37 Oleh-oleh Khas Bali Kekinian yang Tahan Lama

admin

Oleh-oleh Khas Bali

Oleh-oleh khas Bali yang tahan lama dan kekinian selalu menjadi favorit dan keharusan untuk dibeli oleh para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam oleh-oleh seperti jajanan, makanan, aksesoris, kaos, tas, dan souvenir khas Bali yang lengkap dan unik.

Bali merupakan provinsi yang sangat terkenal di Indonesia. Tak hanya di kalangan masyarakat dalam negeri, namun juga di luar negeri. Hal ini tidak mengherankan karena di Bali terdapat banyak tempat wisata yang sangat indah, terutama pantai-pantainya seperti Pantai Kuta dan Sanur serta tempat-tempat lain yang tidak kalah menarik. Oleh karena itu, Bali sering dijadikan sebagai destinasi wisata yang populer untuk berlibur.

Selain sebagai tempat berlibur, Bali juga merupakan pusat oleh-oleh yang terkenal. Ketika berkunjung ke Bali, banyak orang yang membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman di rumah. Bahkan, rasanya kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh ketika berkunjung ke Bali. Dengan begitu, tidak heran jika banyak sekali ragam oleh-oleh khas Bali yang dijual di berbagai tempat.

Daftar Oleh-oleh Khas Bali yang Terkenal

Di Bali, tersedia banyak sekali pilihan oleh-oleh yang dapat Anda beli, mulai dari pakaian, jajanan, hingga aksesoris. Hampir setiap tempat di Bali menyediakan pusat oleh-oleh, sehingga memudahkan Anda dalam memilih oleh-oleh yang diinginkan.

Namun, tidak jarang masih ada orang yang merasa bingung dalam memilih oleh-oleh khas Bali murah. Jika Anda salah satu dari mereka, jangan khawatir karena dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai oleh-oleh khas Bali dan harganya.

Heavenly Chocolate Bali

Heavenly Chocolate Bali

Bali terkenal sebagai daerah penghasil biji kakao terbaik di Indonesia dan menyajikan berbagai macam olahan cokelat berkualitas tinggi dengan merek lokal seperti Heavenly Chocolate Bali.

Salah satu keunikan cokelat Bali adalah kemasannya yang elegan dan penggunaan campuran kakao lokal dengan cokelat dari Belgia yang terkenal akan kelezatannya. Pilihan rasa yang tersedia beragam, seperti dark chocolate, milk caramel, taro, dan matcha. Wisatawan asing juga membeli varian beralkohol seperti rum dan baileys.

Merk cokelat lokal lain yang harus dicoba adalah Pod Chocolate dengan cita rasa yang tak kalah lezat. Harga satu kotak cokelat Bali berkisar antara Rp15.000,00 hingga Rp100.000,00 tergantung jenis dan ukuran kemasan.

Anda bisa menemukan cokelat Bali ini di toko oleh-oleh khas Bali, restoran, dan supermarket di Bali. Jangan lupa untuk membawa pulang cokelat Bali sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman di rumah.

Dodol Buleleng Bali

Dodol Buleleng Bali

Dodol Buleleng adalah salah satu variasi dodol yang tidak kalah lezat dengan Dodol Betawi atau Dodol Garut. Dodol ini berasal dari daerah Buleleng dan dibuat dengan cara tradisional, sehingga memiliki cita rasa yang khas dan unik.

Dodol Buleleng memiliki ciri khas pada kemasannya yang dibuat dari daun jagung kering dan diikat dengan tali rafia. Bentuknya mirip seperti permen atau guling kecil yang biasanya terlihat menggantung di etalase penjualnya.

Baca: 27 Oleh-Oleh Khas Malang Kekinian Harga Murah

Harga untuk setiap gantung dodol Buleleng sekitar Rp10.000,00 dan setiap gantung berisi 10 buah. Anda bisa membawa dodol Buleleng sebagai oleh-oleh tanpa khawatir jamuran karena bisa bertahan hingga 3 minggu. Jadi, jangan lupa untuk mencoba dan membawa pulang dodol Buleleng ketika berkunjung ke Bali.

Pie Susu Bali

Pie Susu Bali

Pie Susu menjadi salah satu jajanan khas Bali yang terkenal dengan rasa manis dan renyah. Bentuknya tipis, bulat dengan pinggiran crusty dan biasanya diisi dengan vla susu creamy yang manis.

