46 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Populer

admin

Oleh-Oleh Khas Jogja

Tradisionalnya, geplak dikemas dalam besek anyaman bambu, namun sekarang tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti stroberi, kacang, jahe, dan lainnya.

Kain Batik Jogja

Kain Batik Jogja

Selain kuliner, kain batik juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang terkenal. Ada berbagai jenis batik yang berasal dari kota ini, termasuk motif ceplok, kawung, parang, dan semen.

Setiap motif batik memiliki filosofi dan makna yang berbeda-beda. Misalnya, motif parang yang memiliki makna sakral tidak cocok digunakan untuk semua acara.

Selain dijual dalam bentuk kain atau baju, batik Yogyakarta juga dijadikan souvenir, tas, sandal, dan barang-barang lainnya. Anda bisa menemukan batik-batik tersebut di Malioboro dan Pasar Beringharjo.

Dagadu Jogja

Kain Batik Jogja

Tak hanya batik, para wisatawan juga memburu produk fashion terkenal dari Jogja yaitu Dagadu Jogja. Dagadu Jogja menyediakan aneka ragam aksesori khas Jogja, mulai dari kaos, topi, tas, dan masih banyak lagi. Namun, yang membedakan Dagadu dari merek fashion lainnya adalah plesetan kocak yang dicetak di bagian depan kaos.

Kata “Dagadu” ternyata merupakan bahasa walikan Jogja yang berarti “matamu”. Selain unik, produk-produk Dagadu juga sangat terjangkau harganya. Jadi, tak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam.

Bagi kamu yang tertarik membeli produk Dagadu, kamu bisa mendapatkannya di Yogyatorium Dagadu Djokdja. Jangan sampai kelewatan ya!

Salak Pondoh Jogja

Salak Pondoh Jogja

Selain camilan, ada satu buah yang wajib kamu bawa sebagai oleh-oleh dari Jogja, yaitu salak pondoh. Buah ini dihasilkan dari kebun budi daya salak pondoh di Sleman, khususnya di lereng Gunung Merapi.

Yang unik, kamu bisa memetik langsung buah salak dari pohonnya untuk kamu bawa pulang atau dimakan di tempat. Rasa buahnya sangat segar dan manis, jadi cocok banget sebagai oleh-oleh Jogja yang wajib kamu bawa pulang.

Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan

Bagi penggemar barang antik dan keramik, pastikan untuk membeli gerabah Kasongan sebagai cendera mata khas Jogja.

Kamu bisa menemukan berbagai macam kerajinan tanah liat, seperti guci, patung, vas bunga, dan teko di Jalan Raya Kasongan (Desa Wisata Kasongan). Kamu bahkan bisa melihat langsung proses pembuatannya yang menarik. Yuk, jangan lewatkan keseruan ini!

Kerajinan Perak

Kerajinan Perak

Kasongan terkenal sebagai kampung gerabah, sedangkan Kotagede merupakan sentra kerajinan perak yang terkenal. Keterampilan mengukir, mengolah, dan menempa perak telah dipraktikkan oleh penduduk Kotagede secara turun-temurun.

Di Kotagede, kamu dapat membeli berbagai souvenir perak seperti anting, cincin, kalung, bahkan patung miniatur yang terbuat dari perak. Semua produk dihasilkan dengan kualitas terbaik dan bahkan telah diekspor ke luar negeri.

Harga kerajinan perak bervariasi tergantung pada motif, ukuran, dan tingkat kesulitan pembuatannya. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membeli kerajinan perak ini sebagai hadiah untuk orang yang kamu sayangi?

Belalang Goreng

Belalang Goreng

Oleh-oleh khas Jogja yang satu ini bisa dikatakan sangat ekstrem. Walang goreng khas Gunungkidul merupakan camilan belalang goreng!

Namun jangan khawatir, cobalah untuk menikmati walang goreng sebagai oleh-oleh unik khas Jogja dan bawa pulang untuk dibagi-bagikan bersama keluarga atau teman-teman.

Walang goreng ini ternyata sangat lezat dan juga kaya akan kandungan protein. Kamu bisa memilih dari tiga rasa yaitu gurih, pedas, dan bacem. Harganya bervariasi, tetapi rata-rata sekitar Rp50.000 untuk satu toples.

Jangkrik Krispi

Jangkrik Krispi

Bagi sebagian orang, mungkin terdengar cukup eksentrik jika mengonsumsi serangga sebagai makanan. Namun, di Jogjakarta, serangga seperti jangkrik dan serangga malah dijadikan sebagai cemilan oleh-oleh yang unik dan menarik.

Cemilan dari serangga ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga bisa dijadikan alternatif camilan yang lebih sehat. Selain itu, rasanya juga cukup lezat dan gurih.

Jika kamu penasaran, kamu bisa mencoba mencicipi dan membeli oleh-oleh cemilan serangga di pasar tradisional atau toko oleh-oleh khas Jogjakarta. Pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan!

Bagikan:

1 thought on “46 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Populer”

Leave a Comment