46 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Populer

admin

Oleh-Oleh Khas Jogja

Harap dicatat bahwa kipo hanya tahan selama 24 jam sebelum akhirnya menjadi tidak enak untuk dimakan. Salah satu tempat penjualan kipo terdapat di Jalan Mondorakan Nomor 27, Kotagede yang dapat dibeli ketika masih hangat.

Pada saat itulah, kipo akan lebih nikmat ketika dinikmati bersama dengan secangkir kopi atau teh hangat.

Geblek

Geblek adalah camilan khas Jogja yang terbuat dari tepung tapioka basah dengan rasa yang gurih dan renyah. Asalnya dari Kulonprogo, sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bumbu bawang menjadi rahasia utama dalam membuat geblek menjadi lezat.

Bentuknya seperti donat dengan lubang di tengah, tetapi terdiri dari 3-5 cincin yang menyatu. Biasanya geblek hanya dijual di Kulonprogo, tetapi beberapa pusat oleh-oleh di daerah lain juga menjualnya dalam kondisi mentah.

Untuk dinikmati, geblek harus digoreng terlebih dahulu. Akan tetapi, geblek mentah hanya bisa bertahan selama 4 hari setelah pembuatan. Harganya terjangkau, hanya 10 ribu untuk satu wadah geblek mentah.

Bakmi Jogja Sundoro

Bakmi Jogja Sundoro

Saat ini, kamu bisa menikmati bakmi godhog instan yang praktis dan mudah disajikan. Bakmi godhog yang merupakan masakan khas Jogja, kini tersedia dalam kemasan instan, sehingga kamu dapat menikmatinya dengan cara yang sama seperti mie instan biasanya.

Bakmi Jogja Sundoro adalah produsen pertama bakmi godhog dalam kemasan. Satu kemasannya hanya dijual dengan harga Rp12 ribu. Kamu tidak perlu khawatir tentang kualitas bahan yang digunakan karena bakmi instan ini rendah karbohidrat, tidak mengandung pengawet, dan tidak mengandung MSG. Jadi, jangan ragu untuk mencoba!

Mamahke Jogja

Mamahke Jogja

Bagaimana dengan merasakan kelezatan dari Mamahke Jogja? Ya, oleh-oleh khas Jogja modern milik Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca ini benar-benar menarik perhatian. Kue bolu tiga lapis yang menawan ini memiliki beragam varian rasa.

Ada setidaknya 7 rasa lezat yang dapat kamu coba. Untuk para penggemar coklat, kamu bisa memilih choco banana dengan potongan buah pisang yang manis, atau double chocolate yang memiliki rasa coklat yang kuat. Varian best seller lainnya seperti green tea dan tiramisu juga layak untuk dibawa pulang.

Keripik Tempe Sagu

Jangan lupa mencoba camilan khas Yogyakarta yang unik bernama keripik tempe sagu jika kamu suka ngemil. Tapi ingat, keripik ini tidak sama dengan keripik tempe biasa.

Keripik tempe sagu memiliki tekstur yang lebih renyah dan biji tempe yang terlihat jelas karena dicampur dengan sagu. Rasanya yang gurih dan renyah pasti disukai oleh semua orang, sehingga cocok sebagai oleh-oleh.

Suvenir dan Pernak-pernik Malioboro

Liburan ke Jogja nggak afdol rasanya kalau belum mampir ke Malioboro. Pasar legendaris ini punya segudang toko dan penjual suvenir dengan harga yang bersahabat.

Cocok banget buat kamu yang hobi belanja. Ada segala macam cendera mata, mulai dari tas, baju, batik, perhiasan seperti kalung, cincin, dan gelang, mainan kayu, dan masih banyak lagi.

Serunya lagi, kamu bisa membeli suvenir di Malioboro sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan sahabatmu. Harganya murah meriah, jadi nggak akan membuat kantong bolong. Yuk, ke Malioboro!

Barang Antik di Pasar Beringharjo

Selain Malioboro, cobalah singgah sejenak di Pasar Beringharjo untuk membeli koleksi barang antik. Pasar ini menawarkan beragam barang antik seperti koin kuno, porselen, patung-patung dewa, perabotan zaman dulu, dan bahkan arca.

Kamu bisa menemukan benda-benda unik seperti setrika uap dan lainnya di sini, dan yang lebih menarik, harganya cukup bersahabat. jangan ragu untuk menawar terlebih dahulu ya!

Kerajinan Kulit

Kerajinan Kulit

Jogja juga mempunyai kerajinan kulit yang cukup populer. Biasanya pengrajin kulit di daerah ini mengkreasikannya menjadi tas, dompet, sepatu, dan berbagai jenis barang lainnya.

Salah satu daerah di Jogja yang terkenal dengan kerajinan kulit adalah Desa Wisata Manding. Desa ini merupakan sentra kerajinan kulit yang sudah ada sejak tahun 1970 an. Di desa ini terdapat sekitar 40 workshop kerajinan kulit yang selalu ramai didatangi wisatawan.

Kamu juga bisa datang ke tempat ini untuk mendapatkan barang-barang dari kulit. Bahkan tidak sebatas membeli, di sini kamu juga bisa melihat proses pembuatan produk kulit di workshop tersebut.

Tiwul

Tiwul

Awalnya, tiwul adalah makanan pengganti nasi untuk penduduk Gunung Kidul ketika masa paceklik. Kini, tiwul telah menjadi salah satu oleh-oleh favorit Jogja. Kuliner ini terbuat dari gaplek atau singkong yang telah dijemur dan ditumbuk, lalu dikukus.

Bagikan:

1 thought on “46 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Populer”

Leave a Comment