46 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Populer

admin

Oleh-Oleh Khas Jogja

Jogja Scrummy

Jogja Scrummy

Ada salah satu oleh-oleh Jogja kekinian yang unik nih, dibuat oleh seorang aktor ternama dari ibu kota, yakni Dude Harlino. Oleh-oleh tersebut diberi nama Jogja Scrummy, dan merupakan perpaduan yang pas antara brownies kukus dan puff pastry.

Banyak sekali pilihan rasa yang bisa kamu coba, mulai dari cokelat, kacang, cheese original, frosting cheese, taro, dan caramel. Mau mencoba sensasi unik dari Jogja Scrummy?

Peyek Mbok Tumpuk

Peyek Mbok Tumpuk

Bengong sambil ngemil peyek yang gurih memang bikin mupeng. Makanya, kalau kamu berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk bawa pulang oleh-oleh Jogja khas Mbok Tumpuk yang legendaris ini.

Terbuat dari tepung beras dan kacang tanah pilihan yang diolah dengan cermat, peyek Mbok Tumpuk ini jadi camilan yang bikin lidah bergoyang dan bikin ketagihan. Pastikan kamu membawa oleh-oleh Jogja yang satu ini agar liburanmu ke Jogja semakin berkesan.

Jogja Regale

Jogja Regale

Mau mencoba oleh-oleh Jogja murah selain bakpia yang unik dan berbeda dari yang lain? Kamu bisa mencicipi Jogja Regale! Kue lapis ini terbuat dari bahan dasar tiwul yang membuatnya tampak menarik dan modern. Namun, jangan salah, cita rasanya tetap menghadirkan kenikmatan jajanan tradisional tiwul yang legendaris.

Perpaduan antara rasa tradisional dari tepung gaplek dengan berbagai varian topping kekinian seperti coklat dan keju, akan membuat kamu tak bisa berhenti memakannya. Selain itu, Jogja Regale juga tahan hingga 4 hari di suhu ruang, sehingga kamu bisa membawanya pulang untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman di rumah.

Lumpia Samijaya

Lumpia Samijaya

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kelezatan Lumpia Samijaya saat berkunjung ke Jalan Malioboro yang terkenal! Street food legendaris ini menyajikan lumpia dengan isian bengkuang, sayur, dan telur yang melimpah.

Kamu tidak hanya dapat menikmatinya saat berjalan-jalan di sepanjang Malioboro, namun juga bisa membawa pulang. Pastikan untuk memesannya dalam keadaan setengah matang dan dikemas dengan rapat agar tetap terjaga kelezatannya ketika sampai di rumah.

Gudeg Kaleng

Gudeg Kaleng

Salah satu makanan khas Jogja yang sangat populer adalah gudeg. Penganan ini selalu menjadi incaran para wisatawan ketika berkunjung ke daerah ini. Rasanya yang gurih, manis, dan sedikit pedas membuat orang ketagihan.

Terdapat dua jenis gudeg yang bisa dipilih, yaitu gudeg kering atau gudeg kaleng, dan gudeg basah. Kedua jenis tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Gudeg basah harus segera disantap dan tidak bisa bertahan lama, sedangkan gudeg kering dapat bertahan beberapa hari.

Untuk oleh-oleh, gudeg kaleng bisa menjadi pilihan yang tepat karena bisa bertahan hingga 3-5 hari. Dengan inovasi ini, Anda bisa membawa makanan khas Yogyakarta ini ke daerah asal Anda.

Dowa Bag Jogja

Dowa Bag

Ternyata, oleh-oleh khas Jogja kekinian tak selalu sebatas kuliner, loh. Bagi kamu yang menggemari tas berkualitas premium dan berdesain unik, wajib mampir ke gerai tas yang satu ini.

Tas rajutan tangan yang diproduksi secara eksklusif ini telah memikat hati banyak orang, bahkan sampai ke mancanegara. Dengan desain yang trendy dan stylish, tas ini pasti bisa meningkatkan mood orang terdekatmu. Yuk, jangan sampai kelewatan!

Bakpia Pathok

Bakpia Pathok

Bakpia atau bakpia pathuk merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja yang paling populer di kalangan wisatawan. Kelezatan panganan ini sudah sangat terkenal, bahkan sekarang sudah bisa didapatkan di luar Yogyakarta.

Bakpia umumnya memiliki tiga varian rasa, yaitu kacang hijau, cokelat, dan keju. Hampir semua merek dagang bakpia menawarkan ketiga varian rasa tersebut. Seiring berjalannya waktu, bahkan sudah ada bakpia kukus yang tampilannya jauh berbeda dengan bakpia biasa.

Meskipun menjadi makanan khas Yogyakarta, kabarnya bakpia berasal dari Tiongkok, di mana kata “bak” berarti daging dan “pia” berarti kue. Jadi, di Tiongkok bakpia merupakan kue pipih dengan isian daging.

Yangko Jogja

Yangko Jogja

Jika Sukabumi punya kuliner khas mochi, maka Daerah Istimewa Yogyakarta punya Yangko. Kuliner yang satu ini mirip dengan mochi. Bahan dasar yang digunakan juga tepung ketan dan tekstur yang dihasilkan juga kenyal.

Sedikit perbedaan mungkin terletak pada bentuk. Yangko memiliki bentuk kotak persegi. Awalnya panganan ini hanya mempunyai rasa kacang, namun makin ke sini pilihan rasanya makin beragam, ada rasa melon, durian, cokelat, dan lain-lain.

Bagi kamu yang suka dengan makanan manis, kuliner yang satu ini wajib kamu coba. Kamu bisa mendapatkannya di daerah Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Geplak Jogja

Geplak Jogja

Geplak adalah jajanan yang terbuat dari ketan, parutan kelapa, dan gula jawa. Warna bulatannya biasanya hijau, coklat, atau merah muda dan rasanya manis.

Bagikan:

1 thought on “46 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Populer”

Leave a Comment