Rasa pie susu Bali bervariasi, dari original, keju, kismis, kacang almond, hingga choco chips. Pie Susu Dhian dan Pie Susu Enaaak adalah merek-merek terkenal yang bisa Anda coba.

Harga satu kotak Pie Susu Bali sekitar Rp25.000,00 dengan isi 10 buah. Karena terkenal, biasanya harus antre cukup lama untuk mendapatkan satu kotak. Namun, rasa lezat dan kenangan manis dari Bali yang akan Anda dapatkan pasti sepadan dengan usaha Anda.

Pia Legong

Pia Legong

Bakpia tak hanya terkenal di Jogja, namun varian bakpia lainnya juga bisa Anda temukan di Pulau Dewata, yaitu Pia Legong. Pia Legong telah ada sejak tahun 2006 dan menjadi favorit para wisatawan karena jajanan tradisional ini dikemas dengan cara yang modern.

Terdapat tiga pilihan rasa yang bisa Anda nikmati, yaitu kacang hijau, cokelat, dan keju. Masing-masing varian rasa ini bisa bertahan hingga 1 hingga 2 minggu. Ciri khas Pia Legong Bali terletak pada ukurannya yang besar dan diproduksi setiap hari dengan jumlah terbatas.

Agar bisa membeli sekotak Pia Legong isi 8 buah, Anda harus bersiap-siap untuk mengantre dan hanya diperbolehkan membeli maksimal dua kotak. Untuk menghindari kehabisan, Anda bisa memesan jauh-jauh hari sebelum membeli. Harga Pia Legong sendiri berkisar sekitar Rp100.000,00 per kotak tergantung dari jumlah isian dan varian rasa yang dipilih.

Kacang Disco

Kacang Disco Bali

Kacang Disco atau yang dikenal sebagai Kacang Kribo, telah menjadi camilan populer di seluruh Indonesia termasuk di Bali. Namun, Kacang Disco Bali memiliki cita rasa yang berbeda dan unik dengan bumbu rempah yang sangat khas.

Resep pembuatan Kacang Disco Bali cukup mudah karena hanya memerlukan bahan-bahan seperti kacang, tepung, dan bumbu rempah. Anda dapat menemukan camilan ini di berbagai pusat oleh-oleh Bali dengan berbagai varian rasa seperti pedas, udang, keju, dan barbeque.

Untuk membeli Kacang Disco Bali, Anda dapat mengeluarkan dana sekitar Rp25.000,00 per bungkus dengan ukuran kira-kira 250gr. Camilan gurih dan renyah ini cocok dinikmati saat santai dan dapat dijadikan oleh-oleh khas Bali yang lezat dan unik.

Kacang Koro Bali

Kacang Koro Bali

Kacang Koro Bali merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang populer di Bali dan disukai oleh banyak wisatawan. Anda dapat menemukan berbagai olahan kacang koro dengan berbagai pilihan rasa seperti asin, pedas, atau rasa barbeque di hampir semua toko oleh-oleh khas Bali.

Kacang Koro dari Bali memiliki bentuk yang tipis dan warna kuning keemasan yang berbeda dengan kacang koro biasanya yang masih berkulit dan berwarna kecoklatan. Rasa kacang koro Bali sangat gurih dan renyah sehingga cocok untuk menjadi teman makan Anda di perjalanan atau saat bersantai menikmati minuman.

Harga kacang koro Bali cukup terjangkau, satu bungkus dijual dengan harga mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung ukurannya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh khas Bali yang satu ini saat berkunjung ke Bali.

Kacang Asin Bali

Kacang Asin Bali

Kacang asin Bali merupakan salah satu oleh-oleh makanan khas Bali yang wajib Anda coba saat berkunjung ke pulau dewata. Kacang asin yang juga dikenal dengan sebutan Kacang Bali ini memiliki rasa gurih yang unik dengan sedikit sentuhan rasa asin yang pas di lidah.

Kacang asin Bali ini termasuk makanan yang tahan lama dan cocok untuk dijadikan camilan selama perjalanan jauh. Di antara berbagai merek kacang asin Bali, Kacang Bali Rahayu menjadi salah satu yang paling terkenal dan diminati oleh wisatawan.

Anda bisa membeli kacang Rahayu dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil dengan harga sekitar Rp7.000,00 per bungkus, hingga ukuran terbesar seberat 800 gram dengan harga sekitar Rp100.000,00. Jangan lupa mencicipi kelezatan kacang asin Bali yang menjadi ikon kuliner khas Bali.

Kacang Matahari Bali

Kacang Matahari Bali

Jika ingin membawa oleh-oleh khas Bali yang unik, kacang-kacangan pasti menjadi pilihan yang tidak pernah habis. Selain kacang disko, kacang asin rahayu, dan kacang koro Bali, ada satu lagi kacang yang tak kalah lezat, yaitu Kacang Matahari.

Mengapa disebut Kacang Matahari? Karena merek kacang ini memang bernama Matahari. Bahan utama dari kacang matahari adalah kacang tanah pilihan yang sudah dikupas hingga merata.

Setelah dikupas, kacang-kacang tersebut direndam dalam air yang dicampur dengan bumbu-bumbu pilihan. Tujuannya agar bumbu meresap dengan sempurna dan menghasilkan cita rasa yang unik ketika dimakan. Setelah direndam, kacang-kacang tersebut digoreng dengan api sedang hingga matang.

Bagaimana cara mendapatkan kacang matahari yang lezat ini di Pulau Dewata? Kamu bisa membelinya langsung di toko oleh-oleh. Kini, sudah sangat mudah untuk mendapatkannya, karena kamu dapat memesannya secara online melalui e-commerce. Ada berbagai ukuran kemasan yang tersedia untuk Kacang Matahari ini, mulai dari yang kecil hingga sedang dengan rasa bawang yang khas.

Kerupuk Kulit Babi

Kerupuk Kulit Babi

Bagi para pecinta kerupuk, pasti sudah tidak asing lagi dengan kerupuk kulit. Seperti namanya, bahan baku utama pembuatan kerupuk kulit adalah kulit hewan seperti sapi yang telah dikeringkan dan diolah khusus, kemudian dijemur di bawah sinar matahari yang terik hingga menjadi renyah. Setelah itu, kerupuk kulit digoreng dengan suhu yang sedang, ditiriskan dan dikemas.

Namun, di Bali, ada kerupuk kulit yang berbeda dan terbuat dari kulit babi yang disebut samchan oleh masyarakat setempat. Meskipun nampak mirip dengan kerupuk kulit sapi, namun teksturnya lebih renyah dan mudah rapuh serta memiliki warna yang lebih cerah bahkan beberapa bahkan terlihat lebih putih daripada kerupuk kulit sapi yang biasa dijual di pasaran. Samchan dapat dinikmati oleh semua kalangan dan menjadi alternatif kerupuk kulit yang berbeda.

Kopi Kintamani

Kopi Kintamani

Bagi para penggemar kopi, Anda tak boleh melewatkan kesempatan untuk menikmati Kopi Kintamani, salah satu jenis kopi terbaik dari Bali. Kopi ini memiliki rasa asam yang unik dan khas karena hanya dapat tumbuh di lokasi tertentu bersama dengan pohon jeruk dan cokelat.

Kualitas Kopi Kintamani bahkan sudah terkenal di seluruh dunia dan memenuhi standar ekspor internasional. Selain dalam bentuk bubuk, kopi ini juga tersedia dalam bentuk biji atau permen kopi yang sudah diolah.

Kopi Arabika khas Bali ini bisa Anda temukan di beberapa toko oleh-oleh Bali, kedai kopi, atau langsung dari daerah Kintamani itu sendiri. Harganya bervariasi tergantung pada jenis kopi dan ukuran kemasan yang Anda pilih. Jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang Kopi Kintamani sebagai oleh-oleh khas Bali yang otentik.

Keripik Ceker Ayam Bali

Keripik Ceker Ayam Bali

Untuk Anda penggemar makanan asin dan gurih, coba pertimbangkan Keripik Ceker Ayam Bali sebagai alternatif oleh-oleh khas Bali. Dibuat dari ceker ayam tanpa tulang yang dilengkapi dengan bumbu dan rempah-rempah tradisional, keripik ini memiliki rasa yang gurih dan asin yang khas.

Keripik ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tulang karena mengandung protein, kapur, dan kolagen yang penting untuk tubuh. Konsumsi rutin keripik ceker ayam ini dapat membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Anda dapat dengan mudah menemukan Keripik Ceker Ayam Bali ini di hampir setiap toko oleh-oleh dan jajanan khas Bali dengan merek Jago. Harga satu bungkus Keripik Ceker Ayam ini juga sangat terjangkau sekitar Rp15.000,00 untuk ukuran 250 gram.

