Plunyon Kalikuning: Harga Tiket & Daya Tarik Wisata

admin

Plunyon Kalikuning

Wahana jembatan pohon ini dikenal dengan nama Canopy Trail. Wahana ini dapat menahan beban maksimal hingga 350 kilogram atau sekitar 5 orang. Bagi anak-anak yang ingin mencoba wahana ini harus didampingi oleh orang dewasa.

Konservasi Satwa Dilindungi

Saat mengunjungi Plunyon Kalikuning, para pengunjung akan menemukan area konservasi burung yang sangat menarik. Kawasan ini merupakan bagian dari Taman Nasional yang dikelola secara profesional oleh pemerintah dan sering digunakan untuk penelitian dan observasi. Di sini, terdapat satwa-satwa yang dilindungi, termasuk Elang Jawa yang merupakan satwa endemik Pulau Jawa dan hampir punah.

Elang Jawa hidup di wilayah perbukitan lereng Gunung Merapi dan lembah terjal, sehingga menjadi hewan yang sangat langka dan butuh perlindungan dari negara. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat Elang Jawa dan satwa lainnya di kawasan konservasi ini saat berkunjung ke Plunyon Kalikuning.

Liburan Sambil Menambah Pengetahuan

Saat berkunjung ke Plunyon Kalikuning, selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat memperkaya pengetahuan mereka. Petugas di Plunyon sangat ramah dan senang berbicara tentang Taman Nasional Gunung Merapi.

Mereka akan dengan senang hati berbagi informasi tentang kawasan konservasi dan hutan di sekitarnya. Dengan begitu, wisatawan dapat memperoleh banyak pengetahuan yang bermanfaat selama berada di sana.

Fasilitas

Lokasi rekreasi ini menawarkan beragam fasilitas yang cukup memadai bagi pengunjungnya. Terdapat fasilitas toilet, musala, dan tempat cuci tangan yang telah tersedia di sana. Selain itu, tersedia juga area istirahat dan beberapa kursi yang nyaman untuk beristirahat sejenak.

Tempat parkir yang luas juga tersedia tidak terlalu jauh dari tempat wisata. Di samping itu, tersedia fasilitas pengelolaan sampah yang menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Rute Jalan Ke Plunyon Kalikuning

Saat mendekati Plunyon Kalikuning, terdapat jalan yang sedikit menanjak namun tidak terlalu terjal. Jalan tersebut sudah dibangun dengan baik dan dilapisi aspal sehingga nyaman untuk dilalui.

Kendaraan besar seperti bus dapat mencapai jalan utama di jalur Bebeng, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejenak untuk mencapai Plunyon. Sedangkan kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil dapat langsung memasuki area parkir.

Lokasi Plunyon Kalikuning

Tempat wisata alam ini terletak di Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, sekitar 24 kilometer dengan waktu tempuh berkendara selama sekitar 50 menit.

Bagikan: