46 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Populer

admin

Oleh-Oleh Khas Jogja

Brownies Ubi Ungu Jogja

Brownies Ubi Ungu Jogja

Selain brownies coklat yang sudah terkenal, ada juga oleh-oleh khas Jogja yang tak kalah lezat yaitu brownies ubi ungu. Selain rasanya yang enak dan lembut, brownies ubi ungu ini juga praktis dan mudah dibawa-bawa, cocok untuk menjadi alternatif oleh-oleh yang simpel.

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Dalam bahasa Jawa, wedang uwuh memiliki arti “minuman sampah”. Nama ini diberikan karena minuman ini terdiri dari campuran rempah-rempah yang bervariasi, seperti kayu secang, cengkeh, kayu manis, jahe, dan gula batu, sehingga terlihat seperti sampah.

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang memberikan cita rasa manis, pedas, dan segar, sangat cocok untuk menikmati saat cuaca dingin. Selain itu, campuran rempah-rempah pada minuman ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan, minuman ini banyak dibeli sebagai oleh-oleh oleh para wisatawan. Kamu dapat menemukan wedang uwuh di beberapa toko oleh-oleh di Jogja.

Keripik Belut

Keripik Belut

Yogyakarta terkenal akan kelestarian kebudayaannya. Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam tentang kebudayaan Jogja, kamu bisa mengunjungi desa wisata, seperti Desa Wisata Kasongan dan Desa Wisata Tembi.

Setelah berkunjung ke desa wisata di Jogja, jangan lupa membeli oleh-oleh keripik welut. Kamu bisa singgah ke Pusat Kuliner Belut Godean, Sleman yang berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota.

Di sini, kamu bisa menemukan banyak penjual keripik welut yang renyah dan lezat. Harganya sekitar Rp100.000/kg tergantung pada ukuran dan campuran tepungnya.

Selain keripik, pusat kuliner ini juga menjual berbagai olahan belut, seperti mangut welut, pepes welut, sego welut, hingga sambal penyet welut. Yummy!

Tahu Susu Bakso (Tasuba)

Tahu Susu Bakso

Bagi kamu yang mencari oleh-oleh unik dari Jogja, jangan lupa untuk mencoba tasuba. Ya, tasuba bukan hanya oleh-oleh khas Semarang, tetapi juga bisa kamu temukan di Jogja.

Tasuba Jogja ini memiliki rasa yang lezat dan bisa bertahan hingga 6 bulan tanpa pengawet. Tasuba terbuat dari tahu yang diisi dengan adonan bakso yang gurih dan enak. Harganya juga terjangkau, sekitar Rp32.000 untuk isi 5-10 buah. Jangan lewatkan untuk mencicipinya!

Jadah Tempe

Jadah tempe, makanan khas Jogjakarta yang satu ini memiliki gengsi yang tinggi. Pasalnya, pada era 1950-an, makanan ini menjadi salah satu favorit dari Hamengkubowono IX.

Hingga kini, jadah tempe masih menjadi makanan yang populer dan banyak dibudidayakan serta dijual sebagai oleh-oleh khas Jogja.

Blangkon

Blangkon

Blangkon, penutup kepala yang terbuat dari kain batik, merupakan ikon khas dari Jogjakarta. Para petinggi dan keturunan ningrat dari Kesultanan Jogja sering kali mengenakan blangkon, bahkan Sultan sendiri juga sering memakainya.

Tak heran jika blangkon menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogja yang mudah ditemukan di pusat perbelanjaan!

Surjan

Surjan

Surjan merupakan busana tradisional khas Jawa yang sering dikenakan oleh masyarakat Jogja pada acara-adat tertentu, misalnya upacara adat Jawa. Busana yang unik ini sangat menarik untuk dijadikan oleh-oleh karena motifnya yang khas.

Surjan memiliki dua jenis motif yang berbeda, yaitu surjan lurik yang bermotif garis-garis dan surjan ontrokusuma yang dihiasi dengan motif bunga.

Surjan lurik biasanya digunakan oleh masyarakat biasa karena bahan yang digunakan kasar dan warnanya cenderung gelap seperti coklat, kuning, dan abu-abu.

Sementara itu, surjan ontrokusuma biasa digunakan oleh kaum bangsawan dan dibuat dari bahan sutra yang dihiasi dengan bunga-bunga warna-warni.

Bagi Anda yang ingin membeli surjan, dapat mencarinya di Pasar Beringharjo atau dari pedagang kaki lima yang berada di sepanjang jalan Malioboro. Di sana, surjan biasanya dijual dengan harga sekitar Rp45.000,00 hingga ratusan ribu, tergantung pada motif dan kelengkapannya seperti blangkon.

Pathilo

Sebagai daerah penghasil singkong terbesar, Gunungkidul tidak mau ketinggalan dalam hal inovasi makanan. Salah satu kreasinya yang cukup terkenal adalah Pathilo yang dihasilkan untuk meningkatkan nilai jual singkong. Pathilo sendiri terbuat dari singkong yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan cita rasa gurih dan renyah.

Bagikan:

1 thought on “46 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Populer”

Leave a Comment