Sambal Kemasan Bali

Sambal Kemasan Bali

Jika Anda suka makanan pedas dan sambal, jangan lewatkan untuk mencicipi sambal khas Bali yang bisa menjadi oleh-oleh Anda. Sambal ini merupakan racikan asli dari Bali yang terbuat dari berbagai macam bahan-bahan yang lezat.

Sambal kemasan ini cocok untuk dijadikan teman makanan khas Bali yang enak, seperti nasi campur Bali atau Ayam Betutu. Selain sambal, Anda juga bisa membeli berbagai macam bumbu racik dalam kemasan botol yang praktis untuk dibawa saat perjalanan jauh.

Anda bisa memilih banyak merek sambal yang tersedia, seperti Sambal Bu Susan, Sambal Bu Emma, atau Hot Mama Sambal. Jenis sambal yang ada juga beragam, seperti sambal terasi, sambal bawang, sambal bongkot, dan sambal roa khas Bali. Harga sambal ini terjangkau mulai dari Rp17.000,00 hingga Rp50.000,00 per botolnya tergantung jenis sambal dan kemasannya.

Mie Babi Instan Spesial

Mie Babi Instan Spesial

Jenis oleh-oleh khas Bali yang berasal dari babi tidak hanya kerupuk kulit, namun juga mi instan berbumbu rasa babi, dikenal sebagai Mibabi. Terdapat dua varian yaitu mi goreng dan mi kuah, dengan pilihan rasa soto, rawon, goreng spesial, dan samchan.

Nikmati sensasi gurihnya bersama kerupuk kulit babi yang renyah. Meski tidak tersedia di banyak tempat, Mibabi dapat kamu beli di outlet Sari Indah Residence Padangsambian Kaja, Denpasar. Harga per paketnya sekitar Rp8.000 dengan jam operasional weekdays 09:00-17:00 WIB dan weekend 09:00-15:00 WIB.

Coklat Luwak Bali

Coklat Luwak Bali

Anda yang ingin mencicipi oleh-oleh khas Bali yang unik, dapat memilih Coklat Luwak Bali sebagai pilihan yang tepat. Coklat jenis ini hanya tersedia di pulau Bali dan sangat diminati oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Cara pembuatannya hampir sama dengan Kopi Luwak, yaitu biji kakao harus menjadi makanan luwak sebelum akhirnya diproses. Coklat Luwak Bali memiliki rasa yang lebih nikmat karena tidak terasa pahit dan tidak perlu menggunakan gula.

Anda dapat membeli Coklat Luwak Bali di beberapa toko di sekitar tempat wisata Bali atau di outlet resminya. Harga Coklat Luwak ini cukup mahal, yakni sekitar Rp100.000,00 hingga Rp400.000,00 per kilogramnya. Namun, harga tersebut sebanding dengan rasa yang dihasilkan dan proses yang sulit untuk mendapatkannya.

Djamoekoe Bali

Djamoekoe Bali

Tak heran jika Bali menjadi tempat di mana kamu bisa menemukan beragam minuman herbal yang menyehatkan dan memberikan manfaat bagi tubuh. Salah satu yang patut dicoba sebagai oleh-oleh khas Bali adalah Djamoekoe, yang tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tapi juga menyegarkan.

Djamoekoe sebenarnya adalah jamu yang dikemas dalam botol yang menarik, dengan varian rasa seperti Kunyit Asam, Coco Leo, Mr.Turbo, dan Coco Detox. Kamu dapat membelinya di outlet Djamoekoe di Ubud, Gianyar dengan harga sekitar Rp40.000 per botol 600 ml. Jam operasionalnya dari pukul 08:00 – 20:00 WITA. Djamoekoe hadir untuk memberikan manfaat yang menyegarkan bagi tubuhmu.

Salak Bali

Salak Bali

Salah satu oleh-oleh khas Bali yang sayang untuk dilewatkan adalah buah Salak Bali. Rasa dari buah Salak Bali ini bahkan mampu menyaingi Salak Pondoh yang sudah sangat terkenal dengan rasa manisnya yang istimewa. Jenis Salak Bali yang terkenal adalah Salak Bali Gula Pasir.

