32 Makanan Khas Bali yang Terkenal Paling Enak

admin

Makanan Khas Bali

Bumbu Tum Ayam terdiri dari bawang, jahe, kunyit, lengkuas, cabai, kemiri, dan kencur yang dihaluskan, kemudian ditumis sebentar bersama ayam. Ayam yang setengah matang kemudian dibungkus dalam daun pisang, kemudian dikukus sampai matang dan siap disantap bersama nasi hangat.

Anda dapat menemukan Tum Ayam ini di beberapa rumah makan khas Bali yang terdapat di Denpasar, Buleleng, serta daerah lainnya. Satu bungkus Tum Ayam ini dijual dengan harga sekitar Rp5.000,00 hingga Rp8.000,00, tergantung pada ukurannya. Nikmati sensasi lezatnya Tum Ayam khas Bali sekarang juga!

Sate Kakul Bali

Sate Kakul Bali

Makanan khas Bali berikutnya yang patut dicoba adalah sate kakul. Berbeda dengan sate biasa, sate kakul Bali dibuat dengan cara dibakar dan sebelumnya diolesi dengan bumbu plecing yang membuat cita rasanya khas dan sangat lezat.

Sate kakul ini berasal dari kawasan Ubud dan memiliki bahan dasar dari kerang atau siput. Meskipun unik, namun makanan ini sangat layak untuk dicoba oleh para pecinta kuliner yang ingin mencicipi keunikan dari kuliner Bali.

Nasi Jinggo Bali

Nasi Jinggo Bali

Nasi Jinggo, makanan khas Bali yang enak, juga menjadi salah satu hidangan wajib untuk dicoba saat berkunjung ke Bali. Disebut sebagai nasi kucingnya Bali karena porsinya yang kecil, Nasi Jinggo sering dijadikan alternatif hidangan pada upacara keagamaan, rapat, atau kegiatan lainnya.

Biasanya, Nasi Jinggo disajikan dalam daun pisang dan terdiri dari sejumlah lauk seperti tempe kering, mie, dan ayam suwir. Tambahan serundeng dan telur rebus membuat hidangan ini semakin nikmat. Beberapa warung mengganti nasi putih dengan nasi kuning dan menggunakan lauk daging sapi atau babi.

Jika Anda ingin mencoba Nasi Jinggo yang halal dan lezat, Anda dapat mencoba warung Nasi Jinggo di Jalan Thamrin. Di sini, Anda bisa menikmati Nasi Jinggo halal dengan variasi nasi kuning dengan harga yang sangat terjangkau, hanya berkisar antara Rp2.000,00 hingga Rp4.000,00 saja.

Lawar

Lawar

Meskipun memiliki nama lawar, hidangan ini tidak dibuat dari bahan lawar tetapi dari berbagai macam sayuran yang sehat dan kaya gizi.

Beberapa jenis sayuran yang digunakan untuk membuat hidangan lawar antara lain kacang panjang, nangka, dan kelapa parut. Semua sayuran tersebut dicampur dengan bumbu rempah khas Bali. Lebih menarik lagi, hidangan ini memiliki beberapa variasi, seperti lawar kuwir yang menggunakan daging entok, lawar ayam, dan lawar babi.

Selain itu, ada juga lawar merah dan putih, yang masing-masing menawarkan rasa yang lezat dan khas. Anda dapat menemukan hidangan ini di banyak warung makan di Bali dengan harga yang terjangkau dan sangat nikmat.

Bebek Bengil

Bebek Bengil

Bila Anda ingin mencoba Makanan Khas Bali yang halal dan lezat, Bebek Bengil bisa menjadi pilihan yang tepat. Bebek goreng ini berasal dari Ubud dan memakai bumbu khas yang menjadikannya begitu nikmat. Disebut juga sebagai dirty duck atau bebek kotor, Bebek Bengil memiliki warna kecoklatan dan banyak bumbu yang terdapat pada dagingnya.

Tekstur bebeknya yang renyah sampai ke tulang merupakan ciri khas dari Bebek Bengil sehingga semua bagian bisa dinikmati. Cara membuatnya yang renyah adalah dengan merebus bebek selama 3-4 jam, merendam dalam bumbu selama 12 jam, lalu menggoreng dengan bumbu yang meresap. Wisatawan domestik maupun mancanegara mengakui kelezatan Bebek Bengil sebagai salah satu wisata kuliner Bali.

Restoran Bebek Bengil Ubud terkenal sebagai tempat yang menyediakan hidangan ini dengan baik. Namun, Anda juga bisa mengunjungi Resto Bebek Tepi Sawah yang sama-sama mempersembahkan hidangan bebek goreng khas Ubud. Harga satu porsi Bebek Bengil berkisar antara Rp75.000,00 hingga Rp135.000,00 dengan porsi yang cukup besar.

Bebek Timbungan

Bebek Timbungan

Bebek Timbungan adalah salah satu makanan khas Bali yang sudah ada sejak zaman dahulu. Awalnya, makanan ini hanya disajikan pada upacara adat Bali saja.

Proses pembuatan Timbungan melibatkan penggunaan bambu sebagai wadah untuk memasak bahan-bahan dasar seperti unggas, daging, dan ikan. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan berbagai rempah pilihan sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan lezat.

Bebek Betutu

Bebek Betutu

Tak hanya ayam, bebek juga dapat diolah dengan bumbu betutu yang tak kalah lezat dengan Ayam Betutu. Daging bebek yang mempunyai cita rasa khas dapat dipadukan dengan bumbu betutu yang khas pula. Proses pembuatannya hampir sama dengan Ayam Betutu, hanya saja bahan utamanya adalah bebek.

Pertama, semua bagian bebek yang sudah direbus akan dibaluri bumbu base genep dan wewangenan yang telah dihaluskan dan ditumis. Kemudian, bebek akan dibungkus dengan daun pisang dan dikubur dalam bara api hingga matang. Setelah matang, bebek siap disajikan selagi hangat bersama nasi dan beragam jenis sayuran pendamping.

Anda dapat mencicipi Bebek Betutu di Warung Ayam Betutu Bu Nia yang terletak di Jalan Merdeka, Denpasar. Warung ini merupakan satu-satunya tempat makan Ayam dan Bebek Betutu yang memiliki sertifikat halal di Denpasar. Harganya pun tak jauh berbeda dengan Ayam Betutu, yakni sekitar Rp70.000,00 hingga Rp140.000,00 per porsi.

Bubur Mengguh

Bubur Mengguh

Bubur Mengguh adalah varian bubur ayam yang unik dan hanya dapat ditemukan di Bali. Saat berkunjung ke Bali, pastikan untuk mencoba hidangan yang satu ini. Meskipun terlihat seperti bubur ayam pada umumnya, namun Bubur Mengguh memiliki isian dan cara memasak yang berbeda.

Bubur Mengguh berasal dari daerah Buleleng dan biasanya tersedia di rumah makan khas Bali atau Desa Tedjakula. Hidangan ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 per porsinya tergantung dari tempatnya.

Bagikan: