30 Makanan Khas Jogja Yang Enak Selain Gudeg

admin

Makanan Khas Jogja

Bakmi Jowo, atau yang dikenal juga sebagai Bakmi Jawa, Bakmi Jogja, atau Mie Godog Jogja, dibuat dengan merebus mie kuning kemudian diberi tambahan telur, sayuran, dan bumbu yang membuat cita rasanya begitu khas. Anda bisa menemukannya di warung-warung terdekat di sekitar tempat wisata Jogja.

Anda dapat menikmati makanan khas Jogja ini dengan mudah, baik di warung pinggir jalan maupun restoran yang tersedia di Jogja dengan harga sekitar Rp15.000,00 per porsi tergantung pada jenis Bakmi yang dipilih, seperti Bakmi Godog atau Bakmi Goreng.

Enthok Slenget

Enthok Slenget

Bagi penggemar rasa pedas, kuliner Jogja ini cocok sekali untuk Anda cicipi. Daging enthog yang sebelumnya alot, diolah oleh ahli kuliner hingga menjadi lembut dan terendam dalam kuah pekat yang mirip semur, hanya saja enthog slenget ini memiliki rasa pedas yang khas.

Saat disajikan dengan nasi hangat yang masih mengepul, dilengkapi dengan lalapan kubis dan potongan mentimun, membuat hidangan ini semakin nikmat.

Salah satu tempat yang legendaris untuk menikmati enthog slenget adalah Kang Tanir, yang terletak di Jl. Pakem-Turi, Pules Lor, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jangan ragu untuk mencobanya dan rasakan sendiri kelezatannya.

Brongkos

Brongkos

Brongkos, makanan khas Yogyakarta, memiliki tampilan yang mirip dengan rawon. Namun, keduanya berbeda dalam komposisi kuahnya. Kuah brongkos disiapkan dengan menggunakan santan dan bumbu yang lebih lengkap, selain itu ditambahkan kacang tolo, kulit biji melinjo, daging sapi, dan telur ayam.

Sebagai makanan kesukaan keluarga Kesultanan Yogyakarta, brongkos telah menjadi makanan yang digemari oleh masyarakat Yogyakarta selama berabad-abad. Serat Centhini yang ditulis pada tahun 1814 hingga 1823 menyebutkan bahwa brongkos adalah hidangan yang populer di kalangan masyarakat Jawa, terutama di Yogyakarta.

Sambel Welut

Sambel Welut

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, makanan tradisional yang paling diminati adalah sambal belut ala pedesaan.

Nasi hangat dengan lauk belut yang digoreng hingga garing, lalu disiram dengan sambal super pedas, dihidangkan bersama lalapan dan teh manis, menciptakan pengalaman kuliner yang menggoda untuk merasakan suasana desa di Yogyakarta.

Warung sambal belut dapat ditemukan di area Sleman maupun Bantul. Selain dijadikan menu utama, makanan khas belut di Jogja juga dimasak menjadi camilan keripik belut atau oseng belut yang juga sangat lezat.

Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum

Dikabarkan bahwa makanan ayam geprek berasal dari pinggir jalan di Sleman, Yogyakarta sebelum menjadi terkenal di seluruh Indonesia. Pada awalnya pada tahun 2003, tenda sederhana warung geprek Bu Rum hanya menjual ayam goreng yang ditumbuk dengan sambal bawang yang diuleg di tempat.

Namun kini, warung Bu Rum telah berkembang menjadi Ayam Geprek Bu Rum 1 hingga Bu Rum 4. Rasa ayam geprek-nya yang lezat dan harganya yang terjangkau menjadikan menu ini sebagai favorit pecinta geprek di area Jogja.

Sup Merah

Sup Merah

Makanan khas Jogja yang satu ini memang istimewa, yaitu Sup Merah. Yang membuatnya berbeda dari sup biasanya adalah kuahnya yang berwarna merah! Tentunya, rahasia dari warna merah ini adalah campuran pasta cabai yang diberikan pada kuah sup ini.

Jangan lewatkan untuk mencoba Sup Merah yang unik ini ya!

Ingkung Ayam

Ingkung Ayam

Di Jogja, ketika ada acara spesial, Ingkung Ayam selalu dihidangkan sebagai makanan istimewa dengan nilai sakral dan filosofis yang tinggi. Makanan khas Jogja dengan rasa yang enak ini berasal dari Pajangan Bantul dan telah menjadi terkenal di seluruh nusantara.

Proses pembuatannya pun unik, sebelum dimasukkan ke dalam penggorengan, satu ekor ayam utuh harus direbus terlebih dahulu dengan santan dan rempah-rempah khusus. Kamu bisa menikmati Ingkung Ayam bersama nasi uduk, lalapan, dan sambal, seperti saat menyantap nasi tumpeng.

Sekarang banyak restoran di Jogja yang menjual hidangan Nasi Ingkung Ayam, terutama di daerah Bantul seperti Ingkung Ayam Mbah Cempluk. Harga satu porsi ayam ingkung utuh berkisar antara Rp45.000,00 hingga Rp100.000,00 tergantung dari hidangan pelengkapnya.

Minuman Khas Jogja

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Saat berkunjung ke Hutan Pinus Bantul, kamu pasti sudah tidak asing dengan minuman yang satu ini. Wedang Uwuh, atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Minuman Sampah, menjadi minuman khas Jogja yang populer karena khasiatnya yang menyehatkan.

Minuman ini mengandung banyak rempah-rempah seperti jahe, secang, cengkeh, dan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hangatnya wedang uwuh dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit seperti stroke, batuk, masuk angin, dan lainnya.

Kamu bisa menemukan wedang uwuh dengan mudah di sekitar kawasan Hutan Pinus Mangunan di Bantul. Harganya juga sangat terjangkau, hanya sekitar Rp5.000,00 per gelas atau Rp2.500,00 per bungkus.

Bagikan:

Open chat
Hello 👋
Ada yang bisa di bantu?