Sendratari Ramayana: Harga Tiket dan Jadwal Pertunjukan

admin

Sendratari Ramayana

Episode 4: Api Suci Sita

Di babak terakhir pertunjukan Sendratari Ramayana ini, cerita berfokus pada peperangan antara Rama dan Rahwana. Setelah melalui pertarungan sengit, akhirnya Rahwana gugur di tangan Rama dan kerajaan Alengka jatuh ke tangan Wibisana.

Namun sayangnya, setelah kemenangan tersebut Rama menolak Dewi Sita karena merasa ia sudah tidak suci lagi. Rama menduga Dewi Sita telah disentuh oleh Rahwana sehingga kesuciannya telah hilang.

Untuk membuktikan ketulusan hatinya, Dewi Sita memasuki api. Namun hal ajaib terjadi, api tersebut tidak menyakiti Dewi Sita dan ia keluar dari api dengan suci. Adegan ini menjadi penutup yang indah bagi pertunjukan Sendratari Ramayana di Prambanan.

Jadwal Pertunjukan Sendratari Ramayana

Jadwal Pertunjukan Sendratari Ramayana

Pementasan Sendratari Ramayana biasanya diadakan pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan durasi sekitar 1,5 hingga 2 jam, mulai pukul 19.30 hingga 21.30 WIB. Namun, pada hari-hari spesial atau saat high season, pertunjukan dapat dilakukan beberapa hari berturut-turut.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Prambanan selama menonton pementasan, disarankan untuk datang saat bulan kemarau karena pertunjukan lebih sering dilakukan di teater terbuka yang menawarkan pemandangan indah. Sedangkan pada musim hujan, pertunjukan lebih sering dilakukan di teater indoor Trimurti.

  • Senin: Tidak ada pertunjukan
  • Selasa: Tidak ada pertunjukan
  • Rabu: Pertunjukan diadakan di dalam Candi Prambanan
  • Kamis: Pertunjukan diadakan di dalam Candi Prambanan
  • Jumat: Pertunjukan diadakan di teater terbuka Trimurti
  • Sabtu: Pertunjukan diadakan di teater terbuka Trimurti
  • Minggu: Pertunjukan diadakan di teater terbuka Trimurti

Anda disarankan untuk membeli tiket sebelumnya untuk memastikan tempat duduk yang diinginkan tersedia, terutama pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu karena biasanya tiket pada hari-hari tersebut cepat terjual habis. Tiket dapat dibeli secara online atau langsung di lokasi. Untuk informasi jadwal lengkap dan lokasi pertunjukan, dapat dicek melalui website resmi TWC atau sosial media Ramayana Ballet.

Tips Menonton Pertunjukan Sendratari Ramayana

Tips Menonton Pertunjukan Sendratari Ramayana

Untuk menikmati pertunjukan Sendratari Ramayana dengan maksimal, ada beberapa tips yang dapat dilakukan:

  • Datang lebih awal agar memiliki cukup waktu untuk menikmati suasana sekitar teater.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan tidak mengganggu selama menonton pertunjukan.
  • Jangan lupa membawa air minum dan bekal makanan ringan karena pertunjukan berlangsung selama sekitar 1,5 jam.
  • Matikan ponsel atau atur mode diam agar tidak mengganggu penonton lain dan juga para pemain.
  • Jangan melemparkan benda apapun ke panggung selama pertunjukan berlangsung.

Aktivitas Menarik Lainnya

Sambil menanti waktu pementasan yang masih cukup malam, terdapat banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di sekitar Prambanan. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang Anda sebelum pementasan dimulai:

Mengunjungi Candi di Sekitar

Anda bisa memanfaatkan waktu siang hari sebelum pementasan untuk menjelajahi beberapa candi di sekitar area Prambanan. Tentu saja, Candi Prambanan adalah candi utama yang harus Anda kunjungi, karena tempat ini juga menjadi lokasi pementasan.

Baca: Museum Affandi: Sejarah & Harga Tiket Masuk

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Candi Ratu Boko yang terletak tidak jauh dari Prambanan. Spot ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam.

Anda juga dapat menyaksikan panorama matahari terbenam dan pemandangan kota Jogja dari Candi Ijo yang berdekatan dengan Tebing Breksi. Sambil menikmati suasana yang tenang, Anda dapat merasakan keindahan matahari terbenam yang memikat.

Wisata Kuliner di Tebing Breksi

Anda yang merasa lapar dapat mencoba mampir ke Tebing Breksi yang menawarkan berbagai macam kuliner khas Jogja yang lezat. Di samping itu, pemandangan tebing breksi yang sangat instagramable juga dapat dinikmati sambil bersantai dan berfoto mengabadikan momen yang indah. Selain perut yang kenyang, suasana hati juga akan menjadi lebih ceria.
Berbelanja Souvenir

Anda tidak boleh melewatkan untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Jogja yang tersedia di sekitar kawasan Candi Prambanan. Di sini, Anda bisa menemukan jajanan tradisional seperti bakpia dan berbagai macam cemilan lezat lainnya tanpa harus pergi jauh ke toko oleh-oleh di kota.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan kerajinan tangan unik seperti pajangan, topi, dan produk lokal lainnya. Barang-barang yang dijual sangat cocok untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan selama liburan Anda di Jogja. Jadi, jangan lupa untuk berbelanja sebelum kembali ke rumah!

Lokasi dan Rute Menuju Pementasan Sendratari Ramayana

Jika Anda berencana untuk menonton pementasan Sendratari Ramayana, Anda bisa mengunjungi kawasan sekitar Prambanan. Pementasan ini berlokasi di Jl. Raya Solo-Yogyakarta No.Km 16, Rogem, Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

Lokasinya sangat dekat dengan pintu masuk utama Candi Prambanan, sehingga mudah untuk ditemukan. Jika Anda kesulitan menemukan jalan, Anda dapat menggunakan navigasi Google Maps untuk membantu Anda.

Selain itu, jika Anda ingin perjalanan yang lebih nyaman, Anda juga dapat memanfaatkan jasa sopir dari rental fortuner Jogja yang akan mengantarkan Anda langsung ke lokasi. Dengan begitu, Anda dapat bersantai selama perjalanan dan tidak perlu khawatir tentang rute yang harus diambil.

Bagikan: