46 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Populer

admin

Oleh-Oleh Khas Jogja

Tiwul biasanya disajikan dengan gula dan parutan kelapa. Namun, beberapa orang memakannya seperti nasi dengan sambal bawang, lombok ijo, gathot, dan belalang goreng. Ada juga tiwul instan yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh praktis di toko khas Jogja. Nikmati kuliner khas ini dan rasakan sensasi rasa yang unik!

Sale Pisang Crispy

Sale Pisang Crispy

Meski bukan makanan asli Yogyakarta, Sale telah menjadi primadona dan berkembang di daerah tersebut sebagai oleh-oleh khas yang tahan lama.

Jika belum tahu, Sale adalah camilan yang terbuat dari pisang yang diiris tipis kemudian digoreng. Sebelum digoreng, irisan pisang dijemur agar lebih kering dan mikroba yang menempel mati.

Untuk memberikan rasa pada Sale, biasanya diberi gula dan beberapa varian memberikan perasa lain seperti keju. Camilan ini biasanya disajikan dengan diberi tepung agar saat dikunyah terasa renyah, walaupun tanpa tepung juga tetap lezat untuk dinikmati.

Sebagian besar Sale pisang memiliki rasa manis dan renyah, namun jika dibuat pada musim hujan, rasa Sale bisa berubah karena sinar matahari yang terhalangi saat dijemur.

Untuk mengatasi hal tersebut, Sale pisang dikeringkan secara tradisional dengan cara di-asapkan dari kayu, atau ada juga yang menggunakan asap belerang dan natrium bisulfit.

Harga satu kemasan Sale mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000 dan mampu bertahan lama. Kamu bisa menemukan Sale di berbagai toko oleh-oleh di Yogyakarta dan sekitarnya.

Itulah sebagian dari oleh-oleh khas Jogja kekinian yang paling populer dan wajib kamu bawa pulang saat liburan ke Jogja. Mana yang membuatmu merasa terpanggil untuk mencicipinya?

Bagikan:

1 thought on “46 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Populer”

Leave a Comment