Buah Salak jenis ini memiliki ukuran buah dan biji yang lebih kecil dari jenis Salak lainnya. Meskipun demikian, Salak Gula Pasir Bali ini memiliki rasa manis dan daging buah berwarna putih yang sangat sesuai dengan namanya.

Saat musim panen, harga Salak Bali jenis ini bisa sangat murah, yakni sekitar Rp20.000,00 per kilogram. Namun saat bukan musimnya, harga per kilogramnya bisa mencapai angka Rp90.000,00. Anda bisa membeli Salak Bali ini di sejumlah pasar tradisional Bali atau di sekitar Bandara, meski harganya akan lebih mahal.

Bakpia Eiji

Bakpia Eiji

Pie Eiji merupakan alternatif lain selain Pia Legong yang juga nikmat di Bali. Pie Eiji menyajikan lebih banyak varian rasa, mulai dari stroberi, durian, kacang tanah, cokelat, keju, dan lainnya.

Pie Eiji Bali memiliki ciri khas kemasan kuning cerah dengan bentuk yang unik dan isian tebal. Hampir semua varian rasa Pie Eiji Bali dapat bertahan hingga satu bulan kecuali kacang hijau yang hanya tahan dua minggu.

Anda dapat membeli Pie Eiji langsung di sejumlah cabang Pia Eiji Bali yang terletak di sekitar Kota Denpasar. Harga Pie Eiji relatif lebih terjangkau, dimulai dari Rp50.000,00 per kotak dengan isi 8 buah. Jika ingin memesan jajanan khas Bali ini dalam jumlah besar, sebaiknya memesan terlebih dahulu ke Toko Pia Eiji.

Brem Bali

Brem Bali

Oleh-oleh khas Bali terbaru yang murah dan diminati wisatawan adalah Brem Bali. Bahan bakunya adalah ketan putih dan hitam yang difermentasi menjadi minuman beralkohol.

Brem Bali biasanya di konsumsi pada upacara adat, tetapi dapat dijadikan oleh-oleh untuk orang dewasa yang menyukai alkohol.

Kamu dapat membelinya di toko oleh-oleh resmi di Bali seperti The Keranjang Bali atau Krisna Bali. Dewi Sri adalah salah satu merek brem Bali yang terkenal sejak dulu dan telah memiliki izin BPOM-RI.

Bagiak Bali

Bagiak Bali

Bagi Anda yang sudah mencicipi kuliner khas Bali pasti familiar dengan Kue Bagiak Bali. Kue kering khas ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan bahan-bahan seperti minyak nabati, gula, dan mentega.

Rasa dari Kue Bagiak ini sedikit gurih dan manis dengan tekstur kering dan renyah. Kue Bagiak sangat cocok menjadi camilan ketika bersantai di sore hari atau ketika perjalanan pulang dari Bali.

Saat ini, Kue Bagiak juga telah dikemas secara praktis dan bisa ditemukan di berbagai toko kue kering khas Bali. Harganya pun terjangkau, hanya sekitar Rp15.000,00 per kotak dengan isi 155 gram. Kelebihan lain dari kue ini adalah daya tahan yang cukup lama, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh dari Bali.

Jajan Wajik Bali

Jajan Wajik Bali

Jika kamu suka dengan makanan manis dan legit, jajan wajik bisa menjadi oleh-oleh khas Bali yang cocok untuk keluarga di rumah. Meskipun termasuk dalam jenis kue basah, namun wajik dapat bertahan beberapa hari terutama jika disimpan dalam lemari es.

Kamu bisa membeli kue wajik ini dengan mudah di pasar tradisional dan toko oleh-oleh di Bali dengan berbagai macam kemasan dan ukuran sesuai selera.

Walaupun sekarang sudah banyak aneka ragam jajanan kekinian yang bermunculan di Bali, namun jajan wajik tetap menjadi salah satu kue yang digemari masyarakat sampai wisatawan. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau dan cocok untuk kantong wisatawan.

Pisang Rai Bali

Pisang Rai Bali

Buah pisang merupakan salah satu buah yang selalu ditemukan dalam setiap acara keagamaan dan adat di Bali selain salak. Selain dijadikan sebagai makanan utama, pisang juga bisa diolah menjadi makanan dan kue yang legit dan manis, salah satunya adalah pisang rai atau jaje pisang.

