air hingga matahari tenggelam pastinya akan menjadi aktivitas yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Baron Technopark

Baron Technopark

Baron Techno Park (BTP) adalah sebuah destinasi wisata edukasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat ini terletak di kawasan pantai Baron, Gunungkidul, dan menawarkan pengalaman liburan yang seru sekaligus kesempatan untuk belajar tentang pemanfaatan sumber energi alternatif.

Di Baron Techno Park, pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai aktivitas yang mengedukasi seputar energi alternatif. Tempat ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mempelajari berbagai konsep dan teknologi terkait energi ramah lingkungan, serta mengetahui cara-cara pemanfaatan sumber energi yang berkelanjutan.

Pantai Widodaren Gunung Kidul

Pantai Widodaren Gunung Kidul

Pantai Widodaren, yang diambil dari bahasa Jawa "widodari" yang berarti bidadari, adalah salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang tersembunyi. Keindahan pantai ini benar-benar memukau seperti pemandangan surgawi.

Meskipun Pantai Widodaren memiliki garis pantai yang relatif kecil dibandingkan pantai lainnya, namun kealamian dan kebersihan pasir pantainya sungguh menakjubkan. Pasir yang halus dan alami memberikan kesan yang begitu indah.

Salah satu hal yang unik tentang Pantai Widodaren adalah aksesnya yang harus melalui beberapa anak tangga kayu. Pantai ini tersembunyi di bawah tebing, bukanlah pantai yang datar dan mudah dijangkau.Saat air pasang, permukaan pantai akan tertutupi oleh air. Namun, saat hal ini terjadi, kamu masih dapat menikmati pemandangan yang indah dengan berada di atas bukit yang menghadap pantai. Dari sana, kamu dapat menikmati panorama yang menakjubkan dan mengagumkan.

Pantai Srakung

Pantai Srakung

Jika kamu ingin liburan di pantai tanpa harus menghadapi keramaian, maka Pantai Srakung adalah destinasi yang tepat untukmu. Pantai ini merupakan salah satu surga tersembunyi di Gunungkidul yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Kamu akan bisa menikmati keindahan pantai ini dengan bebas dan tanpa gangguan.

Akses menuju Pantai Srakung memang cukup menantang, dengan medan berbatu dan jalan yang sempit. Sebaiknya kamu menggunakan sepeda motor untuk melintasinya. Namun, tantangan ini sekaligus menjadi faktor mengapa Pantai Srakung masih jarang dikunjungi dan tetap sepi pengunjung.

Goa Gelatik

Goa Gelatik

Goa Gelatik merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, namun belum begitu populer di kalangan wisatawan. Hal ini wajar mengingat biasanya para wisatawan lebih tertarik mengunjungi pantai-pantai yang terkenal di daerah ini.

Pantai-pantai di Gunung Kidul memang terkenal eksotis karena luasnya yang membentang di sepanjang pesisir Samudera Hindia.

Namun, Goa Gelatik Lorong Sewu adalah obyek wisata ini dikategorikan sebagai minat khusus karena kondisinya yang cukup ekstrem, sehingga pengunjung harus mendapatkan panduan yang tepat saat menyusurinya.

Pantai Peyuyon

Pantai Peyuyon

Pantai merupakan salah satu destinasi liburan yang banyak diminati. Selain keindahan pemandangannya, pantai juga memiliki aura penyembuhan yang khas.

Yogyakarta, sebagai salah satu wilayah yang kaya akan keindahan alam, menyimpan ratusan pantai menawan. Salah satu pantai yang layak dikunjungi di Gunungkidul adalah Pantai Peyuyon.

Meskipun ukurannya relatif kecil, Pantai Peyuyon memberikan sensasi pantai pribadi yang sangat terasa. Dengan sedikit pengunjung, pengalaman berlibur di sini akan terasa lebih eksklusif.

Watu Payung

Watu Payung

Geoforest Watu Payung Turunan merupakan salah satu tujuan wisata di Gunung Kidul terbaru yang menarik. Tempat ini menghadirkan pemandangan perbukitan hijau yang luas dan tampak tak berbatas.

Selain keindahan alamnya yang memukau, Watu Payung Turunan juga menawarkan spot foto yang unik yang pastinya akan membuat foto-foto kamu di Instagram semakin keren.

Goa Bribin

Goa Bribin

Keberadaan karst yang meliputi sebagian besar wilayah Gunungkidul menjadikan kabupaten ini kaya akan goa-goa yang terletak di ketinggian.

Terdapat lebih dari 50 goa yang tersebar di seluruh wilayah Gunungkidul, namun masih banyak di antaranya yang belum begitu dikenal oleh para wisatawan, seperti Goa Bribin.

Goa Bribin memiliki karakteristik unik dengan rongga langit yang rendah dan dipenuhi dengan stalaktit dan stalagmit, sehingga pengunjung harus merunduk saat menyusuri goa ini.

Goa ini menawarkan pesona wisata baru berupa bendungan buatan yang terletak di bawah tanah, dengan kedalaman mencapai 100 meter.

Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum

Apabila Anda sedang mencari pantai yang tenang dan menawarkan pemandangan indah, Pantai Kayu Arum dapat menjadi pilihan yang direkomendasikan. Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Baron, tepatnya di sebelah baratnya.

Saat mengunjungi Pantai Kayu Arum, Anda akan terpesona dengan pesona alam yang masih alami, dengan pasir putih yang lembut dan bersih.

Pantai Mbirit

Pantai Mbirit

Pantai Mbirit merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang menawarkan banyak spot yang cocok untuk foto Instagramable. Keindahan alam menjadi daya tarik utama dari pantai ini, dengan pemandangan yang indah, menawan, dan eksotis.

Salah satu daya tarik khusus Pantai Mbirit adalah keberadaan dua tebing karang besar yang memagari pantai ini. Tebing karang ini memberikan nuansa khusus pada area sekitar pantai, membuatnya terasa lebih istimewa. Meskipun ukuran pantai ini relatif kecil, hal itu tidak mengurangi pesonanya.

Pantai Ngeden

Pantai Ngeden

Mendengar namanya pertama kali, mungkin akan muncul sedikit rasa penasaran. Namun, pantai di Gunung Kidul ini justru jauh dari kesan biasa. Terletak agak terpencil, Pantai Ngeden menyimpan keindahan alam yang masih terjaga.

Meskipun akses jalannya belum sepenuhnya maksimal, berkunjung ke sini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Hijau perbukitan yang mengelilingi dan birunya laut yang memikat akan memanjakan setiap wisatawan begitu tiba di lokasi.

Salah satu daya tarik utama Pantai Ngeden adalah lahan pasir yang berkontur landai dan cukup luas. Tempat ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan berkemah.

Wisatawan dapat bermalam dan menjalankan camping di sekitar pantai, menghabiskan waktu malam yang menyenangkan di bawah bintang-bintang.

Pantai Sanglen

Pantai Sanglen

Meskipun terdengar asing di telinga, Pantai Sanglen menyimpan keindahan yang sangat menenangkan. Tempat wisata di Gunung Kidul ini menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjung.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan di Pantai Sanglen adalah keadaan ombaknya yang bisa menjadi perhatian. Ombaknya yang diam-diam menghanyutkan membuat kita harus berhati-hati saat bermain air, terutama saat pasang. Namun, saat ombak surut, pengunjung dapat menikmati bermain ombak di sekitar pantai dengan aman dan menyenangkan.

Saat sore mulai menjelang, pemandangan di Pantai Sanglen semakin memukau. Banyak pengunjung yang duduk di atas hamparan pasir, menunggu matahari tenggelam di sebelah barat. Saat itulah momen yang indah dan menakjubkan ketika langit berubah menjadi warna-warni yang mempesona.

Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, terutama jika dibandingkan dengan kepopuleran Pantai Parangtritis. Namun, jangan salah sangka, keindahan Pantai Watu Lawang tak kalah menariknya.

Nama "watu lawang" diberikan karena terdapat sebuah batu yang menyerupai pintu atau lawang di tempat wisata Gunung Kidul ini.

Saat pertama kali tiba di pantai ini, kamu akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang luas dan panorama lautan biru yang memukau sejauh mata memandang.

Di sini, kamu dapat menikmati bermain ombak di tepi pantai yang menyejukkan. Selain itu, Pantai Watu Lawang juga menyediakan fasilitas kemping yang memungkinkan kamu untuk menghabiskan malam di sini.

Pantai Seruni

Pantai Seruni

Pantai Seruni merupakan destinasi wisata Gunung Kidul yang menarik untuk sobat kunjungi. Menurut penduduk setempat, nama "Seruni" diambil dari bunga seruni yang memiliki nama ilmiah Chrysanthemum atau Chrysous yang berarti emas.

Di pantai ini, kamu akan disuguhkan pemandangan indah yang dipadukan dengan alam sekitarnya. Tempat ini terjaga kebersihannya dan memiliki suasana yang tenang.

Terdapat berbagai spot menarik yang cocok untuk berfoto dan selfie dengan latar belakang keindahan tebing dan batu karang. Kamu dapat mengekspresikan gaya favoritmu sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Karena pantai ini terbilang sepi, kamu bisa bermain sepak bola atau voli pantai hingga menjelang malam bersama teman atau keluarga. Kesempatan bermain air dan bermain pasir pantai juga tak akan membuatmu bosan, karena airnya yang bersih dan pesona pasir kecokelatannya yang memikat.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Gunung Kidul terbaru paling hits. Sungguh luar biasa, bukan? Daerah ini memang patut mendapat julukan "1001 pantai" karena kekayaan alamnya yang melimpah dengan pantai-pantai yang menakjubkan.

Tentunya, hal ini membuat kita tak sabar untuk segera berpetualang ke wilayah ini dan mengeksplorasi keindahan alamnya. Dari pantai-pantai eksotis dengan pasir putih, ombak yang menantang, hingga tebing-tebing karst yang memukau, Gunung Kidul memiliki segalanya.

Bagikan:

Open chat
Hello 👋
Ada yang bisa di bantu?