32 Makanan Khas Bali yang Terkenal Paling Enak

admin

Makanan Khas Bali

Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan sambal untuk menambah cita rasa yang lebih nikmat.

Serapah Daging

Soto Sampi Bali

Bali punya olahan daging yang bikin lidah bergoyang-goyang. Olahan daging khas ini direbus dengan santan dan dibumbui dengan rempah Bali yang khas dan kuat. Cocok banget jadi menu spesial saat santap keluarga di rumah.

Nasi Kuning Bali

Nasi Kuning Bali

Nasi kuning Bali, siapa yang tak kenal dengan aroma dan citarasa khasnya? Nasi kuning yang kaya akan rempah ini menjadi hidangan yang populer di Pulau Dewata. Dengan bumbu khas Bali yang kuat, nasi kuning ini dijamin akan membuat lidah kamu bergoyang. Jangan lupa untuk menambahkan krupuk gurih sebagai pelengkap yang sempurna.

Jungkut Urap

Jungkut Urap

Jukut Urap, makanan khas Bali berbahan dasar sayur, mirip dengan urap-urap dari Jawa. Dalam bahasa Bali, Jukut Urap berarti urap sayur karena menggunakan berbagai macam sayuran.

Meski mirip, Jukut Urap sedikit berbeda dengan Urap biasa, terutama dari racikan bumbunya. Jukut Urap menggunakan sedikit santan, kacang goreng, dan perasan jeruk nipis pada sambal urap kelapanya.

Anda dapat menemukan Jukut Urap di sejumlah restoran atau rumah makan tradisional Bali Halal yang tersebar di seluruh daerah. Harganya sangat terjangkau, berkisar antara Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00 per porsinya.

Sate Languan Bali

Sate Languan Bali

Jika Anda ingin mencoba alternatif Sate Lilit yang halal, Sate Languan bisa menjadi pilihan yang menarik. Sate ini dibuat dengan menggunakan daging ikan seperti ikan tenggiri atau ikan tongkol sebagai bahan utama.

Sate Languan terkenal di daerah pesisir, terutama di Kabupaten Klungkung dan dapat dinikmati di Warung Mertha Sari Klungkung. Harga satu porsi Sate Languan biasanya dijual sekitar Rp20.000,00 dan sudah termasuk beberapa tusuk sate beserta saus sambal dan bahan pelengkap lainnya.

Nasi Sela Bali

Nasi Sela Bali

Bali mempunyai kekayaan kuliner yang sangat beragam, salah satunya adalah Nasi Sela yang merupakan hidangan nasi unik yang terbuat dari ubi jalar. Nasi Sela ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba menu berbeda dan menggugah selera.

Proses pembuatan Nasi Sela dimulai dengan merebus ubi jalar bersama dengan bumbu rempah-rempah seperti santan, base gede, dan daging sehingga memberikan rasa manis dan gurih yang khas. Nasi putih juga ditambahkan untuk memberikan tekstur yang pas. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan jukut bejek, kacang tanah, ayam suwir, ebi, dan sambal matah atau sambal bongkot yang menambah cita rasa lezat.

Anda bisa menikmati Nasi Sela di banyak tempat, terutama di Denpasar dan Karangasem. Harga Nasi Sela sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp2.000,00 per porsi, sehingga Anda bisa mencicipi kelezatan kuliner Bali tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Laklak

Laklak

Sudah puas menikmati kuliner Bali yang gurih dan berat, sekarang saatnya mencicipi hidangan manis dan tradisional Bali yaitu Laklak.

Laklak adalah makanan ringan berupa pancake kecil berwarna putih yang terbuat dari campuran tepung ketan, santan, dan gula aren. Laklak biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah yang meleleh di atasnya.

Anda bisa menemukan Laklak dengan mudah di Bali, namun tempat yang terkenal adalah Laklak Ne Men Gabrug. Harga untuk satu buah Laklak berkisar antara Rp1.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung pada isian jajanan tersebut. Nikmati sensasi manis dan lezatnya Laklak saat berlibur di Bali!

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba makanan khas Bali yang terkenal paling enak yang telah disebutkan di atas? Ketika liburan nanti, jangan lupa untuk mencicipi kuliner lokal setelah menikmati keindahan tempat wisata di Bali ya.

Bagikan:

Open chat
Hello 👋
Ada yang bisa di bantu?