Kuliner ini telah ada sejak zaman dahulu dan dibuat dari pisang tanduk yang sudah tua dan tepung, serta gula merah. Pisang rai biasanya disajikan dengan parutan kelapa yang menambah cita rasa lezatnya, hampir mirip dengan klepon yang terkenal di masyarakat Jawa. Kamu dapat menemukannya di pasar tradisional atau dari pedagang pinggir jalan.

Kaos Joger Bali

Kaos Joger Bali

Kaos Joger Bali telah menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang mengunjungi Bali. Belum lengkap rasanya bila tak membeli kaos asli dari Joger yang khas dan unik.

Keunikan kaos ini terletak pada kata-kata menggelitik yang tertera di bagian depan atau belakang kaos. Selain kaos, Joger juga menawarkan berbagai pernak-pernik khas Bali seperti sandal joger, topi, jaket, dan gantungan kunci.

Anda dapat mengunjungi toko Joger atau Teman Joger di Denpasar dan Luwus untuk mendapatkan produk Joger. Berbagai barang Joger yang terjangkau cocok menjadi oleh-oleh bagi kerabat saat kembali dari Bali.

Batu Akik Bali

Batu Akik Bali

Bagi penggemar batu-batuan, Bali merupakan destinasi impian. Terutama di kawasan Ubud dan sekitarnya, di mana batu alam sering diolah menjadi perhiasan seperti cincin dan kalung. Kamu dapat menemukan berbagai jenis batu eksotis dan indah dari seluruh Nusantara, serta batu impor seperti green opal di toko Batu Batu Bali.

Toko ini terletak di Jalan Raya Ubud No.18, Gianyar, dan menjual batu-batu tersebut dengan harga mulai dari Rp50.000 per biji.

Kebaya Bali

Kebaya Bali

Kebaya Bali adalah salah satu oleh-oleh yang cocok dibawa pulang setelah liburan ke Bali. Kebaya ini memiliki ornamen bunga dan bordiran khas yang membuat penggunanya terlihat cantik.

Warna dan model kebaya Bali sangat bervariasi, mulai dari putih polos hingga kebaya Bali modern berwarna terang. Kini sudah tersedia kebaya Bali hijab untuk wisatawan muslim.

Anda bisa mendapatkan kebaya Bali ini di Krisna Bali atau toko kain Bali. Harganya tergantung pada model dan ukuran kain yang digunakan untuk membuat kebaya.

Batik Bali

Batik Bali

Kain adalah salah satu oleh-oleh khas Bali yang sangat dihargai, terutama Batik Bali yang tak kalah cantik dengan Batik Pekalongan maupun Batik Jogja. Batik ini sering dikenakan pada upacara adat dan acara formal lainnya di Bali.

Motif Batik Bali memiliki filosofi yang berbeda dengan motif batik di Jawa, mencerminkan keadaan dan kepercayaan Bali. Motif batik singa barong adalah salah satu motif Bali yang terkenal dan menjadi pilihan favorit para wisatawan sebagai oleh-oleh.

Banyak rental bus Bali yang menawarkan kunjungan ke pusat pengrajin batik Bali sebagai destinasi wisata, tempat di mana Anda bisa memilih berbagai macam bentuk Batik Bali seperti sandal, kemeja, kaos, tas, dan lainnya. Batik Bali adalah souvenir yang sangat layak untuk dibawa pulang dari Bali.

Kain Pantai Bali

Kain Pantai Bali

Ketika berkunjung ke pantai-pantai di Bali, Anda pasti sering melihat wisatawan memakai kain berwarna-warni bermotif bunga yang cantik. Kain tersebut dikenal sebagai kain pantai Bali yang terbuat dari bahan yang halus dan terasa sejuk.

Tidak jarang pula wisatawan menjadikan kain pantai Bali sebagai oleh-oleh khas Bali untuk dibawa pulang. Selain sebagai kain, bahan yang lembut ini bisa dimanfaatkan sebagai baju pantai yang nyaman saat dipakai.

Baca: 46 Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Populer

Kain pantai Bali dapat dibeli di sejumlah toko di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh Bali. Harganya terjangkau, berkisar antara Rp15.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung pada ukuran dan motifnya. Jadi, jangan lupa untuk membeli kain pantai Bali sebagai oleh-oleh Anda ketika berkunjung ke Bali.

