30 Makanan Khas Jogja Yang Enak Selain Gudeg

admin

Makanan Khas Jogja

Wedang Ronde

Wedang Ronde

Selain Wedang Uwuh, ada lagi minuman khas Jogja yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, yakni Wedang Ronde. Meski asalnya dari Cina dan bernama Tangyuan, minuman ini telah mengalami penyesuaian dengan budaya Jawa.

Tepung ketan dijadikan bola-bola yang diisi kacang, kemudian dimasak dan disajikan dengan air jahe. Ditambahkan pula candil, kacang, dan potongan roti yang memberikan rasa unik dan hangat pada wedang ronde ini.

Biasanya Wedang Ronde dapat ditemukan di sore hingga malam hari di pinggir jalan Malioboro atau jalan-jalan sekitar Jogja. Harganya pun sangat terjangkau, cukup dengan Rp5.000,00 untuk satu mangkuk Wedang Ronde yang hangat dan nikmat.

Kopi Jos

Kopi Jos

Di Angkringan Jogja, selain Nasi Kucing yang terkenal, terdapat juga minuman Kopi Jos yang cocok menemani malam Jogja. Kopi Jos atau “joss” diberi nama demikian karena disajikan dengan arang yang masih membara.

Proses pembuatan Kopi Jos dimulai dengan mengecilkan bara arang, kemudian dicelupkan ke dalam gelas berisi kopi panas. Dalam sekejap, arang membara menimbulkan suara “joss” dan memberi rasa unik yang berpadu dengan keharuman kopi hitam yang pekat.

Anda bisa menemukan Kopi Jos di hampir setiap sudut kota Jogja, salah satunya di Angkringan Lek Man di dekat stasiun Tugu. Harga segelas Kopi Jos ini sangat terjangkau, hanya sekitar Rp5.000,00 saja termasuk dengan arang merah yang masih membara di dalamnya.

Terima kasih telah membaca rekomendasi kuliner khas Jogja yang nikmat. Artikel di atas semoga dapat menambah pengetahuan kamu mengenai makanan khas Jogja yang enak dan menggugah selera. Selamat menikmati kelezatan kuliner khas Jogja saat kamu berwisata di kota ini!

Bagikan:

Open chat
Hello 👋
Ada yang bisa di bantu?