Tas Rotan Bali

Tas Rotan Bali

Tas rotan menjadi salah satu oleh-oleh khas Bali yang tak boleh kamu lewatkan. Tas ini sangat populer di kalangan wisatawan asing karena kesan eksotisnya. Selain itu, tas rotan yang dibuat dengan bahan dasar rotan juga dikenal awet dan berkualitas tinggi.

Kamu bisa membeli tas rotan ini di toko oleh-oleh khas Bali atau di pasar tradisional dengan harga terjangkau. Harga tas rotan biasanya dimulai dari Rp150.000 untuk ukuran kecil hingga Rp350.000 untuk ukuran besar.

Kaos Barong Bali

Kaos Barong Bali

Kaos Barong, kaos legendaris asal Bali, menampilkan wajah tokoh khas Bali, Barong. Kaos ini tersedia dalam banyak warna dan desain yang berbeda, cocok dipakai oleh pria, wanita, dan anak-anak dari berbagai usia.

Kaos barong terbuat dari berbagai bahan, mulai dari kain tipis hingga tebal. Harga kaos barong terjangkau, mulai dari belasan ribu rupiah. Kamu dapat membelinya di seluruh penjuru Bali.

Udeng Bali

Udeng Bali

Bagi para pria yang ingin merasakan nuansa kebudayaan Bali, Udeng adalah salah satu item yang harus dimiliki. Udeng atau Ikat Kepala khas Bali ini menjadi pasangan sempurna dari Kebaya Bali yang biasanya dikenakan oleh para wanita.

Udeng Bali memiliki ciri khas berupa warna mencolok yang mempunyai makna tertentu, berbeda dengan Udeng Jawa. Meskipun begitu, saat ini Udeng Bali dapat dipakai kapan saja dan oleh siapa saja, tidak hanya pada saat upacara tertentu.

Anda bisa mendapatkan Udeng Bali di pasar-pasar tradisional, pusat oleh-oleh Bali, atau langsung di tempat pengrajinnya di Desa Sidemen. Selain itu, Anda juga dapat membeli Udeng Bali di hampir semua tempat wisata Bali atau pura.

Untuk harganya, Anda tidak perlu khawatir karena masih sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp15.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung pada jenis motif yang dipilih. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli Udeng Bali sebagai oleh-oleh khas Bali yang akan memberikan nuansa kebudayaan yang unik dan menarik bagi Anda.

Miniatur Gamelan Bali

Traditional percussive music instruments Bali, Indonesia

Bila kamu menyukai hal-hal tradisional dan musik, beli miniatur gamelan dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh khas Bali. Miniatur gamelan yang dijual di Bali sangat indah dan berkualitas tinggi.

Ada beragam bentuk miniatur gamelan yang bisa kamu beli, dengan harga mulai dari Rp40.000 hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dari bentuknya dan di mana kamu membelinya, seperti di daerah Klungkung atau Ubud.

Kerajinan Batok Kelapa

Kerajinan Batok Kelapa Bali

Kerajinan yang paling diminati oleh wisatawan di Bali adalah kerajinan dari batok kelapa. Kerajinan ini biasanya berbentuk peralatan makan seperti piring, kendi, wadah hias, dan nampan. Kerajinan batok kelapa terkenal karena kekuatan dan ketahanannya yang luar biasa dan sering diekspor ke luar negeri. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp10.000 karena biasanya dibuat di home industry.

Aneka Ragam Gelang Handmade Bali

Aneka Ragam Gelang Handmade Bali

Ketika kamu berkeliling pantai di Bali, pasti akan menemukan banyak penjual aksesoris seperti gelang yang cantik dan berwarna-warni. Gelang-gelang buatan tangan tersebut dibuat dengan baik oleh para penjual, dan bisa kamu beli dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp3.500 saja.

Kamu bisa membeli gelang-gelang buatan tangan ini untuk dirimu sendiri atau sebagai hadiah untuk teman atau keluarga, baik di toko oleh-oleh khas Bali maupun dari para penjual di pantai.

Kerajinan Perak Bali

Kerajinan Perak Bali

Desa Celuk, Pusat Kerajinan Perak di Bali, adalah destinasi tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan oleh-oleh khas Bali yang unik dan berbeda. Di sini, Anda akan menemukan berbagai macam barang hasil karya para pengrajin Bali yang sangat terkenal, mulai dari perhiasan hingga peralatan makan.

Kualitas barang yang dihasilkan di Desa Celuk sudah mendunia dan menjadi salah satu komoditas ekspor Bali yang paling terkenal. Dan yang lebih menarik lagi, Anda masih bisa menawar harga lebih murah daripada harga yang tertera di etalase toko.

Dengan keberuntungan, Anda bisa mendapatkan perhiasan cantik seperti cincin, anting, gelang, dan kalung hanya dengan setengah harga dari harga pasaran. Kerajinan perak Bali dari Desa Celuk sangat cocok sebagai oleh-oleh dan cendera mata khas Bali yang bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari liburan Anda di Bali.

Produk Spa Bali

Produk Spa Bali

Oleh-oleh khas Bali yang bisa dibawa pulang adalah produk spa yang berkualitas tinggi. Bali terkenal dengan spa yang menenangkan dan memuaskan, dan produk-produk spa khas Bali juga mempengaruhi layanan spa tersebut.

Produk spa seperti lotion, body scrub, dan parfum yang wangi sangat cocok sebagai hadiah untuk ibu, teman, saudara perempuan, pacar, atau bahkan untuk diri sendiri. Harga produk spa khas Bali bervariasi, mulai dari Rp12.000 hingga ratusan ribu rupiah, sehingga kamu bisa memilih produk spa yang sesuai dengan selera dan budgetmu.

Songket Sidemen Bali

Songket Sidemen Bali

Anda tidak bisa melewatkan daerah Sidemen di Karangasem jika Anda ingin membeli kain songket khas Bali. Kain songket Sidemen memiliki motif dan warna yang unik dan dibuat menggunakan tenunan benang emas atau perak.

Keindahan kain songket Sidemen sudah sangat terkenal di seluruh dunia, sehingga menjadikannya sebagai salah satu kain termahal. Terdapat empat jenis songket yang dapat Anda pilih yaitu songket Sidemen emas, perak, katun atau campuran kain songket Sidemen.

Jika Anda datang ke Sidemen, tepatnya di Desa Cepik, Anda dapat melihat langsung proses produksi kain ini. Dengan harganya yang fantastis, tidak heran jika kain songket Sidemen menjadi salah satu oleh-oleh bergengsi dari Bali.

Topeng Bali

Topeng Bali

Karya seni ukir Bali memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, salah satunya adalah Topeng Bali. Topeng Bali terkenal dengan bentuknya yang khas dan warna yang cerah, menjadikannya salah satu oleh-oleh Bali yang banyak dicari oleh wisatawan.

Topeng Barong dan Topeng Leak Seram adalah dua jenis topeng Bali yang sangat diminati oleh wisatawan. Anda bisa membeli topeng ini di berbagai pasar seni di Bali seperti Pasar Seni Sukawati atau Pasar Seni Kumbasari.

Selain membeli, Anda juga bisa mengambil kursus mengukir Topeng Bali di beberapa galeri seni ukir di Desa Mas Bali. Hasil karya Anda bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan yang unik dari liburan di Bali. Topeng Bali adalah salah satu dari banyaknya karya seni ukir Bali yang layak dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali kekinian.

Mukena Bali

Di Bali, meskipun mayoritas penduduknya beragama Hindu, tetapi Bali juga terkenal sebagai pusat pembuatan mukena yang sangat terkenal. Mukena Bali dibuat dari bahan rayon halus yang nyaman saat dikenakan.

Mukena Bali tersedia dalam berbagai macam corak dan warna yang cantik dan pastinya akan memukau wanita muslim yang melihatnya. Terutama menjelang hari raya Idul Fitri, banyak orang yang mencari mukena khas Bali untuk dibeli.

Layangan Bali

Layangan Bali

Salah satu oleh-oleh khas Bali yang terkenal adalah layangan khas Bali yang memiliki berbagai corak, warna, dan bentuk yang unik. Layangan ini dapat digunakan sebagai hiasan dinding ataupun dekorasi rumah, serta bisa diberikan sebagai kado untuk anak-anak. Bentuk layangan yang paling populer adalah burung garuda dan kapal.

Harga layangan khas Bali bervariasi mulai dari Rp40.000 tergantung pada tingkat kerumitan dan keunikan. Ada baiknya mencari penjual lain untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Terdapat banyak jajanan, makanan, dan barang menarik lainnya selain yang telah disebutkan sebelumnya, yang dapat menjadi pilihan cenderamata Anda. Semua barang tersebut tersedia dengan mudah di pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Bali kekinian.

Bagikan:

Tags

Leave a Comment